Bugar

8 Manfaat Kembang Kol bagi Kesehatan Tubuh Anda, Bantu Turunkan BB

8 Manfaat Kembang Kol bagi Kesehatan Tubuh Anda, Bantu Turunkan BB

MOMSMONEY.ID - Jelajahi berbagai manfaat kembang kol bagi kesehatan tubuh di sini. Cek ada apa saja?

Kembang kol mengandung karbohidrat yang rendah. Dalam satu cangkir kembang kol mentah, ada sekitar 30 kalori dan 5 gram karbohidrat yang membuatnya ideal untuk diet keto.

Kembang kol juga dikenal memiliki manfaat kesehatan yang banyak, seperti anti-penuaan, anti-kanker, dan anti-inflamasi. Melansir dari Health, ini adalah beberapa manfaat kembang kol bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui:

1. Membantu menurunkan berat badan

Kembang kol yang kaya serat dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, yang sangat membantu dalam mengontrol berat badan. Setiap cangkir kembang kol mentah mengandung 2,14g serat dan juga air yang dapat meningkatkan rasa kenyang.

Baca Juga: Layak Dicoba! Ini 6 Minuman untuk Menurunkan Gula Darah yang Ampuh

2. Mengurangi risiko penyakit kronis

Kembang kol dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker, dua penyebab utama kematian. Makanan ini mengandung senyawa yang melindungi pembuluh darah dan mengurangi peradangan, sehingga mengurangi risiko penyakit kronis.

3. Pilihan rendah karbohidrat

Bagi yang mengikuti diet rendah karbohidrat seperti keto, kembang kol adalah alternatif yang baik untuk nasi putih. Sebagai pengganti, kembang kol menawarkan kalori dan karbohidrat yang lebih rendah tanpa mengurangi jumlah makanan yang dimakan.

4. Kaya nutrisi

Kembang kol adalah sumber vitamin C yang tinggi, mendukung sistem imun dan pembentukan kolagen. Selain itu, kembang kol juga mengandung vitamin K untuk kesehatan tulang dan kolin yang penting untuk fungsi otak dan otot.

Baca Juga: Apa itu Monkeypox atau Cacar Monyet, Gejala & Cara Penularannya

5. Sumber serat yang baik

Konsumsi serat yang cukup penting untuk kesehatan pencernaan. Kembang kol bisa menjadi sumber serat yang baik sekaligus membantu mengatur usus dan mengurangi peradangan.

6. Anti-penuaan

Kembang kol mengandung sulforaphane yang bisa memperlambat proses penuaan dengan cara mempengaruhi gen yang berhubungan dengan proses biokimia penuaan.

Baca Juga: Apa yang Terjadi jika Makan Telur Setiap Hari? Cari Tahu di Sini, yuk

7. Mengurangi peradangan

Kembang kol kaya akan senyawa bioaktif dan antioksidan yang membantu mengurangi peradangan dan melindungi sel dari kerusakan.

8. Mendukung detoksifikasi

Kembang kol membantu proses detoksifikasi alami tubuh dengan mengandung enzim yang membantu mengeluarkan racun dari tubuh.

Nah, itulah beberapa manfaat kembang kol bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News