Bugar

Stres Menyebabkan Kolesterol Tinggi, Benarkah? Ini Penjelasannya!

Stres Menyebabkan Kolesterol Tinggi, Benarkah? Ini Penjelasannya!

MOMSMONEY.ID - Disebut-sebut, stres menyebabkan kolesterol tinggi. Tentu ini jadi pertanyaan bagi masyarakat awam tentang kebenarannya. Yuk, cari tahu jawabannya di sini.

Di tengah kesibukan dan tantangan hidup sehari-hari, stres menjadi pengalaman yang umum dialami banyak orang. Seringkali, stres dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk kolesterol tinggi.

Mungkin Anda bertanya-tanya, apakah hal itu benar atau tidak adanya? Oleh karena itu, berikut ini akan dibahas kaitan stres dan kolesterol tinggi serta tips untuk mencegahnya yang dilansir dari Healthline.

Baca Juga: 5 Obat Herbal untuk Menurunkan Kolesterol, Bawang Putih Salah Satunya

Kaitan stres menyebabkan kolesterol tinggi

Terdapat bukti yang meyakinkan menunjukkan bahwa stres dapat berdampak secara tidak langsung terhadap peningkatan kadar LDL atau kolesterol jahat.

Suatu studi yang melibatkan lebih dari 90.000 subjek, menemukan bahwa individu yang merasa lebih stres di lingkungan kerja cenderung memiliki risiko lebih tinggi terdiagnosis dengan kolesterol tinggi.

Hal ini mungkin terjadi karena adanya reaksi tubuh yang melepaskan hormon kortisol saat mengalami stres. Tingginya kadar kortisol akibat stres berkepanjangan bisa menjadi salah satu cara stres meningkatkan kadar kolesterol.

Selain itu, adrenalin juga bisa dilepaskan sebagai respons terhadap stres. Hal ini dapat meningkatkan trigliserida dan berpotensi meningkatkan LDL.

Di samping alasan biologis yang menjelaskan pengaruh stres terhadap kolesterol, terdapat juga studi yang menunjukkan adanya hubungan antara tingkat stres yang tinggi dengan kolesterol tinggi.

Meskipun berbagai faktor lain bisa meningkatkan kolesterol, stres juga dianggap sebagai faktor penting yang berkontribusi.

Baca Juga: Hati-Hati! Kebiasaan Ini Bisa Picu Kolesterol Tinggi lo

Tips mengatasi stres untuk mencegah kolesterol

Dari penjelasan di atas, stres rupanya memang dapat menjadi penyebab kolesterol tinggi. Meskipun stres bukan penyebab utama dan satu-satunya.

Mengikuti tips mengatasi stress dapat membantu Anda dalam upaya mencegah kolesterol tinggi. Di bawah ini adalah tips yang bisa Anda lakukan.

1. Mengelola stres dengan baik

Stres yang terus-menerus dan berkepanjangan ternyata lebih berbahaya bagi kesehatan dan tingkat kolesterol Anda. Dengan demikian, mengurangi stres secara perlahan menjadi langkah penting dalam menjauhkan diri dari masalah kolesterol.

Berbagai metode bisa diterapkan untuk mengendalikannya, mulai dari mengurangi beban kerja hingga menjadwalkan liburan dengan orang tercinta. Berkonsultasi dengan seorang psikolog juga bisa memberikan cara-cara inovatif dalam mengelola stres.

2. Rutin berolahraga

Berolahraga secara rutin merupakan salah satu cara terbaik untuk mengatasi stres dan menjaga kadar kolesterol tetap sehat. Menurut American Heart Association, berjalan kaki sekitar 30 menit setiap hari sangat disarankan. Namun, aktivitas sehari-hari seperti membersihkan rumah juga bisa memberikan manfaat olahraga yang serupa.

Mulailah dengan langkah-langkah kecil, mungkin dengan sesi latihan pendek, dan secara bertahap tingkatkan intensitas olahraga Anda. Penting juga untuk menyesuaikan jenis olahraga dengan apa yang Anda sukai.

Jika Anda lebih suka rutinitas yang konsisten, buatlah jadwal tetap. Tetapi jika Anda cenderung cepat bosan, cobalah untuk memvariasikan aktivitas dengan mencoba hal-hal baru.

Baca Juga: 5 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami dan Sederhana

3. Mengonsumsi makanan sehat

Anda bisa menurunkan kadar kolesterol Anda dengan mengadopsi kebiasaan makan yang lebih sehat. Awali dengan mengeliminasi lemak jenuh dan trans dari daftar belanja Anda.

Beralihlah dari konsumsi daging merah dan olahan ke sumber protein lebih rendah lemak seperti unggas tanpa kulit dan ikan. Pilihlah produk susu dengan kandungan lemak yang lebih rendah atau tidak mengandung lemak sama sekali.

Perbanyak konsumsi biji-bijian serta buah dan sayuran segar, sambil mengurangi asupan karbohidrat sederhana seperti gula dan produk dari tepung putih.

Hindari pendekatan diet yang ekstrem. Buatlah perubahan kecil dan bertahap dalam pola makan. Penelitian telah menemukan bahwa pembatasan diet dan kalori yang ketat dapat menyebabkan peningkatan produksi kortisol, hormon yang dapat meningkatkan kadar kolesterol.

Nah, itulah penjelasan terkait stres yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Tips di atas bisa Anda terapkan sebagai langkah untuk mencegahnya.

Selanjutnya: Rupiah Menghijau dalam Sepekan, Bagaimana Proyeksinya untuk Minggu Depan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News