Santai

Cara Menemukan HP Android Hilang dalam Keadaan Mati, Simak Langkah-langkahnya!

Cara Menemukan HP Android Hilang dalam Keadaan Mati, Simak Langkah-langkahnya!

MOMSMONEY.ID - Anda tidak bisa menemukan HP Android hilang dalam keadaan mati? Tak perlu khawatir, ada cara menemukan hp Android hilang dalam keadaan mati.

Setelah ponsel Android Anda yang hilang dimatikan, ponsel tersebut kehilangan akses ke konektivitas seluler dan berhenti melaporkan lokasinya. 

Untungnya, jaringan Temukan Perangkat Saya di Google mendukung pencarian telepon offline, memungkinkan Anda melacak perangkat selama beberapa jam setelah dimatikan.

Ponsel Samsung Galaxy memiliki fitur serupa dan juga dapat melaporkan lokasi terakhir yang diketahui sebelum dimatikan.

Meskipun fitur-fitur ini berguna, waktu adalah hal yang sangat penting ketika Anda ingin melacak ponsel Android yang dicuri atau hilang dalam keadaan mati. 

Baca Juga: Cara Menemukan HP Android yang Hilang, Penting untuk Disimak

Pertama, Anda harus mencari nomor IMEI ponsel Anda dan mengajukan laporan polisi, karena ini dapat mempermudah pemulihan perangkat.

Mengutip Make Use Of, berikut ini terdapat beberapa cara menemukan hp Android hilang dalam keadaan mati. 

Find My Device

1. Gunakan Find My Device

Berikut caranya :

- Kunjungi situs web Temukan Perangkat Saya Google di komputer atau ponsel lain.

- Masuk dengan akun Google yang sama dengan yang ada di ponsel Anda yang dicuri atau hilang.

- Pilih perangkat yang hilang dari daftar di sebelah kiri. Ini akan memunculkan peta yang menunjukkan lokasi terakhir yang diketahui, bersama dengan kemampuan untuk mengamankan atau mengatur ulang perangkat ke setelan pabrik.

- Temukan Perangkat Saya juga akan menunjukkan berapa lama ponsel terakhir aktif. Anda dapat menggunakan opsi Maps Timeline untuk melacak lokasi ponsel sebelum dimatikan.

Baca Juga: Ini 3 Cara Melacak HP Android yang Hilang dengan Find My Device dan WhatsApp

Dengan asumsi ponsel Anda dimatikan, Anda hanya dapat melihat lokasi terakhir kali ponsel melakukan ping ke Google. Itu mungkin cukup jika ponsel Anda hilang, bukan dicuri.

Jika seseorang menemukan dan menghidupkan ponsel Anda, Anda dapat dengan mudah melakukan ping, mengunci, atau menghapus ponsel dari pabrik menggunakan Temukan Perangkat Saya.

Anda juga dapat masuk ke aplikasi Temukan Perangkat Saya di ponsel Android teman Anda dengan akun Google Anda dan melacak ponsel Anda yang hilang dan dimatikan.

2. Gunakan SmartThings Find

Selain Temukan Perangkat Saya dari Google, ponsel Samsung dikirimkan dengan fitur pelacakan perangkat milik perusahaan, yang dijuluki SmartThings Find.

Berikut caranya :

- Buka situs web SmartThings Find di komputer atau perangkat lain dan masuk dengan akun Samsung yang tertaut ke ponsel Anda yang hilang.

Baca Juga: 6 Cara Atasi HP Android Lemot Agar Normal Kembali

- Pilih ponsel Galaxy yang hilang dari sidebar di sebelah kiri.

- SmartThings Find akan menampilkan lokasi terakhirnya yang diketahui.

Ingatlah bahwa pencarian offline hanya akan berfungsi selama beberapa jam setelah perangkat dimatikan. 

Jika Anda dapat melihat lokasi ponsel Anda, gunakan opsi Lacak lokasi di SmartThings Find untuk mendapatkan ping tentang keberadaan ponsel Anda setiap 15 menit.

Anda dapat memeriksa apakah pencarian telepon offline diaktifkan di ponsel Galaxy Anda dengan membuka Pengaturan > Keamanan dan privasi > Perlindungan perangkat hilang. 

3. Gunakan Timeline Google Maps

Berikut caranya :

- Di komputer atau ponsel, buka Google Maps dan masuk dengan akun Google Anda.

- Klik ikon menu hamburger di sebelah kiri dan pilih Timeline Anda. Alternatifnya, buka halaman Timeline Google Maps untuk mendapatkan tampilan timeline dari tamasya terkini Anda.

Baca Juga: Cara Beli di TikTok Shop Tokopedia, Simak Langkah-Langkah Berikut ini

- Untuk mempersempit pencarian Anda, pilih tanggal hilangnya ponsel Anda menggunakan menu drop-down.

- Dengan menelusuri kembali langkah-langkah Anda, pada akhirnya Anda mungkin menemukan ponsel Anda yang hilang.

Nah begitulah beberapa langkah dan cara menemukan hp Android hilang dalam keadaan mati. Anda dapat mencobanya saat ingin menemukan hp yang hilang. 

Selanjutnya: OJK Resmi Cabut Izin Usaha Fintech TaniFund

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News