Bugar

Bisa Menyerang Orang Usia di Bawah 40 Tahun, Lakukan Pencegahan Penyakit Jantung Ini

Bisa Menyerang Orang Usia di Bawah 40 Tahun, Lakukan Pencegahan Penyakit Jantung Ini

MOMSMONEY.ID - Sangat penting untuk memahami cara-cara pencegahan penyakit jantung, termasuk bagi Anda yang berusia di bawah 40 tahun.

Penyakit jantung seringkali dianggap sebagai masalah kesehatan yang hanya menyerang orang-orang di atas usia 40 tahun. Namun, kenyataannya, kondisi ini juga bisa mempengaruhi mereka yang berada di bawah usia tersebut.

Dengan gaya hidup modern yang semakin tidak sehat membuat kasus penyakit jantung pada kelompok usia muda semakin meningkat. Menyadur dari Mayo Clinic, di bawah ini adalah sejumlah cara pencegahan penyakit jantung yang bisa Anda lakukan:

1. Menghentikan kebiasaan merokok

Langkah paling efektif yang bisa Anda ambil untuk jantung Anda adalah berhenti merokok dan menghindari semua bentuk produk tembakau. Hindari pula paparan terhadap asap rokok orang lain, karena bahan kimia dalam tembakau dapat merusak jantung dan pembuluh darah Anda.

Asap rokok menurunkan kadar oksigen dalam darah, memaksa jantung bekerja lebih keras. Berhenti merokok dapat segera mengurangi risiko penyakit jantung Anda. Bahkan setelah satu tahun tanpa rokok, risiko tersebut turun hingga hampir separuh.

Baca Juga: Wajib Waspada, Inilah Komplikasi Obesitas yang Bahaya untuk Kesehatan

2. Menjaga aktivitas fisik

Menjaga aktivitas fisik setiap hari sangat penting untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Mengontrol berat badan dan mengurangi risiko tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes adalah beberapa manfaat dari aktivitas fisik. Targetkan:

  • 150 menit aktivitas aerobik intensitas sedang per minggu, atau
  • 75 menit aktivitas aerobik intensitas tinggi per minggu, ditambah
  • Beberapa sesi latihan kekuatan setiap minggu.
  • Kegiatan sehari-hari seperti berkebun, berjalan kaki, atau naik tangga juga berkontribusi pada kesehatan jantung Anda.

3. Mengonsumsi makanan sehat untuk jantung

Pola makan yang sehat melindungi jantung Anda. Dukung kesehatan jantung Anda dengan mengonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, daging tanpa lemak, ikan, susu rendah lemak, biji-bijian utuh, dan lemak sehat seperti minyak zaitun dan alpukat. Kurangi konsumsi garam, gula, minuman manis, karbohidrat olahan, alkohol, daging olahan, dan lemak jenuh atau trans.

Baca Juga: 5 Manfaat Makan Ikan Buat Kesehatan, Kurangi Risiko Penyakit Jantung Loh

4. Menjaga berat badan sehat

Kelebihan berat badan, terutama di area perut, meningkatkan risiko penyakit jantung. Menggunakan Indeks Massa Tubuh dan ukuran lingkar pinggang dapat membantu mengevaluasi risiko. Penurunan berat badan, meskipun kecil, dapat menurunkan trigliserida dan gula darah serta mengurangi risiko diabetes tipe 2.

5. Memastikan tidur berkualitas

Tidur yang cukup dan berkualitas penting untuk kesehatan jantung. Kurang tidur meningkatkan risiko obesitas, tekanan darah tinggi, dan kondisi kesehatan lainnya. Dewasa membutuhkan minimal tujuh jam tidur per malam. Jika Anda mengalami masalah tidur, seperti apnea tidur obstruktif, konsultasikan dengan dokter Anda.

Baca Juga: Mengenal Prediabetes, Mulai Gejala hingga Penyebabnya!

6. Mengelola stres

Stres berkepanjangan dapat meningkatkan tekanan darah dan risiko penyakit jantung lainnya. Temukan cara sehat untuk mengelola stres melalui aktivitas fisik, relaksasi, atau meditasi. Jika stres berlebihan, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan.

7. Rutin melakukan tes skrining kesehatan

Pemeriksaan rutin untuk tekanan darah tinggi, kolesterol, dan diabetes membantu mendeteksi faktor risiko penyakit jantung. Pemeriksaan ini memungkinkan Anda untuk mengambil tindakan sebelum berkembang menjadi masalah yang lebih serius.

Baca Juga: Bikin Jadi Lebih Fokus, Ketahui Manfaat Tidur Siang dan Tips Melakukannya

8. Mencegah Infeksi

Beberapa infeksi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Praktik kebersihan mulut yang baik, seperti menyikat gigi dan menggunakan benang gigi, serta menjalani vaksinasi, seperti flu tahunan dan COVID-19, dapat membantu mencegah infeksi yang berdampak pada jantung Anda.

Demikianlah uraian terkait cara pencegahan penyakit jantung yang bisa Anda lakukan sejak dini, bahkan saat usia muda. Dengan melakukan cara-cara di atas, orang di bawah usia 40 tahun dapat secara signifikan mengurangi risiko penyakit jantung. Pencegahan adalah kunci utama dalam melawan penyakit jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News