Keluarga

Begini Cara Jual Rumah supaya Cepat Laku

Begini Cara Jual Rumah supaya Cepat Laku

MOMSMONEY.ID - Menjual rumah saat ini terlihat sebagai salah satu opsi yang menguntungkan. Tapi, bagaimana cara jual rumah supaya cepat laku?

Saat ini, harga rumah terus meningkat. Jika Anda memiliki rumah yang sudah tak terpakai dan sedang membutuhkan biaya besar, maka menjualnya adalah pilihan yang cukup realistis. 

Namun, menjual rumah tak seperti menjual kacang. Dengan naiknya harga properti yang sangat tinggi, sulit juga untuk menjual rumah dengan cepat.

Baca Juga: Begini Cara Mendesain Rumah Pakai Meja Kursi Vintage 2024!

Melansir Real Simple, begini cara jual rumah supaya cepat laku:

Pahami konsumen atau pasar

Di waktu dan lokasi yang berbeda ada perbedaan konsumen atau pasar yang perlu Anda pahami saat akan menjual rumah.

Misalnya, orang yang mencari rumah di pedesaan lebih suka dengan rumah yang halamannya luas. Sementara yang mencari di kota, maka mencari rumah semurah mungkin. 

Penting untuk memahami apa yang terjadi di lingkungan rumah yang akan Anda jual. Lakukan riset Anda dan gunakan agen properti berpengalaman untuk memberi wawasan kepada Anda.

Buat kesan pertama online yang baik

Tak hanya membeli skincare, saat ini banyak orang mencari rumah secara online. Sehingga, penting untuk membuat kesan pertama yang baik di situs jual beli rumah. 

Pembeli menginginkan foto rumah yang lengkap dan informatif. Pastikan foto utama adalah foto terbaik dai rumah Anda. Jika ada, gunakan fitur tur virtual rumah. 

Baca Juga: Waspada, Ini Penyebab Laba-laba Muncul di Rumah & Cara Mencegahnya

Utamakan fitur yang tepat

Gunakan fitur utama yang ingin Anda tonjolkan dalam judul listing rumah secara online. Misalkan, Anda menjual rumah dengan keunggulan dua dapur maka tulis: “Rumah berukuran 35 m2 dengan dua dapur” atau semacamnya. 

Pembeli rumah kemungkinan akan menggunakan kata kunci tertentu untuk mencari fitur yang mereka inginkan. Sehingga, menggunakan cara ini akan mempermudah rumah Anda menemukan calon pembelinya. 

Jual pada waktu yang tepat

Anda bisa mencari bulan-bulan yang tak banyak libur panjang atau tak ada perayaan besar. Melansir berbagai sumber, calon pembeli tidak akan memiliki waktu untuk membeli rumah saat Lebaran maupun Natal serta saat libur semester.

Kondisi ini terjadi karena banyak dari mereka lebih fokus pada belanja konsumtif di hari raya. Selain itu, banyak agen properti yang libur di waktu ini.

Baca Juga: 10 Tanaman Hias Meja di Dalam Ruangan untuk Menambah Dekorasi

Jual rumah dengan harga yang tepat

Jika Anda ingin menjual rumah dengan cepat maka pasang harga yang tepat. Memang ini bukan hal yang mudah. Sebanyak 84% orang Amerika Serikat saja menjual rumah dengan harga yang terlalu rendah atau terlalu tinggi. 

Sementara rumah yang diberi harga dengan benar bisa menemukan pembelinya dalam 13 hari secara nasional. Sehingga, Anda bisa mencoba menghubungi agen properti untuk bisa menetapkan harga yang tepat. 

Buat peningkatan Return On Investment yang tinggi

Banyak penjual percaya berinvestasi pada renovasi rumah dapat membantu meningkatkan harga jual. Hal ini memang bisa dilakukan namun Anda harus bisa merenovasi dengan tepat. Salah satunya memilih cat dinding abu-abu yang biasanya membuat rumah lebih menarik. 

Selanjutnya: Bursa Saham AS: Wall Street Naik Tipis, Investor Waspadai Data Inflasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News