Keluarga

Atur Suhu Ruangan, Tiru 7 Cara Mengusir Gerombolan Lalat Supaya Menjauh dari Rumahmu

Atur Suhu Ruangan, Tiru 7 Cara Mengusir Gerombolan Lalat Supaya Menjauh dari Rumahmu

MOMSMONEY.ID - Segerombolan lalat yang berdatangan keluar masuk ke dalam rumahmu bisa jadi bencana fatal sekaligus sumber awal terjadinya penyakit diare dan sebagainya. Sebab lalat-lalat ini bisa bertelur secara cepat di atas makanan manusia.

Melansir Latestly.com, lalat mampu menyebarkan lebih dari 200 patogen & parasit berbehaya dari sampah & kotoran, serta membuat makanan rawan basi seperti buah & daging jadi mudah membusuk.

Dalam kondisi ideal, lalat dapat berkembang biak dalam waktu hanya kurang dari seminggu. Semakin hangat lingkungannya, maka semakin cepat para lalat tumbuh dari fase telur ke fase lalat dewasa.

Untuk menghindarinya, mari ikuti sederet cara mengusir lalat dari rumahmu.

Baca Juga: Banyak Lalat di Rumah? Usir Lalat Pakai 2 Perangkap yang Mudah Dibuat

Menjaga kebersihan

Menjaga kebersihan dapur & rumah sendiri adalah bagian terpenting mencegah adanya lalat yang sulit dibasmi. Sebab lalat biasanya menempel di tempat-tempat berbau, entah makanan maupun tempat sampah.

Namun kadang kala lalat muncul bukan karena rumah kotor, melainkan akibat dari lingkungan rumah yang berada di dekat pasar atau dekat sungai.

Air daun mint

Maka mengusir lalat bisa dilakukan dengan memasang bebauan seperti wangi bunga lavender, daun mint, daun salam, ataupun kemangi yang dipasang di beberapa sudut rumah.

Namun alangkah lebih baik lagi untuk menghindari membeli rumah di lingkungan dekat pasar / sungai, supaya keluarga dapat tumbuh di lingkungan bersih dan nyaman dari segala bebauan maupun serangga.

Baca Juga: 6 Bunga Pengusir Serangga yang Mudah Dirawat

Tutup rapat wadah makanan

Simpan makanan ke dalam wadah yang tertutup rapat untuk mencegah lalat tertarik dan hinggap di atasnya. Ini juga berlaku untuk makanan kering sperti biji-bijian, makanan ringan, hingga buah & sayur.

Bersihkan hewan peliharaan

Hewan peliharaan Anda bisa jadi salah satu penyebab mengapa lalat senang datang ke rumahmu.

Liur, bekas makanan, hingga kotoran hewan peliharaan membuat lalat betah berlama-lama diam di rumah Anda. Jadi, pastikan untuk selalu membersihkan tubuh hewan peliharaan, hingga wadah makanan & minumannya.

usir lalat dari rumah

Baca Juga: 10 Tanaman Hias Pengusir Nyamuk yang Jarang Ditemui, Cocok di Musim Hujan

Gunakan light trap

Cara mengusir lalat dari rumahmu bisa dilakukan menggunakan light trap, lho! Light trap itu sendiri merupakan alat berbasis cahaya yang dapat membuat lalat tertarik memasukinya & memerangkapnya.

Jika tak memiliki light trap, Moms bisa mengakalinya dengan menggunakan bohlam kuning & pemukul lalat untuk memastikan lalat mati.

Menurut penelitian yang dilansir dari Insight pest.com, bohlam kuning efektif dapat mengusir lalat. Agar lebih efektif, pasang banyak bohlam kuning di setiap sudut rumahmu supaya lalat tak datang ke rumah.

Tutup & bersihkan tempat sampah

Lalat tumbuh subur di tempat mereka menemukan banyak sisa makanan untuk bertelur. Jika menemukan lalat yang tertarik pada tempat sampahmu, segera tutupi sampah & bersihkan dari segala kotoran & residu.

Baca Juga: Daftar Lengkap 31 Jenis Hewan Istimewa yang Tercantum dalam Al Quran

Atur suhu ruangan

AC Polyton

Cara mengusir lalat yang bisa Anda ikuti ialah dengan menurunkan suhu ruangan di rumah, baik menggunakan AC maupun kipas angin.

Melansir Today’s Home owner, tempat bersuhu hangat adalah lingkungan sempurna bagi telur lalat untuk menetas & tumbuh hingga dewasa. jika rumah Anda bersuhu hangat, maka lalat otomatis akan lebih tertarik memasuki rumahmu.

Baca Juga: Cara Mengusir Nyamuk di Kamar Secara Alami, Bisa Pakai Lemon

Pasang tirai lalat

Dilansir dari Slurrp.com, tirai lalat yang dipasang di pintu masuk cukup efektif mencegah masuknya lalat & serangga lainnya masuk ke dalam rumah.

Namun pastikan tirai lalat ini utuh & tak ada yang bolong supaya menghindari adanya lalat yang menyelinap ke sisi rumah tanpa ketahuan.

Itulah beberapa cara mengusir lalat supaya tak mendekati rumahmu. Pastikan mengaplikasikan tips-tips di atas, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News