Santai

6 Bunga Pengusir Serangga yang Mudah Dirawat

6 Bunga Pengusir Serangga yang Mudah Dirawat

MOMSMONEY.ID - Menemukan serangga di dalam rumah dan sekitar rumah bisa membuat frustasi. Ternyata ada 10 bunga pengusir serangga yang mudah dirawat.

Bunga pengusir serangga ini tentunya lebih aman dibandingkan dengan pengusir serangga yang menggunakan bahan kimia. 

Menurut Jurnal Malaria, tanaman dan bunga tertentu mengandung senyawa yang dianggap beracun oleh serangga, sehingga menghasilkan pengusir nyamuk yang efektif di dalam rumah. 

Lalu, apa saja bunga pengusir serangga yang perawatannya mudah?

Baca Juga: 6 Jenis Anggrek Tanaman Hias yang Paling Mudah Dirawat, Cocok Bagi Pemula

Mengutip Housedigest, berikut ini 6 bunga pengusir serangga yang perawatannya mudah. 

1. Marigold

Pot Marigold

Marigold (Tagetes spp.) sangat populer selama musim gugur di berbagai budaya, dan penelitian yang dilakukan oleh North Carolina State University juga menunjukkan bahwa marigold dapat digunakan untuk mengendalikan pertumbuhan dan reproduksi nematoda. 

Untuk memastikan marigold Anda sehat, pastikan tanaman menerima sinar matahari langsung, memiliki cukup ruang untuk tumbuh, dan disiram saat tanah benar-benar kering. 

2. Lavender

Lavender ( Lavendula spp. ) memberikan wangi harum yang juga dapat mengusir serangga, khususnya jika dibuat menjadi minyak atsiri.

Baca Juga: Daftar Bunga Tahan Cuaca Panas Ekstrem serta Cara Merawatnya

Minyak esensial yang terbuat dari lavender mengandung linalool, senyawa ampuh yang dapat mengusir nyamuk. Musim mekarnya dimulai pada akhir musim semi dan dapat berakhir pada akhir musim gugur, dan bunga ini dapat tumbuh tinggi dan lebar hingga 24 inci. 

3. Geranium

Geranium ( Pelargonium ) merupakan bunga yang mudah tumbuh dan dapat mengusir nyamuk, kumbang, dan hama lainnya. Oleh karena itu, ekstrak geranium banyak ditemukan pada pengusir serangga alami, seperti semprotan dan lilin. 

Merawat Geranium sederhana karena tahan terhadap penyiraman yang jarang. Pastikan bunga Anda menerima banyak sinar matahari dan ditanam di tanah lempung yang subur.

4. Krisan 

Bunga Krisan ( Chrysanthemum spp. ) dapat digunakan untuk mengusir serangga. Jika Anda terus-menerus diganggu oleh nyamuk, kutu, lalat, ngengat, atau semut, para ibu dapat membantu mengusirnya karena beberapa di antaranya secara alami mengandung piretrin, pestisida yang ampuh. 

Baca Juga: Bukan Air Keran, Ini Daftar Air Terbaik untuk Menyiram Tanaman

5. Dahlia

Jika Anda mencari sesuatu untuk membebaskan taman Anda dari nematoda, dahlia ( Dahlia pinnata) mungkin merupakan pilihan bunga terbaik. Dahlia tidak hanya cantik, tetapi juga sangat membantu membasmi hama jenis ini.

Menurut ProFlowers, bunga ini membutuhkan enam jam atau lebih sinar matahari penuh penyiraman setiap hari dan mingguan. Dahlia juga tumbuh subur di tanah yang memiliki drainase yang baik. Dalam kondisi yang tepat, mereka bisa tumbuh setinggi 4 hingga 5 kaki. 

6. Rosemary 

Rosemary ( Salvia ro smarinus ) merupakan sejenis tanaman perdu dengan bunga mekar berwarna cerah yang tidak hanya berbau harum tetapi juga memiliki khasiat pengendalian hama yang ampuh.

Nah, itulah beragam bunga pengusir serangga yang mudah dirawat. Anda bisa merawat beberapa bunga di atas untuk bisa mengusir serangga secara alami. 

Selanjutnya: Tambah Pesawat Baru, Pelita Air Hadirkan Armada ke-9

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News