Bugar

Cocok untuk Penderita Hipertensi, Ini 16 Makanan Penurun Darah Tinggi dengan Cepat

Cocok untuk Penderita Hipertensi, Ini 16 Makanan Penurun Darah Tinggi dengan Cepat

MOMSMONEY.ID - Diet adalah salah satu cara paling efektif untuk mengendalikan tekanan darah tinggi. Makanan tertentu dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan cepat. Apa saja makanan penurun darah tinggi dengan cepat sebenarnya?

Merangkum dari laman Healthline dan Hello Sehat, di bawah ini adalah beberapa makanan penurun darah tinggi dengan cepat yang dapat Anda coba:

1. Sayuran hijau

Sayuran seperti bayam, kale, lobak hijau, sawi, dan selada kaya akan kalium, magnesium, dan serat. Konsumsi setengah cangkir sayuran hijau yang dimasak setiap hari dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

Namun, penting untuk memilih sayuran segar, karena sayuran kalengan mungkin mengandung sodium yang tinggi yang dapat meningkatkan tekanan darah.

Baca Juga: Cegah Penyakit Berbahaya, Ini Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan!

2. Ikan berlemak

Ikan berlemak mengandung lemak omega-3 yang tinggi, yang dapat mengurangi peradangan dalam tubuh dan secara efektif menurunkan tekanan darah.

Penelitian pada tahun 2022 menunjukkan bahwa konsumsi lemak omega-3 sebanyak 2 hingga 3 gram setiap hari, setara dengan sekitar 3,5 ons salmon, dapat memberikan efek yang signifikan dalam menurunkan tekanan darah.

3. Buah beri

Buah beri kaya akan antioksidan, termasuk anthocyanin, yang mendukung kesehatan jantung dengan meningkatkan level oksida nitrat dalam darah dan menekan produksi molekul yang menghambat aliran darah.

Baca Juga: Intip Nutrisi dan Manfaat Terong untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

4. Wortel

Konsumsi wortel dapat menurunkan risiko hipertensi sebesar 10% untuk setiap 100 gram wortel yang dikonsumsi setiap hari, menurut sebuah studi pada tahun 2023. Wortel mengandung senyawa nabati yang mendukung berbagai fungsi kesehatan, termasuk pengaturan tekanan darah.

5. Yogurt

Yogurt mengandung mineral penting seperti kalium dan kalsium, yang berperan dalam mengatur tekanan darah. Analisis dari 28 studi menunjukkan bahwa konsumsi tiga porsi produk susu setiap hari dapat mengurangi risiko hipertensi sebesar 13%.

Penelitian lain menemukan bahwa konsumsi yogurt secara teratur dapat menurunkan Systolic Blood Pressure (SBP).

Baca Juga: Penderita Asam Urat Tidak Boleh Makan Apa? Ini 12 Daftar Pantangannya!

6. Buah kiwi

Buah kiwi kaya akan vitamin C, serat, kalium, dan magnesium yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung, termasuk hipertensi.

7. Kentang

Kentang kaya akan senyawa nabati yang mendukung pengaturan tekanan darah. Sebuah kentang panggang berukuran medium dengan kulitnya dapat memberikan 941 miligram potassium, yang mencakup 20% dari kebutuhan harian dan dapat menurunkan Systolic Blood Pressure (SBP).

Baca Juga: Khasiat Ubi Cilembu untuk Diet, Ini Jumlah Kalori dan Manfaatnya bagi Kesehatan

8. Brokoli

Brokoli mengandung antioksidan flavonoid yang dapat menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan kinerja pembuluh darah dan memperbanyak kadar oksida nitrat dalam tubuh.

9. Telur

Studi menunjukkan bahwa konsumsi lima telur atau lebih setiap minggu terkait dengan penurunan Systolic Blood Pressure (SBP) sebesar 2,5 mm Hg. Ini menunjukkan bahwa konsumsi telur secara teratur dapat mengurangi risiko hipertensi dalam jangka panjang.

Baca Juga: Pilihan Makanan Terbaik untuk Meningkatkan Fungsi Otak Manusia, Jangan Dilewatkan ya

10. Tomat dan produk olahan tomat

Tomat kaya akan kalium dan lycopene, yang terbukti mampu menurunkan risiko penyakit jantung, termasuk pengurangan tekanan darah tinggi. Meskipun demikian, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami efek ini secara lebih mendalam.

11. Buah-buahan

Buah-buahan seperti pisang, buah bit, berbagai jenis berry, alpukat, tomat, jeruk, dan semangka mengandung kalium yang membantu menyeimbangkan kadar natrium dalam tubuh dan menurunkan tekanan darah.

Buah-buahan ini juga kaya antioksidan, nitrat, dan vitamin C yang mendukung kesehatan pembuluh darah.

Baca Juga: Apakah Buah Pir Bisa Menurunkan Darah Tinggi? Cek Faktanya di Sini

12. Oatmeal

Oatmeal rendah sodium dan lemak serta tinggi serat, cocok untuk diet penurun tekanan darah tinggi. Tambahkan buah segar atau sedikit madu untuk meningkatkan rasa.

13. Cokelat hitam

Cokelat hitam mengandung flavonoid yang dapat melebarkan pembuluh darah dan membantu menurunkan tekanan darah. Pilih cokelat dengan kandungan kakao minimal 70 persen.

Baca Juga: Manfaat Daun Sambiloto untuk Kesehatan, Konsumsi dan Dapatkan 10 Khasiat Ini

14. Gandum utuh

Makanan dari gandum utuh seperti roti, sereal, atau pasta dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan serat tinggi pada gandum utuh mendukung kesehatan pembuluh darah.

15. Kacang pistachio

Kacang pistachio kaya akan lemak sehat, protein, serat, dan antioksidan. Konsumsi kacang ini secara teratur dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

Baca Juga: Sehatkan Badan, Ini 12 Khasiat Kencur untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

16. Susu skim

Susu skim mengandung banyak kalsium dan rendah lemak, membuatnya ideal untuk membantu mengurangi tekanan darah. Penelitian menunjukkan hubungan antara konsumsi susu rendah lemak dan penurunan risiko hipertensi.

Nah, itulah beberapa rekomendasi makanan penurun darah tinggi dengan cepat yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Build MC Traiblazer Harmony (Imaginary) Honkai: Star Rail, Urutan Trace, LC & Relic

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News