Keluarga

Cara Bikin Ruangan berAC Cepat Dingin Namun Tetap Hemat Listrik

Cara Bikin Ruangan berAC Cepat Dingin Namun Tetap Hemat Listrik

MOMSMONEY.ID - Udara yang panas akhir-akhir ini membuat kita makin ketergantungan pada AC. Namun tentu ini akan membuat tagihan listrik boros. Bagaimana cara bikin ruangan ber-AC cepat dingin namun tetap hemat listrik?

Melansir Homes and Gardens, intinya adalah Moms harus membuat AC bekerja optimal dan efisien. Anda harus mengkondisikan ruangan tidak membuat AC bekerja ekstra. Berikut langkah-langkah yang perlu Moms lakukan!

Baca Juga: 6 Earbuds Gaming Terbaik Tahun 2024, Lebih Praktis dan Ringan

Ini cara AC cepat bikin dingin ruangan tapi tetap hemat listrik

Hindari suhu ruangan yang tinggi
Anda harus memperhatikan isolator di ruangan dengan menutup berbagai celah yang memungkinkan adanya pertukaran udara. Jika isolator ini bocor maka suhu ruangan jadi lebih panas. Ini membuat AC harus bekerja ekstra untuk secara bertahap mendinginkan ruangan. 

Ukuran yang tepat
Saat membeli unit AC Moms tidak boleh asal memilih daya yang paling kecil. Misalkan untuk ruangan berukuran 30 meter persegi tidak bisa menggunakan AC berukuran 1/2 PK. Ini akan membuat AC bekerja sangat keras dan udara dingin yang dihasilkan tetap tidak maksimal. 

Baca Juga: 5 Vitamin yang Harus Dikonsumsi Pria setelah Memasuki Usia 40 Tahun

Perawatan rutin
Anda harus merawat AC dengan rutin. Bersihkan atau ganti filter secara teratur, periksa kebocoran, pastikan unit kondensor bebas dari kotoran dan bersihkan saluran pembuangan AC. Jika unit AC sudah berusia tua segera ganti dengan unit baru yang dilengkapi fitur lebih efisien

Tutup celah udara ruangan dengan baik
Menutup celah udara ruangan akan membantu AC Anda lebih cepat mendinginkan ruangan karena suhu tidak terlalu jauh perbedaannya. Sehingga juga lebih hemat listrik. 

Selanjutnya: Promo Richeese Factory 28-30 Juni 2024, Flash Sale Combo Fire Chicken di ShopeeFood

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News