Keluarga

6 Penyebab Perut Mudah Lapar Berdasarkan Penjelasan Ilmiah

6 Penyebab Perut Mudah Lapar Berdasarkan Penjelasan Ilmiah

MOMSMONEY.ID - Perut keroncongan tak semata-mata karena ingin makan. Ternyata ada banyak penyebab mengapa perut jadi mudah lapar

Mulai dari rasa stres, kurang tidur, atau sesederhana kurang minum pun nyatanya membuat perut jadi mudah lapar. Apabila hal ini terus menerus terjadi, maka akan membuat pola makanmu jadi terganggu.

Lantas, apa kata ahli tentang nafsu makan yang besar & perut yang mudah lapar? Melansir dari Food and Wine dan Okadoc, selengkapnya.

Baca Juga: Cepat Mengantuk Setelah Makan? Tenyata Ini Penyebabnya

Kurang minum

Dehidrasi

Air dapat membuat perut jadi kenyang & memiliki kemampuan mengurangi nafsu makan bila dikonsumsi sebelum waktunya makan.

Terkadang, banyak orang yang salah mengartikan rasa haus dengan rasa lapar. Jika Anda selalu lapar, mungkin lebih baik minum 1 atau 2 gelas air untuk mengetahui apakah Anda haus atau benar-benar lapar.

Baca Juga: Inilah Alasan Mengapa Nanas Perlu Direndam Air Garam

Terlalu banyak duduk

Berhati-hatilah jika Anda memiliki kegiatan yang mengharuskanmu untuk duduk sepanjang hari. Sebab terlalu banyak duduk dapat sebabkan rasa lapar yang terus menerus.

Penelitian menemukan bahwa orang yang duduk dalam jangka waktu lama cenderung jadi mudah lapar dibandingkan orang-orang yang aktif bergerak kesana kemari.

Jadi untuk mencegah rasa lapar terus berulang hadir, maka bergeraknya sesekali setiap 30 menit hanya untuk peregangan ataupun pergi ke toilet.

Kurang konsumsi protein

Kacang asin

Baca Juga: 6 Cara Menarik Perhatian Orang dalam Waktu Singkat, Wajib Dicoba Sehari-hari!

Salah satu penyebab perut mudah lapar adalah karena kurang mengonsumsi protein & lemak seperti kacang-kacangan atau alpukat.

Keri Gans, seorang penulis The Small Change Diet dalam Food and Wine mengatakan bahwa manusia mencerna karbohidrat secara cepat. Namun tubuh akan lambat saat mencerna protein & lemak sehingga membuat perut jadi kenyang lebih lama.

Stres berat

Stres berlebihan dapat membuatmu jadi mudah lapar. Sebagian besar disebabkan karena efek peningkatan kadar kortisol, yakni hormon yang terbukti dapat meningkatkan rasa lapar.

Untuk mengurangi perut yang mudah lapar, disarankan untuk rutin melakukan meditasi agar tingkat stres bisa menurun.

Baca Juga: Benarkah Minum Susu Sebelum Tidur Bikin Cepat Ngantuk? Ini Jawaban Ahli

Kurang tidur

Kurang tidur

Tidur bukan cuma berfungsi bagi otak & kekebalan tubuh, tapi juga seringkali dikaitkan dengan risiko terkena jantung & kanker.

Tidur yang cukup merupakan salah satu faktor dalam pengendalian nafsu makan karena membantu mengatur ghrelin, yakni hormon perangsang nafsu makan.

Kurang tidur menyebabkan tingginya kadar hormon ghrelin sehingga Anda jadi mudah lapar saat kurang tidur.

Baca Juga: Misteri Penyebab Keju Swiss ala Tom n Jerry Selalu Berlubang, Ternyata Karena Ini

Metabolisme tubuh cepat

Sebanyak 32% orang di dunia ini memiliki metabolisme yang cepat. Mtabolisme yang cepat seringkali dikaitkan dengan rasa lapar & BAB yang lancar.

Penelitian telah membuktikan bahwa metabolisme yang cepat akan membuat perut jadi mudah lapar. Semakin cepat metabolisme tubuh bekerja, semakin sering rasa lapar muncul tiba-tiba.

Demikianlah alasan ilmiah penyebab perut jadi mudah lapar berdasarkan ahli. Semoga tips-tips di atas bisa bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News