Santai

Cara Mengubah HP Android Jadi Ponsel Jadul untuk Mendengarkan Musik

Cara Mengubah HP Android Jadi Ponsel Jadul untuk Mendengarkan Musik

MOMSMONEY.ID - Berikut ini cara mengubah hp Android jadi ponsel jadul. Seperti diketahui, hp Android merupakan ponsel pintar yang dapat digunakan untuk berbagai aktivitas. 

Nah, jika Anda bosan dengan hp Android dengan fitur yang canggih, Anda dapat mengubah hp Android jadi ponsel jadul. 

Cara mengubah hp Android jadi ponsel jadul cukuplah mudah. Anda dapat mengikuti langkah-langkahnya di artikel ini. 

Baca Juga: Cara Menemukan HP Android yang Hilang, Penting untuk Disimak

Berikut ini cara mengubah hp Android jadi ponsel jadul. 

1. Hanya Simpan Aplikasi Penting

Tugas apa yang Anda inginkan dari ponsel Anda? Bagi saya, daftarnya pendek: melakukan panggilan, mengirim pesan teks, mengambil foto, dan mungkin memutar musik sesekali. Semua kecuali satu dari fungsi ini telah lama menjadi standar pada ponsel lipat.

Menonaktifkan peramban web mungkin merupakan hal terbesar yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi waktu layar dan mengurangi godaan untuk mengangkat telepon. Anda juga dapat menyingkirkan email dan memutuskan untuk hanya mengelola kotak masuk dari PC atau tablet.

Anda dapat menonaktifkan atau menghapus aplikasi Android dengan menahan ikon aplikasi dan mengetuk Info Aplikasi (i). Anda dapat menghapus sebagian besar aplikasi, tetapi aplikasi yang tidak dapat dihapus akan memiliki opsi untuk dinonaktifkan.

Alih-alih menggunakan ponsel untuk hiburan, anggap saja ponsel sebagai alat. Jika Anda memerlukan kompas atau pengatur waktu, aplikasi ini melengkapi apa yang Anda lakukan di dunia alih-alih menjauhkan Anda. Alat praktis seperti kalkulator tidak menyebabkan kecanduan ponsel. Yang harus Anda waspadai adalah game, aplikasi jejaring sosial, aplikasi berita, dan layanan streaming video.

2. Matikan Semua Notifikasi

HP Android

Jika Anda tidak dapat sepenuhnya menyingkirkan aplikasi atau gim jejaring sosial, Anda masih dapat mengurangi penggunaannya dengan menonaktifkan notifikasi. Jangan biarkan pesan langsung di pagi hari menyeret Anda ke dalam percakapan selama dua jam saat Anda harus jogging. Anda akan mengetahuinya saat Anda duduk dan membuka aplikasi itu sendiri.

Ini penting. Notifikasi merupakan bagian besar dari apa yang membuat kita merasa kehilangan kendali. Setiap bunyi lonceng yang masuk adalah cara ponsel memberi tahu kita kapan harus mengangkatnya. Kita lebih sering menurutinya daripada yang kita inginkan. Dengan menonaktifkan peringatan tersebut, kita menggunakan perangkat sesuai keinginan kita.

Baca Juga: Cara Menemukan HP Android Hilang dalam Keadaan Mati, Simak Langkah-langkahnya!

Buat pengecualian untuk panggilan dan teks. Bagaimanapun, ini adalah ponsel. Jika Anda ingin menyertakan aplikasi perpesanan lain (seperti WhatsApp dan Facebook Messenger) sebagai teks, itu keputusan Anda. Semua lingkaran sosial kita berkomunikasi dengan cara yang berbeda.

Untuk mengelola notifikasi, buka Setelan > Notifikasi > Notifikasi Aplikasi di perangkat Android Anda dan buat penyesuaian agar lebih sesuai dengan kehidupan Anda.

3. Matikan Data dan Wi-Fi

Ponsel kita tidak memerlukan koneksi data untuk mengelola panggilan dan pesan teks. Namun, ponsel memerlukan akses internet untuk mengambil tweet, menunjukkan argumen di Facebook, mengunduh lampiran pekerjaan, dan menyediakan aliran blog yang tak ada habisnya. Menonaktifkan Wi-Fi dan data seluler adalah cara termudah untuk menghilangkan gangguan tersebut.

Sebagian besar ponsel Android memiliki tombol alih di bayangan notifikasi untuk koneksi ini. Ini adalah area yang Anda lihat saat Anda menggeser ke bawah dari atas layar. 

Jika Anda tidak ingin mengaktifkan dan menonaktifkan data secara manual, Anda juga dapat menonaktifkan data per aplikasi. Perubahan ini membantu Anda tetap fokus pada tugas lain dan juga dapat memperpanjang masa pakai baterai ponsel Anda.

4. Unduh Musik dan Peta untuk Penggunaan Offline

File lokal tidak memerlukan akses ke web, jadi Anda tidak perlu mengaktifkan kembali Wi-Fi atau LTE setiap kali ingin memutar podcast atau lagu favorit Anda. 

Ini mengurangi seberapa sering Anda terhubung ke internet, sehingga Anda terhindar dari godaan setiap saat. Misalnya, Anda dapat mengunduh lagu dari Spotify untuk didengarkan secara offline.

Anda dapat melakukan hal yang sama dengan navigasi. Google Maps memungkinkan Anda menyimpan bagian-bagian suatu area untuk penggunaan offline, tetapi agak terbatas.

Baca Juga: Cara Melacak HP Android yang Hilang dalam 3 Tahapan Mudah

5. Pasang Peluncur Aplikasi Sederhana

Antarmuka ponsel Anda mendorong Anda untuk memasang lebih banyak perangkat lunak. Anda mungkin dapat menggeser layar Utama atau membuka laci aplikasi yang dimaksudkan untuk menampilkan 20 aplikasi sekaligus. Dengan tata letak seperti itu, menghapus semua kecuali delapan aplikasi dapat membuat ponsel Anda terasa rusak.

Tata letak alternatif dapat mengatur ulang aplikasi sedemikian rupa sehingga Anda tetap merasa seperti menggunakan perangkat berfitur lengkap. Dengan cara ini, Anda tidak lagi merasa seperti menahan diri.

Jika Anda menyukai tampilan Light Phone atau Punkt, Anda mungkin menyukai Olauncher. Ini adalah peluncur yang menghilangkan gangguan dari ikon aplikasi dan menekankan teks sepenuhnya.

6. Nonaktifkan Play Store

Ponsel pintar dilengkapi dengan lebih banyak perangkat lunak bawaan daripada ponsel lipat jadul. Coba lihat aplikasi bawaannya. Kemungkinan besar Anda sudah memiliki peramban, pemutar musik, dan cara untuk membuat catatan.

Jika Anda ingin menyederhanakan lingkungan ponsel, jangan pasang satu pun aplikasi tambahan dari Play Store. Anda bahkan dapat menonaktifkan Play Store dengan menghapus ikonnya dari laci aplikasi. Jika cara itu terlalu mudah untuk dihindari, Anda dapat memilih untuk menghapus Play Store sepenuhnya!

ntuk melakukannya, Anda harus mempelajari cara menghapus aplikasi menggunakan ADB atau memasang ROM khusus. Manfaat tambahan dari melakukan hal tersebut adalah dapat memperpanjang masa pakai baterai ponsel Android Anda, berkat tidak adanya layanan latar belakang Google.

Nah itulah cara mengubah hp Android jadi ponsel jadul untuk mendengarkan musik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News