Santai

Terima Rasa Sedih yang Dirasakan, Ini Tips Move On Paling Ampuh

Terima Rasa Sedih yang Dirasakan, Ini Tips Move On Paling Ampuh

MOMSMONEY.ID - Move on memang tak semudah membalikan telapak tangan, namun Anda tetap harus merelakannya dan menghadapi perubahan. Berikut ini tips move on paling ampuh yang bisa Anda tiru.

Menjalin hubungan yang intim dengan seseorang, baik itu pacar, sahabat, atau parter kerja, adalah bagian dari identitas Anda. Sehingga, cukup sulit untuk mengucapkan selamat tinggal kepada orang yang sangat penting dalam hidup Anda. 

Lalu, bagaimana cara atau tips move on paling ampuh? Ketahuilah bahwa terkadang perpisahan itu perlu. Pahami juga bahwa setiap perpisahan memiliki beban yang berbeda dan memiliki upaya emosional yang berbeda.

Maka dari itu, yuk, simak tips move on yang ampuh ini:

Baca Juga: Serial Fiksi Ilmiah Terbaru 3 Body Problem bakal Tayang, Penasaran?

Utamakan diri Anda

Meninggalkan atau berusahan melupakan seseorang yang sangat Anda sayangi adalah sebuah tantangan.

Maka tips move on paling ampuh adalah utamakan diri Anda sendiri sebagai langkah pertama dalam mengambil kendali atas hidup Anda dan menemukan kembali diri Anda setelah sekian lama bergantung dengan pasangan lama. 

Ini berarti, Anda perlu mendengarkan kebutuhan fisik dan emosional Anda serta menyisihkan waktu dan ruang untuk pemulihan. Jangan berkompromi pada apa yang Anda perlukan, meski sulit di awal tetapi Anda akan menjadi lebih kuat lainnya. 

Biarkan Anda merasakan perasaan sedih

Hubungan Anda tentu telah menjadi bagian dari identitas Anda, dan kehilangannya bisa membuat Anda sangat sedih. Tips move on selanjutnya coba terima bahwa hidup Anda akan terasa seperti roller coaster saat putus dari pasangan.

Jangan menolak dan menekan perasaan sedih itu. Justru terimalah dan belajar olah perasaan itu sehingga pada akhirnya bisa Anda lepaskan perasaan sedih tersebut. 

Cari orang atau keluarga yang bisa mendukung Anda

Ketahuilah bahwa Anda tidak sendirian. Selama menghadapi patah hati, cobalah lakukan pendekatan dengan sahabat atau keluarga Anda. Namun jika dibutuhkan Anda juga bisa datang ke tenaga profesional seperti psikolog atau psikiater. 

Bicarakan apa yang Anda rasakan adalah salah satu cara mengikhlaskan hubungan lama Anda. Bisa juga dengan menulis apa yang Anda rasakan. 

Baca Juga: Mengiris Keju yang Tepat Bisa Menghasilkan Rasa Maksimal, Ini Cara Memotongnya

Sibukkan diri Anda

Meski Anda tak seharusnya menghindari perasaan yang sedang dialami saat ini, tetp aktif dan sibuk adalah cara tepat untuk terus maju dan merasa positif. Anda bisa melakukan hobi yang sudah lama tidak Anda lakukan. 

Memaafkan

Memendam semua amarah bisa menyebabkan stres dan cemas. Sehingga tips move on selanjutnya adalah coba untuk memaafkan demi kesehatan mental Anda sendiri. 

Belajar dari kesalahan

Tidak ada orang yang sempurna, termasuk Anda. Jujur dan evaluasi bagaimana hubungan Anda yang kandas ini.

Seperti kapan saya tidak mengutamakan diri saya dalam sebuah hubungan, bagaimana saya memperlakukan pasangan dengan tidak adil, bagaimana saya merespon situasi tertentu dan bagaimana komunikasi yang terjadi saat ada konflik. 

Pertimbangan untuk memutus kontak

Tergantung dengan situasi saat ini, tidak melakukan kontak atau komunikasi dengan mantan bisa membuat Anda lebih fokus dalam proses penyembuhan. Memberikan jarak bisa membuat Anda tidak ingat peristiwa sedih yang menyakitkan atau tergoda untuk kembali menjalin hubungan. 

Jangan berharap pada mantan Anda

Terimalah bahwa mantan Anda mungkin tidak akan bertanggungjawab atas perbuatan mereka. Sehingga, jangan berharap mereka datang dan meminta maaf (jika dia yang salah) untuk mendapatkan kesembuhan pada diri Anda.

Tips move on terakhir adalah tidak mengharapkan kata maaf dan penyesalan dari mantan. 

Demikian tips move on dijamin ampuh. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News