Santai

6 Minuman Sehat Pengganti Kopi Ini, Bisa Tambah Energi Juga lo

6 Minuman Sehat Pengganti Kopi Ini, Bisa Tambah Energi Juga lo

MOMSMONEY.ID - Untuk menambah energi tak selalu bisa dilakukan dengan mengonsumsi kopi. Coba minuman alternatif pengganti kopi berikut ini, yuk.

Kopi dikenal sebagai minuman yang bisa menambah energi untuk beraktivitas dan biasa diminum saat pagi hari.

Namun, tak semua orang bisa menikmati kopi karena faktor kesehatan dan hal lainnya.

Bagi yang sedang mencari alternatif minuman penambah energi seperti kopi, ada beberapa jenis minuman lain yang bisa dikonsumsi.

Baca Juga: Pelari Pemula Wajib Tahu Istilah dalam Olahraga Lari Ini ya

Green tea

Minuman teh hijau asal Jepang ini bisa dijadikan alternatif pengganti kopi untuk menambah energi. Green tea mengandung 70% kafein lebih rendah dari kopi yang tentunya lebih aman dikonsumsi dibanding kopi.

Minuman ini juga efektif untuk membakar lemak di tubuh dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti gangguan jantung dan diabetes.

Kakao

Jika ingin menikmati rasa pahitnya kopi, maka minuman yang berasa dari kakao ini bisa dipilih. Minuman cokelat dari biji kakao murni mengandung flavanols yang baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Menurut studi yang dikutip dari laman Forbes Health, asupan teratur minuman yang mengandung flavanols kakao dalam jumlah tinggi bisa membantu meningkatkan daya ingat dan mendukung fungsi kognitif pada orang dewasa.

Baca Juga: Mau Vagina Sehat dan Subur? Konsumsi 5 Makanan Ini Saja

Spearmint tea

Dikenal sebagai teh yang bisa meregulasi hormon, siapa sangka spearmint tea juga bisa diminum sebagai pengganti kopi.

Meski tidak mengandung kafein seperti green tea, spearmint tea mengandung senyawa fenolik ampuh untuk meningkatkan konsentrasi, mendukung memori jangka pendek otak, serta kemampuan menggunakan dan mengelola informasi.

Air lemon

Meningkatkan energi di pagi hari tak selalu harus diawali dengan mengonsumsi kopi, ya. Untuk pilihan yang lebih mudah dan sehat, air lemon bisa dipilih.

Minum air lemon di pagi hari efektif untuk meningkatkan anti oksidan dan menambah asupan vitamin C. Keduanya bagus untuk meningkatkan sistem imun tubuh dan melindungi kulit dari kerusakan.

Baca Juga: Bukan Cuma Roti Gandum, Ada 4 Jenis Roti Sehat Lain yang Rendah Kalori

Matcha

Matcha adalah salah satu jenis teh hijau yang dibuat dengan cara mengukus, mengeringkan dan menggiling daun tanaman Camellia Sinensis menjadi bubuk halus.

Melansir laman Health Line, dengan mengonsumsi seluruh bagian dari daun tersebut, antioksidan akan lebih banyak diperoleh tubuh.

Untuk diingat, karena menggunakan semua bagian daun, maka matcha bisa mengandung lebih banyak kafein dibanding green tea dan kopi. Maka dari itu, perhatikan porsi saat mengonsumsinya, ya.

Teh hitam

Bukan cuma teh hijau, cobalah konsumsi teh hitam sebagai pengganti kopi. Teh hitam mengandung lebih banyak kafein dibanding green tea namun lebih sedikit dari kopi.

Menurut penelitian, teh hitam juga memiliki potensi untuk menekan risiko penyakit jantung, loh.

Sebagai alternatif jika menyukai rempah, Anda bisa membuat minuman chai latte dengan bahan teh hitam yang dicampur susu serta rempah biji kapulaga, kayu manis, jahe, cengkeh, hingga lada.

Nah, itulah tadi beragam jenis minuman pengganti kopi yang tentunya bisa dikonsumsi siapa pun yang ingin mengurangi asupan kafein.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News