Keluarga

Pria Juga Alami Perubahan Suasana Hati Mirip Gejala PMS Lo!

Pria Juga Alami Perubahan Suasana Hati Mirip Gejala PMS Lo!

MOMSMONEY.ID - Ternyata gejala PMS tak hanya dialami oleh perempuan. Pria juga bisa mengalami gejala yang mirip PMS.

Melansir Times of India, gejala mirip PMS pada pria ini disebut dengan istilah irritable male syndrome (IMS). Gejala IMS ini bukanlah PMS seperti yang dirasakan perempuan. Namun IMS dapat menyebabkan perubahan suasana hati yang cepat pada pria. 

Baca Juga: Ini Lo Alasan Kenapa Makan dengan Siku Di Meja Dianggap Tidak Sopan

IMS dapat didefinisikan sebagai situasi di mana pria menjadi sangat sensitif, frustasi, cemas, dan marah. Kondisi ini diasosiasikan dengan perubahan biokimia, fluktuasi hormon, stres dan kehilangan identitas sebagai pria. 

Melansir National Center for Biotechnology Information (NCBI) IMS adalah membuat banyak pria merasakan gugup, mudah tersinggung, lesu dan depresi yang terjadi pada laki-laki dewasa setelah berkurangnya hormon testoteron. 

Sebenarnya ada berbagai alasan yang menyebabkan perubahan suasana hati pria, tetapi yang paling sederhana karena adanya fluktuasi hormon testosteron dan peningkatan rasa stres. Faktanya, perubahan sekecil apapun dalam pola makan dan adanya perubahan biokimia dapat membuat pria benar-benar jadi pemarah. 

Kedua, kadar testosteron pada pria menurun seiring bertambahnya usia. Ini juga bisa dikaitkan dengan kemurungan pada batinnya. 

Baca Juga: Bisa Ditonton Anak-Anak, Ini Rekomendasi 5 Film Animasi Berlatar Lautan
 
Namun aspek yang paling menarik dari gejala mirip PMS pada pria membuat pria bisa simpati ketika perempuan dalam hidupnya mengalami gejala PMS seperti kecemasan, rendah diri dan mudah tersinggung. 

Sayangnya, sebagian besar dari kita sama sekali tidak mengaitkan pria dengan perubahan hormon. Oleh karena itu, perubahan suasana hati yang cepat pada pria ini tidak diidentifikasi sebagaimana mestinya dan dapat dengan mudah disalahpahami. 

Jika Anda merasa pria Anda dapat merasakan setiap emosi yang Anda alami saat PMS, termasuk mengidam sesuatu dan berubah jadi monster, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah berbicara dengannya. Bicarakan soal perasaannya dan cari tahu akar penyebab kekhawatiran dan kemurungannya. Bisa juga lakukan untuk pria Anda, sebagaimana Anda ingin dilakukan saat sedang PMS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News