Santai

Cara Menemukan HP Android yang Hilang, Penting untuk Disimak

Cara Menemukan HP Android yang Hilang, Penting untuk Disimak

MOMSMONEY.ID - Melacak HP yang hilang sangatlah mudah. Namun, masih banyak yang tidak mengetahui cara menemukan HP Android yang hilang. 

Salah satu cara menemukan HP Android yang hilang adalah dengan melacak HP tersebut menggunakan e-mail atau nomor telepon. 

Tak hanya itu, saat ini ada cara menemukan HP Android yang hilang menggunakan PC/laptop. 

Baca Juga: Ini 3 Cara Melacak HP Android yang Hilang dengan Find My Device dan WhatsApp

Lalu, bagaimana cara menemukan HP Android yang hilang? Berikut caranya:

Cara melacak HP Android hilang atau dicuri menggunakan PC

Find My Device

Untuk melacak ponsel Anda yang hilang, gunakan layanan Temukan Perangkat Saya Google dari web di PC atau laptop Anda.

1. Buka situs web Temukan Perangkat Saya di browser PC Anda. Masuk dengan akun Google yang ditautkan ke ponsel Anda yang dicuri atau hilang.

2. Pilih perangkat yang ingin Anda lacak dari bagian atas sidebar kiri. Secara default, layanan ini menampilkan lokasi perangkat yang terakhir Anda gunakan.

3. Temukan Perangkat Saya akan menampilkan status terkini perangkat Anda yang dicuri atau hilang: masa pakai baterai dan kapan terakhir kali terlihat online. Peta juga akan secara otomatis disegarkan untuk menunjukkan lokasi terakhir perangkat yang diketahui.

4. Anda dapat mengklik Putar Suara untuk membuat perangkat Anda berdering sehingga Anda dapat mengetahui keberadaannya. Ini sempurna jika Anda baru saja salah meletakkan ponsel Anda.

Baca Juga: 6 Cara Atasi HP Android Lemot Agar Normal Kembali

5. Jika Anda tidak dapat menjangkau ponsel Android Anda yang hilang secara fisik, klik opsi Perangkat Aman. 

Ini akan mengunci ponsel Anda dan keluar dari akun Google Anda, mencegah pencuri mengakses data yang tersimpan di dalamnya. Anda dapat terus melacak lokasi ponsel Anda setelah menguncinya dan bahkan menampilkan pesan di layar kunci.

6. Jika kemungkinan ponsel Android Anda hilang sangat kecil atau ada data sensitif yang tidak boleh sampai ke tangan yang tidak dikenal, klik Hapus perangkat saja.

Anda harus memasukkan kata sandi akun Google Anda untuk mengonfirmasi langkah ini. Namun perangkat Anda hanya akan dihapus saat terhubung ke internet.

Selain ponsel, Anda dapat menggunakan Temukan Perangkat Saya untuk melacak jam tangan Wear OS dan tablet Android. Pixel Buds Google dan beberapa earphone pihak ketiga terpilih juga mendukung jaringan Temukan Perangkat Saya.

Cara menemukan HP Android yang hilang 

Semua ponsel dan tablet Android dilengkapi dengan integrasi Temukan Perangkat Saya dari Google. Fitur ini memungkinkan Anda melacak lokasi ponsel atau memutar suara, sehingga mudah ditemukan jika ponsel salah tempat atau dicuri.

Anda tidak perlu melakukan apa pun untuk menyiapkan Temukan Perangkat Saya di Android. Ini diatur secara otomatis saat Anda pertama kali masuk dengan akun Google di ponsel Anda.

Baca Juga: Ini 7 Cara Mengatasi Sinyal Hilang di HP Android beserta Penyebabnya

Berikut caranya:

1. Buka aplikasi Google Temukan Perangkat Saya di ponsel Android lain. Jika itu perangkat Anda, masuklah dengan akun Google Anda. Jika tidak, ketuk Masuk sebagai tamu dan pilih telepon yang ingin Anda lacak.

2. Temukan Perangkat Saya akan mencoba melacak ponsel Android Anda yang hilang. Jika perangkat tidak dapat dijangkau, lokasi terakhir yang diketahui akan ditampilkan.

Anda dapat melihat nomor IMEI ponsel Anda atau mengakses opsi reset pabrik dengan mengetuk ikon roda gigi di sebelah namanya.

3. Jika Anda lupa menaruh ponsel, ketuk Putar suara untuk membuatnya berdering dan membantu Anda menemukannya. Perangkat Anda akan berdering selama lima menit meskipun dalam mode senyap. 

Baca Juga: Simak Cara Menggunakan Fitur Temukan Perangkat Saya di HP Android dan iPhone

4. Ketuk Amankan perangkat jika Anda ingin mengunci perangkat, keluar dari akun Google Anda, dan menampilkan pesan di layar kunci.

Jika Anda belum mengaktifkan akses lokasi di ponsel Anda yang hilang, Temukan Perangkat Saya tidak akan dapat memberikan lokasi yang akurat.

Meskipun Anda dapat menemukan iPhone yang hilang meskipun sedang offline, layanan Temukan Perangkat Saya dari Google hanya dapat menampilkan lokasi perangkat Anda selama perangkat terhubung ke internet.

Namun, ada cara lain untuk mengetahui lokasi HP Android yang hilang dalam keadaan mati. 

Nah itulah beberapa cara menemukan HP Android yang hilang. Anda bisa melacaknya menggunakan ponsel lain maupun laptop/PC.

Selanjutnya: US STOCKS - S&P 500, Nasdaq end Down as Investors Wait for CPI, PPI Data

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News