Keluarga

Super Gampang, 6 Tips Bikin Mashed Potato jadi Mirip Hidangan ala Resto

Super Gampang, 6 Tips Bikin Mashed Potato jadi Mirip Hidangan ala Resto

MOMSMONEY.ID - Simak tips bikin mashed potato ala koki profesional.  

Mashed potato adalah makanan yang simpel. Meski begitu, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan ketika ingin membuatnya.

Berikut beberapa tips yang biasa dilakukan para chef agar mashed potato yang dihasilkan punya tekstur dan rasa yang pas.

Rebus dengan air dingin

Sebelum bikin mashed potato, pertama-tama Anda harus merebus kentang terlebih dahulu. Rebuslah menggunakan air dingin. Jangan merebusnya menggunakan air hangat, apalagi panas. Sebab ini akan memengaruhi tingkat kematangan kentang.

Baca Juga: Perbedaan 3 Jenis Mie Terkenal Asal Asia: Bihun, Soun dan Misoa

Tambahkan garam saat merebus kentang

Kentang

Meski seringkali dilewatkan, namun ternyata tahap ini cukup berpengaruh besar terhadap rasa kentang yang akan dimasak.

Menurut Chef Degan Septoadji yang dilansir dari Tribun Pontianak, menambahkan garam sat merebus kentang dapat membuat kentang terasa lebih gurih sehingga lebih enak disantap.

Baca Juga: Secara Mengejutkan, Ternyata Ada 6 Sayuran yang Bikin Berat Badan Mudah Naik

Lama waktu merebus kentang

Tips bikin mashed potato tentunya bergantung pada lama waktu merebus kentang. Namun bagaimanapun juga, lamanya waktu dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti jenis kentang, jumlah kentang, ukuran kentang, hingga bentuk panci dan ketinggian air.

Tapi jangan khawatir, para chef memiliki aturan praktis yang bisa Anda tiru dengan mudah. Caranya adalah dengan menusukkan kentang dengan ujung pisau.

Jika kentang yang sedang direbus sulit ditembus oleh pisau, maka dipastikan kentang belum matang. Sebaliknya, jika mudah ditembus pisau maka kentang sudah matang.

Tetapi untuk lebih mudahnya, pilihlah ukuran kentang dengan ukuran & jenis yang sama agar lebih mudah matang secara merata.

Baca Juga: Terlalu Encer, Ini 6 Cara Pintar Mengentalkan Saus dan Kuah Makanan

Tumbuk kentang saat masih panas

Mashed Potato

Jika ingin hasil mashed potato yang anda bikin bertekstur creamy, maka tumbuklah kentang sesegera mungkin selagi suhunya pasih panas.

Agar tangan Anda tak terkena luka bakar, maka gunakan sarung tangan khusus dan langsung menumbukknya.

Gunakan Potato Masher

Supaya mashed potato yang Anda buat punya tekstur lembut yang pas dan tak terlalu lengket, maka gunakanlah alat khusus bernama potato masher.

Melansir Epicurious, alat ini mampu menumbuk kentang sama kuatnya sehingga tekstur mashed potato yang dihasilkan jadi merata.

Sementara jika Anda menggunakan peralatan lain, maka ada kemungkinan mashed potato jadi tidak lembut, atau bisa jadi malah terlalu lengket.

Baca Juga: Wajib Tersedia, Inilah 5 Bumbu Dasar Siap Pakai untuk Menghemat Waktu Masak

Tambahkan bahan lain

Mashed potato tak akan terasa lezat jika dihidangkan begitu saja. Anda juga memerlukan beberapa bahan lain seperti butter dan bumbu lainnya.

Melansir Food Network, Anda bisa menambahkan butter dan ditumbu bersama kentang. Setelah teksturnya lembut merata, barulah bumbui mashed potato dengan bumbu pilihanmu seperti lada hitam ataupun garam.

Anda juga bisa menghias mashed potato dengan potongan rosemary atau peterseli di bagian atasnya.

Itulah beberapa tips bikin mashed potato anti gagal yang biasa dilakukan para chef profesional. Mari tiru cara-caranya di atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News