Bugar

Khasiat Ubi Cilembu untuk Diet, Ini Jumlah Kalori dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Khasiat Ubi Cilembu untuk Diet, Ini Jumlah Kalori dan Manfaatnya bagi Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Dikenal dengan rasa manis alami yang khas saat dipanggang, ubi cilembu tidak hanya lezat, tetapi juga menyimpan berbagai khasiat atau manfaat kesehatan, termasuk potensi dalam mendukung program diet.

Dalam artikel ini, Momsmoney akan membahas tentang khasiat ubi cilembu untuk diet, jumlah kalorinya, serta manfaat lainnya bagi kesehatan. Yuk, simak.

Kalori ubi cilembu untuk diet

Menyadur dari laman Halodoc, ubi adalah tanaman yang sangat kaya akan antioksidan, terutama beta karoten. Ubi memiliki nilai gizi yang tinggi, kaya akan serat, memberikan rasa kenyang, dan memiliki cita rasa yang enak.

Ubi madu cilembu per 100 gram mengandung sekitar 86 kalori. Komposisi nutrisinya adalah:

  • Karbohidrat membentuk 92% dari total kalori, yang setara dengan 20,4 gram, termasuk serat sebanyak 3 gram, gula 4,2 gram, sodium 55 mg, dan potassium 337 mg.
  • Lemak hanya 1% atau 0.1 gram, yang mencakup vitamin A, vitamin C, kalsium, dan zat besi.
  • Protein sebanyak 7%, atau 1,6 gram.

Ketika ubi diolah dengan dibakar, komposisi nutrisinya berubah menjadi 93% karbohidrat atau 27 gram, tanpa lemak, dan 7% protein atau 2 gram. Meski karbohidratnya meningkat, ketiadaan lemak menjadikannya pilihan yang cocok bagi mereka yang ingin mengurangi asupan lemak.

Baca Juga: Resep Langsing dan Kurus, Coba Olahraga Penurun Berat Badan Ini yuk

Namun, ketika ubi diolah menjadi ubi madu, jumlah kalorinya meningkat secara signifikan. Satu porsi dari hidangan ini mengandung 387 kalori, dengan 90 gram karbohidrat dan 6,4 gram protein.

Kenaikan kalori ini berasal dari penggunaan madu dan minyak zaitun. Sebaiknya, ubi Cilembu dikonsumsi tanpa tambahan apa pun untuk menjaga jumlah kalori yang rendah.

Manfaat ubi cilembu untuk kesehatan lainnya

Tidak hanya mampu menyukseskan penurunan berat badan, ada sejumlah manfaat kesehatan dari ubi cilembu lainnya. Melansir dari laman Healthline, berikut ini adalah manfaat ubi cilembu untuk kesehatan:

1. Mengurangi kerusakan oksidatif dan risiko kanker

Ubi juga dapat mengurangi kerusakan oksidatif dan risiko kanker. Kerusakan oksidatif dapat meningkatkan risiko kanker yang terjadi ketika sel membelah secara tidak terkontrol.

Diet yang kaya akan antioksidan, seperti karotenoid yang terdapat dalam ubi, telah dikaitkan dengan risiko kanker perut, ginjal, dan payudara yang lebih rendah.

Baca Juga: Konsumsi Makanan Tinggi Serat untuk Turunkan Berat Badan, Coba yuk

2. Mencegah kekurangan vitamin A

Salah satu manfaat penting ubi adalah perannya dalam mencegah kekurangan vitamin A.

Kekurangan vitamin A bisa menyebabkan kerusakan mata yang bisa permanen, bahkan kebutaan, serta memengaruhi fungsi kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko kematian, khususnya pada anak-anak serta wanita hamil dan menyusui.

Ubi merupakan sumber beta karoten yang sangat efektif, yang tubuh bisa ubah menjadi vitamin A. Tingkat beta karoten dalam ubi bisa dilihat dari intensitas warna kuning atau oranye mereka.

3. Menjaga gula darah

Selain itu, ubi jalar juga berperan dalam regulasi gula darah, yang sangat penting bagi penderita diabetes tipe 2.

Varian ubi jalar yang dikenal sebagai Caiapo, yang memiliki kulit dan daging putih, diketahui dapat memperbaiki kadar glukosa darah puasa dan kadar kolesterol LDL, serta meningkatkan sensitivitas insulin.

Namun, lebih banyak penelitian diperlukan untuk menjustifikasi penggunaan ubi jalar sebagai pengobatan diabetes tipe 2.

Demikianlah ulasan lengkap terkait khasiat ubi cilembu untuk diet serta manfaatnya untuk kesehatan lainnya. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Resep Garlic Pepper Wings Saus Vietnam, Ide Masakan Moms untuk Suami Tercinta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News