Keluarga

10 Tanaman Hias Pengusir Nyamuk yang Jarang Ditemui, Cocok di Musim Hujan

10 Tanaman Hias Pengusir Nyamuk yang Jarang Ditemui, Cocok di Musim Hujan

MOMSMONEY.ID - Nyamuk di musim hujan kerap sekali berkumpul di dalam rumah. Anda perlu pengusir nyamuk yang alami tanpa bahan kimia?

Ada beberapa tanaman hias pengusir nyamuk yang jarang ditemui. Tanaman hias pengusir nyamuk ini dapat Anda rawat di dalam maupun di luar rumah.

Biasanya, tanaman hias pengusir nyamuk memiliki aroma herbal seperti serai. Hal tersebut dikarenakan nyamuk tidak menyukai aroma herbal. 

Baca Juga: Daftar Tanaman Hias Indoor yang Cocok untuk Musim Hujan, Bisa Disimpan di Dalam Rumah

Lalu, apa saja tanaman hias pengusir nyamuk yang jarang ditemui?

Mengutip Balcony Garden Web, berikut ini tanaman hias pengusir nyamuk yang jarang ditemui. 

1. Marigold

Calendula mengeluarkan aroma musky yang membuat nyamuk menjauhi lingkungan sekitar. 

Menurut sebuah penelitian, minyak esensialnya dapat memberi Anda perlindungan selama 2,15 jam dari serangga ini, menjadikannya salah satu tanaman pengusir nyamuk terbaik. 

2. Bunga Benang

Termasuk dalam genus ageratum, bunga tanaman pengusir nyamuk ini mengandung senyawa pengusir nyamuk yang disebut kumarin, yang juga digunakan dalam pembuatan pestisida. Selain bisa mengusir nyamuk, tanaman pengusir nyamuk berbulu halus ini juga cocok dijadikan tanaman penutup tanah.

3. Catnip

Kucing Makan Catnip

Mencari Tanaman yang bisa mengusir nyamuk dan lalat ? Catnip tidak bisa diabaikan ketika berbicara tentang tanaman pengusir nyamuk, mengandung senyawa kimia nepetalactone, yang juga mengusir kecoa darinya. Bau catnip 10 kali lebih efektif mengusir nyamuk. 

4. Rosemary

Pencarian Anda untuk Tanaman apa yang mengusir nyamuk telah berakhir! Daun dan bunga rosemary yang harum cocok jika Anda sedang mencari Tanaman pengusir nyamuk.

Ramuan ini tidak hanya digunakan dalam masakan tetapi juga untuk membasmi serangga pengganggu, berkat aromanya yang kuat.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Tanaman Hias Tetap Sehat saat Musim Hujan

5. Kayu Putih

Eucalyptus, khususnya Eucalyptus globulus dan Eucalyptus citriodora, berfungsi sebagai penghalang terhadap nyamuk, kutu daun, lalat, dan kumbang. 

Daun mint yang sejuk dan aroma seperti pinus dari pohon ini menjadikannya salah satu tanaman pengusir nyamuk terbaik di dalam ruangan. 

6. Tansy

Mencari tanaman tahunan yang bisa mengusir nyamuk ? Tansy mengeluarkan aroma yang kuat dan khas yang tidak disukai nyamuk. Ini adalah pilihan tanaman pengusir nyamuk abadi yang dapat tumbuh subur di berbagai kondisi taman.

7. Oregano

Daun oregano yang harum tidak hanya mempercantik masakan kuliner Anda tetapi juga mengusir nyamuk jika ditanam di taman Anda.

8. Cengkeh

Aroma cengkeh yang kuat dan berasal dari eugenol menjadikannya salah satu tanaman pengusir nyamuk alami. Anda bisa menggunakan cengkeh utuh atau minyak esensial cengkeh untuk mengendalikan nyamuk.

Baca Juga: Tanaman Hias Kedinginan di Musim Hujan, Begini Cara Merawat Tanaman agar Hangat

9. Kemangi

Aroma kemangi yang kuat, terutama varietas seperti kemangi lemon dan kemangi kayu manis, dapat membantu mengusir nyamuk. Ditambah lagi, ini adalah ramuan serbaguna untuk keperluan kuliner.

10. Krisan

Krisan mengandung piretrin, pengusir serangga alami yang digunakan dalam banyak produk pengusir nyamuk komersial. Tanam di taman Anda atau simpan bunga krisan dalam pot di teras rumah Anda untuk mengusir nyamuk secara efektif.

Nah itulah beberapa tanaman hias pengusir nyamuk yang jarang ditemui. Anda bisa menanam dan menempatkan tanaman hias pengusir nyamuk di sekitar rumah Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News