Bugar

Pilihan Makanan Terbaik untuk Meningkatkan Fungsi Otak Manusia, Jangan Dilewatkan ya

Pilihan Makanan Terbaik untuk Meningkatkan Fungsi Otak Manusia, Jangan Dilewatkan ya

MOMSMONEY.ID - Apa saja, sih, makanan terbaik untuk meningkatkan fungsi otak manusia? Simak daftarnya di sini.

Memilih makanan yang tepat tidak hanya penting untuk kesehatan fisik, tetapi juga esensial untuk kesehatan otak kita.

Nutrisi tertentu dapat meningkatkan fungsi kognitif, melindungi otak dari kerusakan, dan memperbaiki memori dan konsentrasi.

Menyadur dari laman Medical News Today, berikut adalah beberapa pilihan makanan terbaik untuk meningkatkan fungsi otak:

1. Ikan berlemak

Ikan berlemak kaya akan asam lemak omega-3, yang esensial dalam membangun membran di sekitar setiap sel termasuk neuron, sel otak.

Studi tahun 2017 menemukan, tingginya kadar omega-3 berkorelasi dengan aliran darah yang lebih baik di otak dan fungsi kognitif yang lebih tinggi.

Baca Juga: Manfaat Buah Kesemek untuk Asam Lambung Anda, Ada 7 Manfaat Kesehatan Lainnya

2. Cokelat hitam

Cokelat hitam mengandung flavonoid, antioksidan yang meningkatkan kesehatan otak. Flavonoid ini mendukung pertumbuhan neuron dan pembuluh darah di area otak yang vital untuk memori dan juga meningkatkan aliran darah ke otak.

3. Buah beri

Berbagai jenis buah beri kaya akan antioksidan flavonoid, yang mengurangi inflamasi dan stres oksidatif. Studi menunjukkan, flavonoid meningkatkan komunikasi antar sel otak, mengurangi atau menunda penuaan otak dan penurunan fungsi kognitif.

Baca Juga: Apakah Buah Pir Bisa Menurunkan Darah Tinggi? Cek Faktanya di Sini

4. Kacang

Kacang adalah sumber vitamin E yang kaya, yang melindungi terhadap stres oksidatif yang meningkat seiring bertambahnya usia. Studi menunjukkan bahwa kacang meningkatkan fungsi otak dan mencegah penyakit neurodegeneratif.

5. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh adalah sumber vitamin E yang baik, mendukung fungsi otak dengan membatasi stres oksidatif pada sel-sel saraf.

Baca Juga: Apakah Pisang Bagus untuk Asam Lambung? Cek Makanan Penurun Asam Lambung Lainnya

6. Kopi

Kopi dikenal dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus berkat kandungan kafeinnya yang menghalangi adenosin di otak. Studi juga menunjukkan, kopi meningkatkan entropi otak, yang dapat memperluas kapasitas otak untuk memproses informasi.

7. Alpukat

Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh yang sehat yang dapat menurunkan tekanan darah, faktor penting dalam memastikan kesehatan kognitif dan mencegah penurunan fungsi otak.

Baca Juga: Sehatkan Badan, Ini 12 Khasiat Kencur untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

8. Telur

Telur kaya akan vitamin B, yang telah terbukti membantu mencegah atrofi otak dan menunda penurunan kognitif.

9. Brokoli

Brokoli mengandung glukosinolat yang memecah menjadi isothiocyanates, yang akan mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif.

Baca Juga: Gampang, Begini 5 Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah Anda!

10. Kangkung

Kangkung dan sayuran hijau lainnya kaya akan glukosinolat dan antioksidan yang membantu mengurangi risiko demensia dan mendukung fungsi kognitif yang sehat.

11. Produk kedelai

Produk kedelai mengandung isoflavon, termasuk daidzein dan genistein, yang berperan sebagai antioksidan, menurunkan risiko demensia, dan mendukung fungsi kognitif saat menua.

Mengonsumsi makanan-makanan ini secara teratur tidak hanya akan memberi Anda manfaat jangka pendek dalam hal konsentrasi dan fungsi kognitif tetapi juga membantu menjaga kesehatan otak Anda dalam jangka panjang.

Nah, itulah sejumlah makanan terbaik untuk meningkatkan fungsi otak yang bisa Anda coba. 

Selanjutnya: Ini 6 Cara Mencegah Mata Minus Agar Tidak Terus Bertambah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News