Santai

Cara Menanam Bunga Tabebuya yang Bikin Suasana Jadi Mirip di Jepang

Cara Menanam Bunga Tabebuya yang Bikin Suasana Jadi Mirip di Jepang

MOMSMONEY.ID - Bunga tabebuya sedang mekar di beberapa kota di Indonesia sehingga menciptakan nuansa yang mirip seperti di Jepang. Namun, tahukah Anda bagaimana cara menanam bunga tabebuya?

Diketahui, pohon ini disebut pohon terompet karena bunganya berbentuk seperti tabung dengan ujung acak-acakan, menyerupai tampilan terompet. 

Cara menanam bunga tabebuya perlu berhati-hati dan tidak bisa di sembarang tempat. Pohon tabebuia paling baik ditanam di daerah beriklim hangat, tropis hingga subtropis.

Baca Juga: 6 Tips Pintar Simpan Sayuran Hijau Supaya Awet Selama Seminggu Penuh

Pastikan kondisi tersebut dapat disesuaikan di pekarangan Anda sebelum menanam pohon.

Lalu, bagaimana cara menanam bunga tabebuya? Mengutip Housedigest, berikut ini caranya. 

Seperti kebanyakan pohon, pohon tabebuia paling mudah ditanam dari tanaman pembibitan yang sudah ditanam sebelumnya yang dapat ditemukan di pusat taman atau pembibitan pohon setempat. 

Bunga Tabebuya bermekaran di Surabaya

1. Beli benih atau panen dari pohon dewasa. 

2. Isi pot dengan tanah pot dan tekan bijinya 1/2 inci ke permukaan. Jagalah agar tanah tetap lembab, baik melalui gerimis atau tenda. 

3. Setelah empat hingga enam minggu, bibit akan mulai muncul. Setelah tinggi tanaman kira-kira 1,5 kaki, pindahkan ke luar ruangan.

4. Untuk mendapatkan potongan kayu keras, carilah cabang dewasa yang panjangnya tidak lebih pendek dari 12 inci dan setidaknya selebar jari Anda. 

Baca Juga: Cara Merawat Tanaman Layu di Cuaca Panas, Begini Tips agar Tetap Bertahan

5.  Keluarkan kulit kayu dengan hati-hati di ujung potongan, celupkan ke dalam bubuk perakaran, dan tanam dalam pot berukuran 6 inci berisi tanah. Jagalah kelembapannya, dan dalam delapan minggu atau lebih, ia akan berakar.

Cobalah dengan menarik tanaman secara perlahan, jika tanaman menolak, berarti tanaman sudah berakar. Setelah perbanyakan Anda berakar, Anda dapat memindahkan ke luar ruangan. 

Bunga tabebuya memiliki perawatan yang rendah. Pohon ini tahan dengan kekeringan, jadi curah hujan yang teratur sudah cukup. 

Baca Juga: Selain Kaktus, Ini 10 Daftar Tanaman Hias Cocok Ditanam saat Cuaca Panas

Selain itu, satu-satunya perawatan rutin utama yang diperlukan pohon tabebuia adalah pemangkasan secara teratur, baik untuk kesehatan maupun estetika.

Setelah tanaman memasuki masa dormansi, cukup pangkas kayu mati dan cabang tua yang rapuh, serta cabang apa pun yang terlihat tidak pada tempatnya menggunakan gunting pangkas yang tajam dan bersih.

Begitulah beberapa cara menanam bunga tabebuya dan perawatan yang mudah. 

Selanjutnya: Harga Saham CUAN Naik Usai Diborong Komisaris, Investor Sebaiknya Ikut Beli / Jual?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News