Keluarga

Cuaca Ekstrim Datang, Konsumsi 6 Makanan Pereda Nyeri Tenggorokan Ini

Cuaca Ekstrim Datang, Konsumsi 6 Makanan Pereda Nyeri Tenggorokan Ini

MOMSMONEY.ID - Cuaca ekstrim membuat tubuh jadi rawan terkena flu dan nyeri tenggorokan. Untuk meredakannya, Anda perlu mengonsumsi beberapa makanan berikut ini.

Terdapat beberapa jenis makanan pereda nyeri tenggorokan yang wajib Anda konsumsi. Pasalnya, makanan-makanan berikut ini punya sifat antibakteri yang dapat membuat tenggorokan tak lagi gatal ataupun nyeri.

Mari intip deretan makanan pereda nyeri tenggorokan yang dilansir dari Theraflu, PDX Ent, dan Healthcare Associates.

Baca Juga: 5 Bahan Pengganti Minyak yang Bisa Digunakan untuk Baking, Hasilnya Super Mirip

Sup ayam

Samgyetang

Sup ayam & sayuran sarat akan nutrisi dan bahan anti-inflamasi yang dapat menenangkan dan meredakan nyeri tenggorokan.

Kaldu dan sup meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang sedang menurun ketika tenggorokan terasa gatal.

Buat sup ayam sendiri atau beli merek sup ayam yang kandungan natrium dan zat aditifnya sedikit sehingga tak makin membuat kekebalan tubuh melemah.

Baca Juga: 5 Jenis Jamur Termahal di Dunia, Mencapai Puluhan Ribu Dollar

Yogurt

Yogurt adalah salah satu jenis makanan yang dapat meredakan nyeri tenggorokan. Yogurt mengandung prebiotik alami yang dapat membantu sistem kekebalan tubuh menguat.

Selain itu, tekstur yogurt yang lembut dan menyejukkan juga menjadikannya sumber nutrisi yang ideal saat Anda tengah sakit. Pilihlah jenis yogurt plain yang tak mengandung gula sama sekali, karena gula membuat tenggorokan semakin iritasi.

Madu

Kunyit madu

Madu adalah salah satu makanan yang dapat meredakan nyeri tenggorokan. Ini karena madu memiliki sifat antibakteri yang dapat meredakan rasa sakit dan gejala inflamasi pada tenggorokan.

Madu juga dapat membantu proses penyembuhan lebih cepat pada tenggorokan yang sakit akibat makan makanan yang keras.

Baca Juga: 5 Minuman Pereda Gejala Flu, Cocok Dikonsumsi saat Cuaca Ekstrem Begini

Oatmeal

Oatmeal

Semangkuk oatmeal juga merupakan makanan terbaik untuk memberi tubuh Anda dosis serat harian sekaligus meredakan nyeri tenggorokan.

Oatmeal mengandung magnesium, zat besi, dan antioksidan yang tinggi dan membuat tubuh dapat membersihkan racun dari dalam tubuh sendiri. Teksturnya yang lembut juga membuatnya mudah ditelan dan tak semakin membuat tenggorokan nyeri.

Mashed potato

Makanan klasik seperti mashed potato juga baik untuk Anda yang sedang nyeri tenggorokan. Makanan ini sangat lembut serta dapat mengenyangkan. Anda bisa mencampurnya dengan sedikit bumbu dan sayuran yang dicincang halus agar rasanya tak terlalu tawar.

Baca Juga: 6 Minuman Paling Menjijikkan di Dunia, Ada yang Terbuat dari Urin Sapi

Pisang

Makan pisang

Kalium, vitamin C dan vitamin B6 adalah beberapa jenis nutrisi dalam pisang yang dapat membantu meredakan nyeri tenggorokan.

Selain itu, pisang yang lembut dan mudah dihaluskan juga dapat dengan mudah meluncur ke dalam tenggorokan Anda. Anda bisa menambahkan pisang dengan oatmeal dan yogurt plain agar rasa makanannya semakin nikmat.

Konsumsilah beberapa makanan yang dapat meredakan nyeri tenggorokan seperti yang telah disebutkan di atas untuk redakan gejala sulit menelan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News