Keluarga

Asli atau Palsu, Ini 9 Cara Cek Keaslian Madu Murni Menurut Para Ahli

Asli atau Palsu, Ini 9 Cara Cek Keaslian Madu Murni Menurut Para Ahli

MOMSMONEY.ID - Ragu membeli madu karena takut tertipu? Mari ikuti cara-cara berikut ini untuk cek keaslian madu murni menurut para ahli.

Tak semua madu yang dijual merupakan madu murni atau madu asli. Terkadang, ada pedagang nakal yang juga menjual madu palsu/oplosan demi keutungan pribadi.

Nah kali ini MomsMoney akan membantu Anda mengetahui berbagai cara menguji keaslian madu menggunakan berbagai bahan yang simple dan mudah ditiru. Ini dia selengkapnya.

1. Uji larutan

Cara pertama menguji keaslian madu ialah melalui uji larutan menggunakan segelas air secara perlahan.

Apabila madu sampai ke dasar gelas tanpa terlarut dngan air, maka madu dapat dikatakan sebagai madu mursi/madu asli.

Baca Juga: Benarkah Minum Susu Sebelum Tidur Bikin Cepat Ngantuk? Ini Jawaban Ahli

Namun, cara ini bisa juga menghasilkan tes yang kurang akurat karena ada juga madu palsu yang menggunakan bahan super kental sehingga tak larut dalam air.

Tapi perlu Anda ketahui, ada pula madu mentah yang murni (asli). Ia memiliki konsistensi encer sehingga mudah larut dalam air.

2. Tes Busa

Cek keaslian madu dengan menambahkan 2-3 tetes sari cuka ke dalam madu, kemudian aduk rata.

Melansir India.com, apabila hasilnya berbusa hanya dalam 2-3 menit, maka produk madu Anda tergolong madu palsu/oplosan, karena sudah ditambahkan dengan bahan lain.

Baca Juga: Misteri Penyebab Keju Swiss ala Tom n Jerry Selalu Berlubang, Ternyata Karena Ini

3. Uji menggunakan api

Keaslian madu bisa dicek menggunakan uji nyala api. Lantas, bagaimana cara melakukannya?

Mengutip Redcliffe Labs, Anda hanya perlu mencelupkan sebatang korek api ke dalam madu, lalu nyalakan korek api & lihatlah hasilnya.

Jika madu tersebut merupakan madu palsu, maka korek api akan susah menyala. Namun jika madu tersebut madu asli / madu murni, maka korek akan mudah terbakar.

Air madu

4. Lihat tekstur

Jika Anda menemukan madu yang Anda beli berubah menjadi encer ketika dihangatkan, maka besar kemungkinan madu tersebut palsu. Madu asli biasanya kental.

Baca Juga: 6 Penyebab Perut Mudah Lapar Berdasarkan Penjelasan Ilmiah

5. Tes sarang lebah

Seperti yang kita ketahui, sarang lebah memiliki bentuk heksagonal atau persegi enam. Anda juga dapat menguji keaslian madu lewat cara yang satu ini.

Pertama-tama, ambil madu dan taruh ke dalam mangkuk. Kemudian tambahkan air ke dalamnya & putar searah jarum jam. Apabila ketika diputar air berbentuk heksagonal (persegi enam), maka dapat dipastikan madu tersebut merupakan madu asli.

6. Tes jempol

Untuk menguji keaslian madu, Anda bisa menggunakan ibu jari. Coba teteskan madu ke ibu jari Anda. apabila meleleh atau tumpah, maka madu tersebut tidak asli / oplosan. Madu asli seharusnya kental & tidak menetes.

Baca Juga: Kenapa Bayam yang Menghitam Sebabkan Racun? Ini 5 Tips Menghindarinya

7. Uji Panas

Melalui uji panas, Anda dapat mengetahui apakah madu yang Anda beli termasuk madu asli atau madu palsu.

Caranya, cukup dipanaskan. Melansir lybrate, Madu murni jika dipanaskan akan berubah menjadi karamel. Sementara madu oplosan cenderung akan membentuk gelembung pada saat dipanaskan. Ia juga tak akan berubah menjadi karamel.

Madu

8. Tes kertas tisu

Tisu dapat menjadi salah satu bahan penguji keaslian madu. Tahapannya sangat mudah, hanya dengan meneteskan madu pada selembar tisu.

Apabila madu terserap & meninggalkan noda basah atau pertanda air pada tisu tersebut, maka dapat dipastikan madu tersebut adalah madu palsu & bukan madu murni.

Baca Juga: 6 Cara Menarik Perhatian Orang dalam Waktu Singkat, Wajib Dicoba Sehari-hari!

9. Tes roti

Punya roti di rumah? Coba tes keaslian madu menggunakan roti tersebut, yuk!

Anda hanya perlu mengoleskan madu pada selembar roti & biarkan selama beberapa menit. Apabila roti jadi mengerasi, maka madu tersebut merupakan madu asli.

Sebaliknya, madu palsu yang menggunakan bahan tambahan akan membuat roti tetap lembut & lembap.

Itulah berbagai cara menguji keaslian madu yang Anda beli. Lakukan seluruh cara di atas apabila Anda masih ragu madu yang Anda beli asli atau palsu.

Selanjutnya: Kompeten di Bidangnya, Siswa SMKPP Kementan Raih Kompetensi Pertanian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News