Keluarga

5 Minuman Pereda Gejala Flu, Cocok Dikonsumsi saat Cuaca Ekstrem Begini

5 Minuman Pereda Gejala Flu, Cocok Dikonsumsi saat Cuaca Ekstrem Begini

MOMSMONEY.ID - Minuman pereda gejala flu berikut ini bisa legakan hidung dan tenggorokanmu di tengah cuaca ekstrem seperti saat ini.

Gejala flu bisa muncul tak hanya saat musim hujan datang, tapi juga saat musim kemarau ekstrem yang membuat penggunaan AC jadi berlebihan.

Apa saja minuman tersebut? Intip artikel berikut ini yang dilansir dari Thera Flu dan Insider!

Teh jahe

Teh jahe mint

Baca Juga: Daftar 7 Makanan Berwarna Hitam yang Ada di Dunia, Semua Punya Kesan Mewah

Minuman alami seperti teh jahe secara efektif dapat legakan tenggorokan dan hidung mampet jika dikonsumsi secara rutin.

Data pada sebuah studi tahun 2013 yang dilansir dari Insider menunjukkan bahwa ekstrak teh jahe panas dapat membantu Anda mengurangi gejala flu seperti hidung mampet dan nyeri tenggorokan.

“Minum teh jahe dapat bermanfaat jika Anda sedang tidak enak badan,” ucap Amy Gorin, seorang praktisi diet bersertifikasi di New York.

Air garam

Air garam

Baca Juga: Resep Salad Buah ala Ny Liem dengan Cita Rasa Buah Leci, Cocok Jadi Ide Jualan

Air garam adalah salah satu minuman pereda gejala flu seperti nyeri tenggorokan & hidung mampet. Ini bukanlah sekadar mitos, loh.

Faktanya, berkumur air garam sangat bisa mengurangi rasa sakit di tenggorokan sekaligus membunuh bakteri dan melonggarkan saluran hidung dari lendir yang menutupi pernapasan.

Cobalah untuk mencampurkan ½ sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan mulai berkumur secara rutin di pagi dan sore hari.

Madu dan lemon

Air lemon madu

Campuran air lemon hangat dengan madu bisa dijadikan sebagai minuman pereda gejala flu seperti nyeri tenggorokan & hidung mampet.

Minuman klasik ini memiliki efek antibakteri dan dapat mengurangi peradangan serta mengandung vitamin C yang berguna untuk kekebalan tubuh.

Baca Juga: 6 Tips Pernikahan Langgeng yang Wajib Pasutri Tahu biar Terhindar dari Perceraian

Jika Anda secara rutin minum madu dan lemon setiap hari, maka hidung mampetmu akan dipecah sehingga hidung dan tenggorokan akan terasa lega.

Namun jangan pernah memberikan air lemon dan madu kepada anak yang berusia kurang dari 12 bulan, karena dikhawatirkan pencernaannya masih belum kuat.

Teh peppermint

Teh peppermint

Teh peppermint juga adalah salah satu minuman yang dapat legakan tenggorokan dan hidung mampet akibat gejala flu.

Ini karena teh peppermint mengandung spearmint yang memiliki efek sebagai anti-inflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan dan menenangkan sakit tenggorokan.

Nyeri tenggorokan dan hidung mampetmu akan lega seketika hanya dengan rutin minum teh peppermint.

Baca Juga: Ketahui Kepribadian Diri Melalui 6 Website Tes Psikologi Gratis Ini!

Smoothie

Siapa bilang sakit tenggorokan dan flu hanya bisa diredakan oleh minuman hangat saja? Tenyata mengonsumsi smoothie pun bisa, loh!

Smoothie mengandung aneka nutrisi penting saat tubuh tengah sakit. Itulah mengapa smoothie memiliki antioksidan tinggi sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Beberapa buah dan sayur tinggi antioksidan yang cocok dijadikan smoothie di antaranya ada kubis, kale, blueberry, stroberi, mangga, hingga bayam.

Itulah beberapa minuman pereda gejala flu seperti hidung mampet dan nyeri tenggorokan. Setelah mengonsumi minuman tersebut, dijamin tenggorokan akan lega seketika!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News