Keluarga

5 Vitamin yang Harus Dikonsumsi Pria setelah Memasuki Usia 40 Tahun

5 Vitamin yang Harus Dikonsumsi Pria setelah Memasuki Usia 40 Tahun

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa vitamin yang harus dikonsumsi pria setelah memasuki usia 40 tahun ke atas. Sebab faktanya, pria akan mulai kehilangan 1% testosteron per tahun ketika memasuki usia 30-an.

Sementara itu, makan makanan sehat saja belum cukup untuk memenuhi segala jenis kebutuhan vitamin & mineral. Maka untuk memenuhi kebutuhan yang tak tercukupi, Anda harus mengonsumsi beberapa vitamin tertentu.

Untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan, berikut MomsMoney merangkum sederet vitamin penting untuk pria usia 40 tahun ke atas, ini dia.

Baca Juga: Rencanakan Kehamilan, Ini 9 Hal yang Harus Dipersiapkan Wanita sebelum Hamil

Vitamin B12

B12 adalah vitamin yang harus dikonsumsi pria setelah memasuki usia 40 tahun karena akan membantu tubuh membuat sel darah merah.

Sebab, kemampuan tubuh menyerap B12 jadi berkurang seiring berkembangnya usia, dikutip dari Current Opinion in Clinical Nutrition and Metabolic Care.

Dilaporkan terdapat 6% orang dewasa usia kurang dari 60 tahun di Amerika & Inggris yang kekurangan vitamin B12. Angka ini melonjak sekitar 20% pada pria di atas 60 tahun.

Dilansir dari Solgar, vitamin B12 ditemukan pada makanan hewani seperti telur, ikan, dan unggas.

Baca Juga: 5 Vitamin yang Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan, Berbahaya Bagi Tubuh

Vitamin D

vitamin penting untuk pria usia 40 tahun

Vitamin D adalah vitamin penting untuk pria usia 40 tahun ke atas karena dapat menjaga kekuatan tulang, mencegah osteoporosis, hingga penurunan penyakit kardiovaskular.

Vitamin D juga merupakan kunci keseimbangan hormonal yang membantu mengurangi risiko kanker prostat pada pria, dikutip dari First Day.

Baca Juga: Ini yang Terjadi Pada Tubuhmu Ketika Makan Pisang Setiap Hari, Bolehkah?

Asam lemak omega-3

Vitamin penting untuk pria usia 40 tahun ke atas adalah asam lemak omega 3 yang berguna untuk kesehatan jantung, otak, dan mengurangi peradangan.

Di dalam suplemen ini, terdapat kandungan asam eicosapentaenoic (EPA) dan docosahexaenoic (DHA) yang penting untuk kesehatan jantung, sendi, dan fungsi kognitif.

Baca Juga: Sering Dianggap Baik, Waspadai Ternyata 6 Suplemen Ini Berbahaya Bagi Tubuh

Protein

Seiring bertambahnya usia, membentuk otot jadi pekerjaan yang sulit. Kurangnya protein juga dapat sebabkan massa otot jadi rendah.

Untuk para pria usia 40 tahun ke atas, Anda wajib mengonsumsi vitamin protein tambahan sebanyak 0,8 gram per kilogram berat badan Anda setiap harinya. artinya, 72 gram protein harian untuk rata-rata pria usia 40 tahun dengan berat 90,7 kg.

vitamin penting untuk pria usia 40 tahun

Baca Juga: 7 Jenis Magnesium Berbeda dan Khasiatnya bagi Tubuh, Ada yang Bisa Obati Kecemasan!

Suplemen testosteron

Testosteron penting untuk membuat pria merasa lebih jantan karena dapat meningkatkan tingkat energi & libido. Ini juga diperlukan untuk sintesis protein supaya dapat pulihkan otot sekaligus menumbuhkannya.

Vitamin penting untuk pria ini juga dapat meningkatkan otot, meningkatkan pembakaran lemak, serta menurunkan berat badan berlebih, dikutip Fit Father Project.

Baca Juga: 7 Sayuran Berdaun Hijau Paling Sehat yang Baik untuk Tubuh Anda, Apa Saja?

Ketahui efek samping

Selain mengonsumsi vitamin di atas, para pria juga diwajibkan untuk mengetahui efek samping apa sajakah yang bisa ditimbulkan.

Mulai dengan mengetahui gejala apa yang harus diwaspadai, hingga memahami risiko yang akan terjadi.

Kebanyakan vitamin tersebut harusnya benar-benar aman. Namun jika Anda merasakan adanya reaksi berbeda dalam tubuh, ada baiknya untuk menghentikan konsumsi & langsung menghubungi dokter.

Itu dia sederet vitamin penting untuk pria usia 40 tahun ke atas yang bisa dikonsumsi rutin agar badan tetap sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News