Bugar

Manfaat Daun Sambiloto untuk Kesehatan, Konsumsi dan Dapatkan 10 Khasiat Ini

Manfaat Daun Sambiloto untuk Kesehatan, Konsumsi dan Dapatkan 10 Khasiat Ini

MOMSMONEY.ID - Daun sambiloto adalah tanaman herbal yang telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional, terutama di Asia Tenggara. Tanaman ini terkenal karena rasa pahitnya yang khas dan khasiatnya yang luar biasa untuk kesehatan. Apa saja sih manfaat daun sambiloto untuk kesehatan?

Menyadur dari laman Dokter Sehat, berikut ini adalah sejumlah manfaat daun sambiloto untuk kesehatan:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daun sambiloto memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Konsumsi daun ini dapat membantu tubuh melawan virus, bakteri, dan mikroorganisme lain yang berpotensi menyebabkan penyakit.

Baca Juga: Kerap jadi Lalapan, Intip Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan!

2. Mendukung Kesehatan Pencernaan

Daun sambiloto efektif dalam menjaga kinerja sistem pencernaan. Herbal ini bisa mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti diare, sembelit, dan kolik perut. Daun ini juga efektif mengurangi gejala umum gangguan pencernaan seperti sakit perut dan perut kembung.

3. Mengatasi Gangguan Pernapasan

Daun ini juga bermanfaat dalam mengobati berbagai masalah saluran pernapasan termasuk bronkitis, pneumonia, dan tuberkulosis, memastikan fungsi optimal dari sistem pernapasan yang kompleks.

Baca Juga: Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan, Ada 10 Khasiat Luar Biasa

4. Mencegah Diabetes

Daun sambiloto populer karena kemampuannya mencegah diabetes dengan menunjukkan efek hipoglikemik, atau menurunkan kadar gula darah, seperti yang terbukti dalam beberapa studi.

5. Menurunkan Kolesterol

Penelitian yang sama menunjukkan bahwa sambiloto juga bisa menurunkan kolesterol LDL, yang penting untuk mencegah penumpukan plak di pembuluh darah dan risiko penyumbatan arteri.

Baca Juga: Pejuang Diet Catat! Konsumsi Sayuran yang Bagus untuk Diet Berikut Ini

6. Mencegah Penyakit Jantung

Sambiloto juga berfungsi dalam mencegah penggumpalan darah dan mungkin memecah gumpalan yang ada. Konsumsi daun ini membantu melancarkan peredaran darah dan menghindari penyakit kardiovaskular.

7. Mencegah Kanker

Dikenal juga karena kandungan antioksidannya, daun sambiloto dapat melawan radikal bebas, yang berperan dalam pencegahan kanker.

Baca Juga: Cara Menurunkan Kolesterol dengan Bahan Alami, Catat 7 Bahan Ini

8. Mengobati Flu

Daun sambiloto dikenal dapat meredakan gejala flu, seperti demam, sakit kepala, nyeri otot, bersin, batuk, dan menggigil, yang merupakan infeksi virus yang lebih serius dibandingkan pilek.

9. Melindungi Fungsi Hati

Daun sambiloto berkontribusi pada kesehatan dan fungsi hati, mengatasi berbagai gangguan seperti penyakit kuning, pembesaran hati, dan kerusakan hati yang mungkin disebabkan oleh obat-obatan tertentu.

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Intip Khasiat Rebusan Daun Sirsak untuk Kesehatan Anda

10. Mengobati Masalah Kulit

Daun sambiloto mengatasi berbagai masalah kulit berkat efek antibakteri dan antiperadangan. Ini termasuk pengobatan iritasi, mengurangi gatal-gatal, mengobati bisul, serta mengatasi gigitan ular dan serangga.

Itulah beberapa manfaat daun sambiloto untuk kesehatan. Daun sambiloto dapat dikonsumsi dalam berbagai cara. Salah satu metode yang populer adalah dengan merebus daun untuk membuat teh.

Baca Juga: Usia Tak Lagi Muda, Lakukan Tips Hidup Sehat di Usia 40 Tahun Berikut

Daun yang sudah kering juga bisa digiling menjadi bubuk dan diambil sebagai suplemen. Namun, karena rasanya yang sangat pahit, beberapa orang mungkin lebih memilih untuk mengonsumsinya dalam bentuk kapsul atau ekstrak yang sudah disiapkan.

Sebelum mulai mengonsumsi daun sambiloto, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan, terutama jika Anda sedang hamil, menyusui, atau memiliki kondisi kesehatan tertentu. Dengan penggunaan yang tepat, daun sambiloto dapat menjadi tambahan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News