Keluarga

Apa yang Terjadi Pada Tubuh Jika Hanya Makan Buah Selama 72 Jam?

Apa yang Terjadi Pada Tubuh Jika Hanya Makan Buah Selama 72 Jam?

MOMSMONEY.ID - Apa jadinya jika Anda hanya makan buah saja selama 72 jam? Apakah cara ini efektif untuk menurunkan berat badan? Ataukah justru menimbulkan efek buruk bagi tubuh? Simak pro & kontranya berikut ini.

Diet Buah 72 Jam adalah sebuah pola makan di mana Anda hanya menyantap buah-buahan saja selama 72 jam penuh (3 hari). Tujuan dari diet ini adalah membuat perubahan dari yang awalnya tak bisa berhenti menyantap makanan manis menjadi hanya mengonsumsi buah yang bernutrisi tinggi.

Dipilih buah sebagai satu-satunya makanan yang dikonsumsi adalah karena buah mengandung air dalam jumlah tinggi, sehingga dapat tetap membuat kenyang perut sekaligus tak membuat tubuh jadi dehidrasi.

Beberapa aturan dari Diet Buah 72 Jam, dikutip dari Better Me:

  1. Selama 72 jam harus minum minimal 12 gelas air putih
  2. Hindari minuman non-air seperti teh, kopi, soda, dll. Hanya harus air putih saja
  3. Makan buah-buahan segar. Tidak dianjurkan menyantap buah beku, buah kalengan, ataupun buah kering.
  4. Makan salad sayuran hanya untuk makan malam
  5. Hindari berolahraga
  6. Minuman berprotein sebaiknya dikonsumsi selain buah-buahan

Baca Juga: Ini yang Terjadi Pada Tubuhmu Ketika Makan Pisang Setiap Hari, Bolehkah?

Apakah benar berat badan turun selama lakukan Diet Buah 72 Jam?

Betul berat badan akan menurun setelah melakukan Diet Buah 72 Jam. Namun, mengutip OSF Healthcare, berat yang turun bukanlah berasal dari lemak, melainkan cairan tubuh.

“Jika Anda menurunkan berat badan dalam waktu 3 hari dengan diet buah-buahan, kemungkinan besar itu adalah berat air. Terkadang Anda bisa kehilangan massa otot pada saat yang sama,” ujar Ashley Simper, manajer Layanan Diet dengan OSF HealthCare.

diet buah 72 jam

Baca Juga: 7 Mitos Makanan yang Dibantah Ahli Diet, Banyak Dipercayai Orang Awam

Manfaat lakukan Diet Buah 24 Jam

Ada beberapa manfaat yang tubuh Anda akan rasakan selama melakukan Diet Buah 72 Jam, yakni proses penurunan berat badan yang terbilang instan.

Anda diperkirakan bisa turun sebanyak 0,5 – 1,8 kg dalam waktu 3 hari saja, meski yang turun bukanlah lemak melainkan air.

Banyak orang juga yang melaporkan kondisi tubuh mereka terasa lebih segar & energik.

Selama 72 jam penuh atau sekitar 3 hari mengonsumsi buah juga diklaim membuat tubuh jadi sehat, meningkatkan kadar serat & antioksidan yang memang dibutuhkan oleh tubuh, mengontrol gula darah, dan menjaga kesehatan pencernaan.

Baca Juga: 6 Jenis Makanan yang Lebih Bernutrisi Ketika Direbus

Efek negatif lakukan Diet Buah 24 Jam

Meski Diet Buah 24 Jam diklaim memiliki efek positif, namun para ahli mengklaim ada lebih banyak efek negatif yang akan dirasakan tubuh.

1. Pola makan tidak seimbang

Menurut penelitian dalam Journal of Nutrition yang dikutip dari Fakaza News, Diet Buah 72 Jam membuat Anda kekurangan nutrisi penting seperti protein, lemak baik, vitamin hingga mineral tertentu. Ini akan sebabkan efek negatif pada proses metabolisme tubuh.

Baca Juga: 7 Minuman Pembakar Lemak yang Bisa Diminum Setiap Pagi, Bikin Metabolisme Meningkat

2. Masalah Pencernaan

Klaim pencernaan akan membaik setelah melakukan 12 jam memanglah benar. Sebab selama 12 jam, tubuh akan mulai menyerap nutrisi dari buahbuahan sehingga meredakan buncit, sakit perut, hingga kembung.

Namun jika diet buah dilakukan selama 72 jam atau 3 hari, maka efek yang dirasakan justru sebaliknya. Anda malah akan merasakan kembung, sakit perut, hingga kram perut.

diet buah 72 jam

Baca Juga: 5 Vitamin yang Harus Dikonsumsi Pria setelah Memasuki Usia 40 Tahun

3. Fluktuasi Gula Darah

Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Diabetes Association, meskipun buah-buahan mengandung gula alami, namun jika manusia mengandalkan buah-buahan sebagai satu-satunya makanan dalam jangka waktu lama, maka dapat menyebabkan fluktuasi kadar gula darah yang cepat.

Fluktuasi gula darah ini berpotensi menyebabkan kelelahan, mudah tersinggung, dan mengidam, dikutip dari Only My Health.

4. Kekurangan Protein

Protein adalah nutrisi penting yang membantu tubuh merasa kenyang lebih lama. Jika melakukan Diet Buah 72 Jam, maka jumlah protein dalam tubuh akan berkurang drastis.

Akibat dari kekurangan protein, dikutip dari Better Me, tubuh akan merasa lebih lelah dari biasanya, hingga kehilangan massa otot.

Baca Juga: Dianjurkan Para Ahli, Ternyata Ini 6 Manfaat Melamun Selama 10 Menit Setiap Hari

5. Bukan jenis diet untuk jangka panjang

Kelemahan terbesar dari diet ini adalah bahwa Diet Buah 72 Jam hanya diperuntukan bagi yang menginginkan hasil instan, bukan untuk jangka panjang. Jadi besar kemungkinan akan adanya efek Yo-Yo atau berat badan badan naik kembali.

Jika memaksakan diri melakukan Diet Buah 72 Jam untuk jangka panjang, maka akibatnya tubuh akan kekurangan nutrisi.

Itu dia efek yang akan akan terjadi pada tubuh jika hanya makan buah selama 72 jam penuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News