Santai

Awas Ini 4 Risiko Makan Daging Kambing Berlebihan, Cek di Sini

Awas Ini 4 Risiko Makan Daging Kambing Berlebihan, Cek di Sini

MOMSMONEY.ID - Jika dikonsumsi terlalu banyak dan berlebihan, daging kambing juga bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan, loh.

Bagi yang suka mengonsumsi daging kambing tentu sudah mengetahui bahwa ada dampak buruk jika mengonsumsinya secara berlebihan.

Meski ada juga manfaat yang diperoleh, namun makan daging kambing secara berlebihan bisa memberi dampak buruk bagi kesehatan.

Apa saja, sih, dampak buruk makan daging kambing secara berlebihan buat kesehatan? Ini dia jawabannya.

Baca Juga: Muncul Jerawat Bisa Jadi Tanda Usus Kotor, Cek Tanda Lainnya di Sini

Rasa terlalu kuat

Sudah bukan rahasia bahwa daging kambing memiliki rasa yang lebih kuat dibanding jenis daging lainnya. Daging kambing juga memiliki aroma yang lebih lekat dan susah untuk dihilangkan saat dimasak.

Hal ini yang kemudian membuat beberapa orang kurang menyukai daging kambing. Juga, karena daging kambing tidak terlalu berlemak, jika tidak dimasak dengan baik maka akan menjadi sangat keras dan tidak enak untuk dimakan.

Risiko kanker

Risiko kanker bisa muncul karena terlalu banyak mengonsumsi daging merah, seperti salah satunya adalah daging kambing.

Laman Health Line menjelaskan bahwa ketika daging merah dibakar atau dimasak “matang” pada suhu yang sangat tinggi, hal ini dapat mengakibatkan pembentukan amina heterosiklik (HCA) dan amina polisiklik (PAH).

HCA dan PAH merupakan bahan kimia yang diduga meningkatkan risiko kanker pada manusia.

Baca Juga: 6 Minuman Sehat Pengganti Kopi Ini, Bisa Tambah Energi Juga lo

Penyakit menular lainnya

Karena daging kambing tidak berlemak dan memiliki tekstur yang alot, maka makanan ini perlu diproses masa dengan baik. Sebab jika tidak, potensi penularan penyakit zoonosis bisa muncul.

Melansir laman Medicine Net, penyakit yang ditularkan melalui makanan bisa menular bukan hanya dari konsumsi daging yang terkontaminasi, namun juga saat menangani atau mengolah daging tersebut.

Toksoplasmosis adalah penyakit paling serius yang ditularkan melalui daging kambing, terutama pada orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah dan wanita hamil.

Tidak bisa dikonsumsi sembarangan

Daging kambing tidak bisa dikonsumsi beberapa orang dengan kondisi tertentu sebab bisa menyebabkan masalah kesehatan serius. Kondisi tersebut antara lain:

  • Orang dengan penyakit liver: daging kambing tinggi protein sehingga bisa merusak fungsi hati jika terlalu banyak dikonsumsi.
  • Orang yang menghasilkan banyak panas: kondisi demam, berdahak, sakit gigi, maag, jerawat, atau wasir sebaiknya hindari makan daging kambing karena dapat memperburuk masalah tersebut.
  • Anak-anak: karena hati dan ginjal anak-anak belum mampu menerima terlalu banyak protein.

Ada baiknya untuk selalu mengonsumsi daging kambing secukupnya saja, ya, agar dampak buruk tersebut tidak dirasakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News