Bugar

Bikin Jadi Lebih Fokus, Ketahui Manfaat Tidur Siang dan Tips Melakukannya

Bikin Jadi Lebih Fokus, Ketahui Manfaat Tidur Siang dan Tips Melakukannya

MOMSMONEY.ID - Apa saja manfaat tidur siang? Dan, adakah tips melakukannya? Mari simak pembahasan berikut ini

Dalam rutinitas yang sibuk dan penuh tekanan, tidur siang seringkali dianggap sebagai kegiatan mewah. Namun, kenyataannya, tidur siang memiliki berbagai manfaat signifikan, terutama dalam meningkatkan fokus dan produktivitas.

Bersumber dari Cleveland Clinic, di bawah ini adalah manfaat tidur siang dan tips tentang cara melakukannya dengan efektif.

Baca Juga: Ngantuk Setelah Olahraga? Intip Pro dan Kontra Tidur Siang Setelah Olahraga

Manfaat tidur siang

Tidur siang, terutama jika Anda merasa lelah setelah tidur malam yang tidak memadai, bisa sangat berguna. Menurut Dr. Gurevich, bahkan bagi mereka yang tidak kekurangan tidur, manfaat tidur siang masih signifikan.

Manfaat tidur siang, meskipun singkat, termasuk peningkatan dalam beberapa aspek seperti:

  • Suasana hati
  • Kewaspadaan
  • Waktu reaksi
  • Memori jangka pendek
  • Fokus dan konsentrasi

Untuk orang-orang yang mengalami malam yang panjang dan larut, tidur siang yang lebih lama bisa sangat membantu. Mengambil tidur siang selama satu jam atau 90 menit bisa menjadi solusi untuk mengurangi defisit tidur yang dialami.

Tidur siang dengan durasi yang lebih panjang ini juga diketahui memiliki efek positif dalam meningkatkan memori dan kreativitas.

Baca Juga: Kenapa Habis Olahraga Jadi Ngantuk, Ternyata Ini Alasannya

Tips melakukan tidur siang

Jika Anda memutuskan untuk mencoba tidur siang, berikut ini beberapa tips yang dapat membantu Anda memaksimalkan keuntungannya:

1. Mengatur alarm

Untuk mencegah tidur siang berubah menjadi tidur panjang, atur alarm untuk bangun setelah 20 atau 30 menit. Ini akan membantu menjaga durasi tidur siang agar tidak berlebihan.

2. Tidur siang lebih awal

Menghindari tidur siang terlalu larut sangat penting agar tidak mengganggu tidur malam. Dr. Gurevich menyarankan untuk tidur siang lebih awal di siang hari untuk menjaga pola tidur malam yang sehat.

Baca Juga: Cara Mengatasi Susah Tidur Secara Alami, Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak!

3. Menyiapkan lingkungan tidur

Sama seperti tidur malam, lingkungan tidur yang nyaman sangat penting untuk tidur siang.

Siapkan selimut yang nyaman dan cari tempat yang sejuk, tenang, dan gelap untuk beristirahat. Kebisingan, cahaya, dan suhu yang tidak nyaman dapat mengganggu kualitas tidur, meskipun Anda mungkin tidak menyadarinya selama tidur siang.

Nah, itulah penjelasan mengenai manfaat tidur siang beserta tips melakukannya. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda dapat menerapkan beberapa tips di atas. Jadi, sudah siap untuk tidur siang sekarang?

Selanjutnya: Ngantuk Saat di Kantor? Power Nap dalam 30 Menit Solusinya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News