Bugar

Khasiat Teh Hijau untuk Kolesterol yang Layak Dicoba lo

Khasiat Teh Hijau untuk Kolesterol yang Layak Dicoba lo

MOMSMONEY.ID - Terkenal baik untuk jaga kesehatan tubuh, ketahui khasiat teh hijau untuk kolesterol berikut ini, yuk.

Melansir dari Healthline, teh herbal secara umum, termasuk teh hijau, dibuat dari berbagai bagian tanaman seperti akar, daun, bunga, dan buah yang kaya akan nutrisi.

Teh hijau adalah salah satu jenis teh herbal yang populer dan dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk kemampuannya untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Hiperpigmentasi Kulit yang Dapat Anda Coba

Penelitian yang dimuat dalam Nutrition Journal menunjukkan, minum teh hijau dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, LDL, dan trigliserida. Ini berkat kandungan katekin, senyawa antioksidan polifenol yang aktif dalam teh hijau.

Epigallocatechin-3-Gallate (EGCG), antioksidan dari kelompok katekin, mampu mencegah oksidasi LDL dengan menyusup ke dalam partikel LDL dan menghambat pembentukan plak aterosklerosis.

Katekin juga menghambat penyerapan lipid oleh usus. Semua mekanisme ini membantu tubuh dalam menurunkan kadar kolesterol.

Baca Juga: Apa yang Terjadi jika Makan Telur Setiap Hari? Cari Tahu di Sini, yuk

Mengutip dari Halodoc, cara pembuatannya yang sederhana memungkinkan teh hijau mempertahankan kandungan katekin yang tinggi, yang berperan penting dalam menurunkan kolesterol.

Itulah khasiat teh hijau untuk kolesterol yang perlu Anda ketahui. Penting untuk memilih teh hijau yang tepat. Bukan teh hijau kemasan yang seringkali mengandung tambahan rasa, gula, dan pewarna yang bisa mengurangi manfaat sehatnya.

Lebih baik gunakan teh hijau kering yang diseduh dengan air panas atau direbus beberapa menit untuk mendapatkan khasiatnya.

Baca Juga: 10 Manfaat Anggur untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Kolesterol lho

Meski teh hijau memiliki banyak keuntungan, ingatlah untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Dikutip dari Hello Sehat, mengonsumsi teh hijau terlalu banyak bisa meningkatkan risiko terjadinya batu ginjal karena kandungan oksalat yang tinggi.

Jadi, jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum memulai konsumsi teh hijau secara rutin.

Namun, meminum teh hijau saja tidak akan secara ajaib mengurangi kadar kolesterol tinggi secara drastis. Untuk hasil yang efektif, konsumsi teh hijau harus diimbangi dengan pola makan yang sehat dan gaya hidup yang aktif.

Rutinitas sehat ini dapat membantu menjaga kadar kolesterol tetap stabil atau bahkan menurunkan kolesterol yang tinggi.

Semoga informasi tentang khasiat teh hijau untuk kolesterol ini bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News