Keluarga

5 Jenis Jamur Termahal di Dunia, Mencapai Puluhan Ribu Dollar

5 Jenis Jamur Termahal di Dunia, Mencapai Puluhan Ribu Dollar

MOMSMONEY.ID - Bukan hanya daging sapi, jamur pun bisa jadi makanan yang mahal dan langka. Inilah jenis jamur termahal di dunia yang bisa Anda simak berikut ini.

Di dunia ini, ada banyak jenis jamur yang tumbuh di alam liar maupun dibudidayakan. Di antara banyaknya jamur yang tumbuh, terdapat beberapa jenis jamur termahal di dunia.

Dikategorikan sebagai jamur termahal di dunia, karena jamur-jamur berikut ini terkenal akan stoknya yang langka. Selain itu, jamur tersebut sangat susah dibudidayakan.

Apa sajakah jamur tersebut? Simak artikel selengkapnya.

Baca Juga: Daftar 7 Makanan Berwarna Hitam yang Ada di Dunia, Semua Punya Kesan Mewah

Yartsa Gunbu

Yartsa Gunbu atau jamur ulat adalah jenis jamur termahal di dunia yang harganya mencapai US$ 39.900 per pound.

Jamur ini sering dijadikan obat  tradisional Tiongkok dan bernilai tinggi. Ini karena jamur ulat dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, energi, dan vitalitas secara keseluruhan, hingga dapat memperpanjang umur.

Terkadang, jamur Yartsa Gunbu dianggap sama berharganya dengan emas, platinum, atau berlian. Jamur ini bahkan pernah mencapai harga US$ 50.000 per pound.

Baca Juga: Bikin Pusing hingga Mual, Ternyata Ini 6 Makanan Paling Bau di Dunia Selain Durian

European White Truffles

Jamur termahal di dunia selanjutnya jatuh kepada jenis European White Truffles. Jamur ini sangat lezat dan biasa ditemukan di semak-semak pepohonan ek di wilayah Eropa.

Melansir Luxury Columnist, jamur ini bisa sangat mahal karena keberadaannya yang sulit dikenali dan sulit untuk dibudidayakan.

Harga jamur European White Truffles mencapai US$ 10.000 per pound dan merupakan jenis ekspor yang paling populer di pasar gelap akibat kelangkaannya.

Baca Juga: Bercitarasa Asin dan Gurih, Ini 6 Bahan Alternatif Pengganti Garam

Jamur Matsutake

Jenis Jamur Asal Jepang Matsutake

Jamur matsutake atau dokenal sebagai jamur pinus merupakan salah satu makanan lezat yang super mahal. Nilainya mencapai US$ 4.672 per pound.

Jamur ini tumbuh subur di wilayah Jepang, Cina, Korea, Amerika, dan sebagian Eropa. Namun jamur matsutake yang paling mahal adalah jamur yang dipanen di Jepang.

Di Jepang, jamur matsutake hampir punah & produksi lokalnya 95% menurun selama 70 tahun terakhir, menurut laporan Insider.

Baca Juga: Mengenal 6 Jenis Maki Sushi Ala Jepang yang Biasa Disajikan di Restoran

Black truffles

Black truffle juga merupakan jenis jamur termahal yang mencapai harga US$ 2.950 per pound. Black truffle sebenarnya mengacu pada bermacam-macam spesies yang memiliki karakteristik warna gelap dan profil rasa yang kaya.

Jamur termahal di dunia: Black Périgord

Melansir Chef Pencils, salah satu jenis black truffle terbaik bernama “Black Périgord” yang berasal dari Perancis dan sering digadang-gadang sebagai jamur terbaik di dunia.

Masing-masing jenis truffle hitam ini menghadirkan kualitas uniknya sendiri ke dunia kuliner, memuaskan selera dengan esensinya yang bersahaja dan mewah.

Baca Juga: 5 Hidangan Klasik ala Italia yang Cerminkan Sejarah dan Budaya Negaranya

Jamur Morel

Jamur morel sangat disukai oleh para koki karena termasuk makanan lezat yang memiliki rasa & penampilan sangat khas. Tampilannya sangat unik seperti sarang lebah. Sementara batangnya memiliki rongga.

Jamur morel termasuk ke dalam salah satu dari jenis jamur termahal di dunia yang nilainya mencapai US$ 1.640 per pound. Stoknya yang cukup langka membuat nilai harganya jadi semakin mahal.

Jamur morel biasa ditemukan di alam liar selama musim semi. Jamur ini diolah menjadi aneka masakan seperti risotto, sup, hingga pasta.

Itulah daftar 5 besar jenis jamur termahal di dunia. Apakah Anda tertarik membeli & mencicipi salah satu jenis jamur di atas?

Selanjutnya: 15 Tahun Investasi di Morgan Stanley, MUFG Sudah Dapat Cuan 2 Kali Lipat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News