Keluarga

Begini Cara Memilih Karpet yang Tepat untuk Rumah Moms!

Begini Cara Memilih Karpet yang Tepat untuk Rumah Moms!

MOMSMONEY.ID - Banyaknya pilihan karpet yang tersedia baik di toko online maupun offline terkadang sangat membingungkan. Kira-kira berapa ukuran yang tepat, serta pola dan bahan karpet yang bagus? Simak cara memilihnya di sini yuk!

Melansir Woman and Home, karpet yang bagus adalah hal yang penting untuk ruang tamu dan kamar tidur. Karpet berfungsi memberikan kehangatan dan tekstur yang menenangkan ke dalam ruangan. 

Baca Juga: Kompak, Harga Emas Pegadaian Naik Rp 3.000 pada Perdagangan Hari Ini 24 Juni

Karpet juga menjadi salah satu cara yang murah untuk mengubah ruang tamu atau kamar tidur jadi lebih estetik. Sehingga penting untuk mempertimbangkan ukuran, pola dan bahan karpet yang tepat.

Ini cara memilih karpet yang tepat untuk rumah
Karpet yang besar dan berkualitas tinggi adalah investasi yang bagus. Namun  tak salah juga jika Anda memilih karpet yang relatif murah dan bisa dijual-belikan lagi saat bosan.

Ukuran karpet yang sesuai
Moms mungkin membutuhkan karpet yang cukup besar dari yang Anda pikirkan. Secara umum, karpet bisa membuat ruangan seimbang secara visual dengan memposisikan kaki depan furnitur di atas karpet.

Sehingga jika furnitur Anda menempel pada dinding, maka pilih karpet yang bisa menggapai kaki depan seluruh furnitur yang ada di rumah. Namun jika furnitur lebih terpusat maka pilih karpet yang busa berada di bawah semua kaki furnitur. 

Karpet yang lebih besar juga bisa membuat ruang tamu yang terbatas jadi lebih apik dan terlihat profesional. Namun pastikan karpet Anda tidak membuat pintu tersangkut saat harus membuka-tutup akses jalan masuk tersebut. 

Baca Juga: Promo Waroeng Steak HUT Jakarta ke-497, Steak Serba Rp 49.700 Edisi 24-28 Juni 2024

Bahan karpet
Sangat mudah untuk mengabaikan bahan karpet, namun Moms jangan sampai terlewat. Salah memilih bahan karpet bisa membuat Anda repot sendiri. 

Para ahli merekomendasikan untuk memeriksa terlebih dahulu cara karpet dibersihkan sebelum menggunakannya. Pilih karpet yang mudah dibersihkan jika Anda memiliki anak dan hewan peliharaan. Serta jika karpet diletakkan di ruang makan dan ruang tamu. 

Anda bisa menggunakan wol yang tahan banting dari noda. Sedangkan sutra sangat lembut dan sering memiliki detil yang rumit. 

Memilih pola karpet
Karpet adalah cara yang cerdas untuk menambahkan pola di dalam ruangan. Mulai dari zig-zag, garis dan pola geometris. Untuk memilih pola karpet, gunakan skala pola yang berbeda pada ruangan. 

Sebagai contoh jika sofa Anda tidak berpola tetapi lebih menunjukkan tekstur, maka gunakan pola berskala kecil. Kemudian, gunakan pola berskala medium pada karpet atau sarung bantal dan pola berskala besar di benda lainnya. Jika semua pola memiliki skala yang sama maka ruangan akan terlihat penuh. 

Baca Juga: Promo Gajian BCA x Pizza Hut 25-27 Juni 2024, Beli 1 Dapat 2 Loyang Pizza

Tentukan lokasi yang tepat
Pikirkan di mana karpet akan diletakkan sebelum menatanya. Karpet persegi panjang di dapur dan lorong harus lebih tahan lama dan mudah dibersihkan dari pada karpet di bawah tempat tidur. 

Jika ada banyak lalu-lalang pada karpet, gunakan karpet yang tahan lama. Sedangkan untuk di ruangan yang tidak banyak lalu-lalang Abda bisa menggunakan karpet yang lebih murah dan kurang tahan lama. 

Memilih bentuk karpet
Karpet goni besar berbentuk melingkar atau persegi panjang benar-benar bisa mengubah ruang tamu. Karpet yang berbentuk bulat sangat cocok untuk melembutkan ruangan dan mengimbangi tepi furnitur yang keras. Kemudian karpet persegi panjang harus berada di bawah furnitur persegi panjang dan karpet bundar di bawah meja bundar.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News