AturUang

Berikut Tips Mengatasi Stress untuk Karyawan

Berikut Tips Mengatasi Stress untuk Karyawan

MOMSMONEY.ID - Dalam bekerja, hampir semua pegawai memiliki kewajiban dan hak dalam pekerjaanya. Namun, terkadang dalam menjalankan tugasnya, ada saja beban pekerjaan yang berlebihan di kantor dan menjadi faktor terbesar penyebab stres pada karyawan.

Berdasarkan laporan bertajuk Workplace Health Report 2024 yang dirilis oleh platform yang fokus pada isu kesejahteraan karyawan, Champion Health, sebanyak 79% karyawan mengalami stress di tempat kerja.

Selain beban pekerjaan yang berlebihan, ruang gerak yang dibatasi dan minimnya dukungan dari rekan kerja menjadi penyebab utama timbulnya stres. Sedangkan dari sisi eksternal, faktor penyebab timbulnya stres pada karyawan adalah isu finansial (41%), relationship (34%) dan parenting (27%). 

Dede Hikmat Adhari selaku Employee Benefit Director PT Barron Pandu Abadi (BPA Insurance Broker) mengatakan hal ini kian menegaskan bahwa memastikan karyawan merasa dihargai dan didukung adalah langkah krusial dalam menciptakan lingkungan kerja yang produktif dan harmonis.

"Oleh karena itu, menciptakan lingkungan kerja yang positif adalah sebuah keharusan bagi perusahaan. Karena tidak hanya dapat mengurangi tingkat stres, namun juga dapat membantu meningkatkan produktivitas dan kinerja karyawan,” ujarnya dalam keterangan resminya.

Dede mengidentifikasi empat langkah penting yang dapat dilakukan perusahaan untuk mempersiapkan lingkungan kerja yang baik bagi karyawan

Baca Juga: Sering Mengganggu Aktivitas, Begini 10 Cara Mengatasi Anxiety yang Efektif

Memastikan karyawan bekerja sesuai keahlian dan minat

Menempatkan karyawan dalam posisi yang tepat dan lingkup kerja yang sesuai dapat membuat mereka mengeluarkan versi terbaik diri mereka. Masih menurut laporan Champion Health tersebut, beban kerja menjadi faktor internal terbesar penyebab stres di tempat kerja, yaitu sebesar 65%. Maka dari itu, penting untuk memastikan bahwa karyawan berada di posisi yang tepat dengan beban kerja yang wajar

Langkah ini bisa meningkatkan komunikasi dan sinergi, baik secara individu maupun antar tim. Ketika karyawan merasa mereka berada di tempat yang tepat, mereka lebih mungkin untuk berkolaborasi secara efektif dan saling mendukung. Dengan demikian, dinamika kerja yang positif tercipta, dan pada akhirnya berdampak pada produktivitas dan keberhasilan keseluruhan perusahaan.

Mendukung pengembangan diri dan karir karyawan

Memberikan kesempatan bagi karyawan untuk terus belajar dan berkembang melalui pelatihan dan program pengembangan dapat meningkatkan kompetensi mereka. Hal ini juga menunjukkan bahwa perusahaan berkomitmen terhadap pertumbuhan profesional mereka, yang dimana dapat meningkatkan loyalitas dan kepuasan kerja.

Karyawan yang merasa dihargai dan didukung dalam pengembangan karier mereka cenderung memiliki motivasi yang lebih tinggi untuk membantu mencapai tujuan-tujuan perusahaan.

Menawarkan fasilitas kerja yang mendukung

Menyediakan fasilitas seperti area hiburan untuk mengurangi kepenatan, atau mengadakan aktivitas rutin seperti olahraga bersama, tidak hanya membuat karyawan sehat secara fisik dan mental, tetapi juga meningkatkan kekompakan antar karyawan.

Dengan demikian, dapat tercipta lingkungan kerja yang nyaman dan kondusif. Namun, hal ini juga harus diselingi dengan evaluasi berkala untuk memastikan program yang ada berjalan dengan efektif dan memberikan manfaat optimal, serta menggunakan umpan balik karyawan untuk terus memperbaiki dan menyesuaikan program sesuai dengan kebutuhan mereka.

Baca Juga: Batuk Berkepanjangan, Ini yang Harus Anda Lakukan

Menyediakan program employee benefit yang komprehensi

Menyediakan program kesejahteraan karyawan (employee benefit) yang mencakup asuransi kesehatan adalah langkah yang krusial. Dengan begitu, karyawan merasa dihargai dan terlindungi, yang secara langsung dapat mengurangi stres terkait masalah kesehatan.

Dengan kesehatan yang terjaga, karyawan dapat lebih fokus dan termotivasi dalam menjalankan tugas-tugas mereka. Bahkan, dalam jangka panjang, program employee benefit bisa meningkatkan loyalitas dan retensi mereka.

Dede menekankan pentingnya investasi pada tunjangan karyawan untuk mencapai kesejahteraan di tempat kerja. "Kami percaya bahwa karyawan yang sehat dan bahagia adalah aset terbesar perusahaan.

Setelah memberikan tunjangan yang komprehensif dan menciptakan lingkungan kerja yang positif, perusahaan tidak hanya dapat meningkatkan produktivitas tetapi juga memastikan loyalitas dan kepuasan karyawan dalam jangka panjang," ujar Dede.

Melalui komitmennya dalam memberikan solusi asuransi dan program employee benefit, BPA terus berupaya membantu perusahaan menciptakan lingkungan kerja yang mendukung dan produktif, serta menjembatani akses terhadap produk-produk asuransi yang tepat. Untuk memberikan manfaat asuransi terbaik sesuai dengan kebutuhan, BPA bekerja sama dengan lebih dari 40 perusahaan asuransi nasional dan internasional.

Dede bilang BPA saat ini dipercaya untuk membantu program employee benefit bagi lebih dari 250 nasabah korporasi, yang mencakup lebih dari 18 ribu karyawan dan peserta. Perusahaan yang menjadi rekanan BPA datang dari lini bisnis atau industri yang berbeda-beda, beberapa di antaranya yakni perusahaan pertanian dan pangan multinasional dengan premi lebih dari Rp 15 miliar, perusahaan media, minyak dan gas, pertambangan, manufaktur, penerbangan hingga perbankan.

Baca Juga: 5 Benda yang Bisa Mendatangkan Stres di Rumah, Apa Saja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News