Bugar

5 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami dan Sederhana

5 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami dan Sederhana

MOMSMONEY.ID - Sebenarnya, ada sejumlah cara alami untuk urunkan kolesterol tinggi. Apa sajakah itu? Yuk, simak selengkapnya di sini.

Seperti yang diketahui, kolesterol tinggi berpotensi meningkatkan penyakit jantung. Konsumsi obat-obatan memanglah membantu menurunkan kolesterol.

Namun, ada cara lain untuk turunkan kolesterol tinggi yang alami dan sederhana. Kira-kira seperti apa caranya?

Nah, di bawah ini adalah uraian dari beberapa cara turunkan kolesterol yang bisa Anda coba, mengutip dari Mayo Clinic:

Baca Juga: Hati-Hati! Kebiasaan Ini Bisa Picu Kolesterol Tinggi lo

1. Menerapkan pola makan yang sehat

Kurangi asupan lemak jenuh yang banyak ditemukan dalam daging merah dan produk susu berlemak. Lemak jenuh dapat meningkatkan kolesterol total dan kolesterol LDL (jahat).

Hindari makanan yang mengandung lemak trans, seperti margarin dan makanan olahan yang mengandung minyak sayur terhidrogenasi parsial.

Pilih makanan yang kaya akan asam lemak omega-3, seperti salmon, trout, dan kacang kenari. Meskipun tidak memengaruhi kolesterol LDL, asam lemak omega-3 memiliki manfaat lain untuk kesehatan jantung.

Tingkatkan konsumsi serat seperti oatmeal, kacang merah, kubis Brussels, dan buah-buahan. Serat bermanfaat untuk mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah.

Sertakan protein whey yang dapat Anda temukan dalam produk susu. Penelitian menunjukkan bahwa protein whey dapat membantu menurunkan kolesterol LDL, kolesterol total, dan tekanan darah.

2. Olahraga teratur

Olahraga teratur dapat meningkatkan kolesterol HDL (baik). Jalan kaki, berlari, bersepeda, atau berenang, selama minimal 30 menit setiap hari dapat membantu meningkatkan kolesterol baik.

Anda dapat mencoba untuk menambahkan aktivitas fisik ke rutinitas harian, seperti berjalan kaki saat istirahat di tempat kerja, mengendarai sepeda ke tempat kerja, atau berolahraga.

Baca Juga: Benarkah Yogurt Bisa Menurunkan Gula Darah? Ini Faktanya

3. Berhenti merokok

Berhenti merokok dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL. Manfaatnya dapat dirasakan dalam waktu singkat, termasuk penurunan tekanan darah dan detak jantung yang lebih baik.

4. Menurunkan berat badan

Kelebihan berat badan berkontribusi pada kolesterol tinggi. Menurunkan berat badan sebesar beberapa kilogram dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi, lho.

Dalam upaya ini, Anda dapat mengganti minuman manis dengan air mineral dan memilih camilan yang lebih sehat.

Tingkatkan aktivitas fisik sehari-hari, seperti menggunakan tangga daripada lift, berjalan saat istirahat di tempat kerja, atau melakukan pekerjaan berdiri.

Baca Juga: 4 Manfaat Mengonsumsi Alpukat Setiap Hari, Bisa Kurangi Risiko Penyakit Jantung

5. Konsumsi alkohol dengan bijak

Jika Anda minum alkohol, lakukan dengan frekuensi yang sedang. Meskipun alkohol dalam jumlah tertentu dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL, tidak disarankan untuk memulai minum alkohol jika Anda belum melakukannya.

Batasan konsumsi alkohol adalah satu gelas sehari untuk wanita dari segala usia dan pria yang lebih tua dari usia 65. Sementara itu, dua gelas sehari untuk pria di bawah usia 65.

Mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan serius seperti tekanan darah tinggi, gagal jantung, dan stroke.

Tidak lupa, penting untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan secara teratur dan berkonsultasi dengan dokter Anda tentang cara terbaik untuk mengelola kadar kolesterol.

Terkadang, diet dan gaya hidup sehat mungkin tidak cukup. Di situasi ini, dokter dapat merekomendasikan pengobatan atau obat-obatan untuk membantu menurunkan kolesterol.

Selanjutnya: Resmi Huni LQ45, Begini Nasib Saham MBMA, MTEL, PGEO & PTMP di Sesi I (1/2)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News