Keluarga

Cara Mengusir Nyamuk di Kamar Secara Alami, Bisa Pakai Lemon

Cara Mengusir Nyamuk di Kamar Secara Alami, Bisa Pakai Lemon

MOMSMONEY.ID - Nyamuk adalah hewan yang cukup mengganggu waktu tidur Anda. Lalu, bagaimana cara mengusir nyamuk di kamar secara alami? 

Sebenarnya, Moms bisa mengusir nyamuk dengan cara memakai produk pengusir nyamuk di pasaran. Namun, ternyata produk ini dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan. 

Melansir Alodokter, penggunaan obat nyamuk semprot bisa menyebabkan sesak napas, batuk-batuk, muntah bahkan kehilangan kesadaran. Risiko ini timbul karena kandungan piretrin pada produk obat nyamuk semprot. 

Bahkan partikel polusi yang dihasilkan oleh obat nyamuk bakar sama bahayanya dengan pembakaran sekitar 100 batang rokok. Sedangkan emisi formaldehida sama dengan pembakaran 50 batang rokok.

Baca Juga: Suka Pakai AC? Awas, Ini 5 Efek Negatif Penggunaan AC untuk Kesehatan Kulit

Nah, salah satu cara yang tidak menimbulkan bahaya adalah mengusir nyamuk secara alami. 

Bagaimana cara mengusir nyamuk secara alami? 

Pertama, cara mengusir nyamuk secara alami adalah memastikan tidak ada genangan air di dalam kamar tidur. Jika ada, segera buang air tersebut karena air akan digunakan untuk nyamuk meletakkan telur atau larvanya. 

Kedua, gunakan lilin dan essential oil beraroma sitrus, lemon, lavender, basil, rosemary dan laurel. Anda bisa memilih salah satu aroma yang paling Anda sukai.

Ketiga, gunakan tanaman. Beberapa tanaman bisa mengusir nyamuk karena aromaya. Oleh karena itu, coba gunakan tanaman basil, daun mint atau rosemary.

Letakkan tanaman di dekat jendela sehingga mereka banyak menerima cahaya dan mencegah nyamuk masuk ke kamar Anda. 

Baca Juga: Cara Membagikan Profil Threads di Instagram Story biar Diikuti Banyak Orang

Keempat, gunakan lemon dan cengkeh. Ini adalah cara mengusir nyamuk yang tepat untuk ruangan yang kecil. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membelah lemon menjadi dua. Kemudian tancapkan cengkeh pada lemon. 

Kelima, gunakan semprotan bawang putih. Selain mengusir nyamuk, cairan bawang putih juga bisa digunakan untuk mengusir lalat dan serangga.

Caranya mudah, kupas dan potong kecil-kecil bawang putih. Kemudian, letakkan di air yang ada pada botol semprot. Diamkan beberapa jam sebelum Anda gunakan. 

Keenam, gunakan minyak kayu putih. Ini adalah alternatif paling baik dari menggunakan semprotan bawang putih. Jika Anda tak suka aroma bawang, gunakan minyak kayu putih.

Lalu, bisa Anda semprotkan langsung atau campurkan dengan sampo atau pelembab kulit sebelum Anda pakai ke kulit. 

Demikian cara mengusir nyamuk secara alami dari kamar tidur, melansir dari Livspace. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News