Keluarga

5 Cara Mudah Mengiris Daging Super Tipis untuk Masakan Jepang

5 Cara Mudah Mengiris Daging Super Tipis untuk Masakan Jepang

MOMSMONEY.ID - Masakan Jepang identik dengan irisan daging yang tipis-tipis. Untuk meniru irisan daging ini memang butuh teknik dan skill yang mumpuni. Kali ini MomsMoney hadirkan cara mengiris daging super tipis.

Ada banyak jenis daging dengan irisan super tipis dalam masakan Jepang, mulai dari Sukiyaki, Okonomiyaki, hingga Gyudon.

Karena sulitnya mengiris daging super tipis, kebanyakan orang lebih memilih membeli daging beku di swalayan. Tapi jangan khawatir, Anda juga bisa coba mengiris tipis daging tanpa harus membelinya.

Untuk tahu bagaimana tipsnya, simak dulu artikel berikut ini yang dilansir dari All Recipes, The Daring Kitchen, dan Just One Cookbook, selengkapnya.

Baca Juga: Lebih Hemat Pengeluaran, Moms Wajib Tahu Cara Menghemat Pemakaian Minyak Goreng

Pisau harus tajam

Pisau yang diasah hingga tajam adalah kunci dari cara mengiris daging super tipis.

Para koki juga selalu mengatakan bahwa pisau taman jauh lebih aman dibandingkan pisau tumpul. Pisau tumpul membuat Anda harus menekan daging lebih keras agar daging dapat diiris. Akibatnya, pisau jadi lebih sulit dikendalikan.

Sementara pisau yang tajam lebih mudah diarahkan & tak perlu memerlukan terlalu banyak tekanan. Ini membuat daging jadi lebih mudah diiris tipis-tipis.

Baca Juga: Tips Tepat Mengolah Daging Kambing Supaya Tak Bau dan Bikin Eneg

Iris daging yang masih mentah

Hasil terbaik mengiris daging super tipis adalah menggunakan daging yang masih mentah. Hanya dengan cara ini daging Anda tak kehilangan sari-sarinya sehingga daging bisa tetap juicy.

Sebelum mengiris daging, ada baiknya bekukan daging terlebih dahulu di freezer selama 30 menit. Cara ini dilakukan agar daging tak licin pada saat akan diiris.

Jangan lebih dari waktu yang ditentukan agar daging tak mengeras.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menyimpan Telur yang Baik? Moms Wajib Ikuti 5 Tips Ini

Potong berlawanan arah

Cara Mudah Mengiris Daging Super Tipis

Cara mengiris tipis daging juga dapat dilakukan dengan memotongnya berlawanan arah. Ini membuat urat-urat daging yang alot jadi lebih mudah dipotong.

Selain itu, daging yang diiris berlawanan arah hasil masakannya akan bertekstur lembut dan tidak sulit dikunyah.

Baca Juga: Baik untuk Otak, Ketahui 5 Jenis Ikan Laut yang Mengandung Gizi Paling Tinggi

Pakai talenan kayu

Talenan kayu yang berkualitas akan membantu Anda mendapatkan daging dengan irisan super tipis layaknya hasil daging yang selalu disediakan restoran-restoran Jepang.

Saat mengiris daging super tipis, tentu ada risiko pisau terpeleset mengingat daging memang terasa basah. Namun dengan menggunakan talenan kayu, maka talenan ini dapat menahan potongan daging agar tetap berada di tempatnya.

Pakai teknik berbeda

Anda wajib menggunakan teknik mengiris yang berbeda jika daging yang akan anda potong sudah matang.

Baca Juga: Ketahui 6 Jenis Daging Terbaik dan Terburuk Bagi Penderita Diabetes Tipe 2

Cara mengiris daging super tipis dalam kondisi daging telah matang bisa dengan mendiamkan daging selama 10-15 menit di atas talenan sebelum mulai mengiris.

Pada waktu inilah sari-sari daging dapat terkumpul utuh di dalam daging & tak keluar berceceran. Sebab sari-sari daging merupakan salah satu faktor yang membuat daging jadi terasa lembut dan juicy.

Setelah dibiarkan selama waktu yang telah ditentukan, barulah mengiris tipis daging.

Itulah berbagai cara mengiris daging super tipis ala koki restoran Jepang. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News