Bugar

Apakah Kopi Menyebabkan Asam Lambung? Cek Faktanya di Sini

Apakah Kopi Menyebabkan Asam Lambung? Cek Faktanya di Sini

MOMSMONEY.ID - Jadi pertanyaan, apakah kopi menyebabkan asam lambung? Di sini ulasan lengkapnya!

Bagi banyak orang, kopi adalah minuman yang tak tergantikan dalam memulai hari. Rasanya yang pahit dan aromanya yang khas membuatnya menjadi favorit di seluruh dunia.

Namun, ada pertanyaan yang sering muncul terkait kopi: apakah kopi menyebabkan asam lambung naik? Bagi mereka yang memiliki masalah dengan asam lambung, pertanyaan ini sangat penting. Mari kita telusuri faktanya.

Baca Juga: Efek Samping Minum Es Teh Berlebihan Apa Saja, ya? Mari Intip Ulasannya di Sini

Apakah Kopi Menyebabkan Asam Lambung?

Kafein yang terdapat dalam kopi dapat menjadi penyebab asam lambung naik. Kafein bisa membuat sfingter esofagus bagian bawah (LES) menjadi lebih rileks, yang memungkinkan asam lambung naik ke kerongkongan.

Sebuah penelitian tahun 2019 pada wanita menunjukkan bahwa minum kopi, teh, dan soda meningkatkan risiko asam lambung. Menggantinya dengan air dapat mengurangi risiko tersebut.

Namun, penelitian lain di tahun yang sama pada pria tidak menemukan hubungan antara minum kopi atau teh dengan refluks asam atau esofagitis erosif (EE).

Meskipun hasil penelitian berbeda-beda, jika Anda mengalami gejala asam lambung, mengurangi konsumsi minuman berkafein seperti kopi, teh, dan soda bisa membantu mencegah timbulnya gejala.

Menurut American College of Gastroenterology, salah satu makanan dan minuman yang memicu asam lambung adalah kafein. Oleh karena itu, mengurangi konsumsi kafein dapat menjadi langkah yang baik bagi penderita asam lambung.

Baca Juga: Wajib Coba Konsumsi Buah Paling Bagus untuk Asam Lambung Berikut Ini

Kandungan Kafein dalam Kopi

Kopi adalah minuman yang mengandung lebih banyak kafein dibandingkan teh atau soda. Melansir dari Healthline, berikut adalah perkiraan kandungan kafein dalam berbagai jenis kopi:

  • Kopi hitam biasa (8 oz): 96 mg
  • Kopi instan (8 oz): 62 mg
  • Espresso (1 oz): 63 mg
  • Cappuccino (12 oz): 130 mg
  • Latte (16 oz): 173 mg

Kandungan kafein dalam kopi juga bergantung pada jenis sangraiannya. Sangraian yang lebih gelap cenderung mengandung lebih sedikit kafein per biji kopi dibandingkan sangraian ringan.

Jika Anda merasa kafein memperburuk gejala asam lambung, Anda bisa mencoba kopi dengan sangraian lebih gelap.

Namun, perlu diperhatikan bahwa gejala asam lambung dari kopi tidak selalu disebabkan oleh kafein. Beberapa orang merasa sangraian yang lebih gelap lebih asam, yang bisa memperburuk gejala.

Kopi cold brew mengandung kafein yang lebih rendah dan mungkin lebih sedikit asam, sehingga bisa menjadi alternatif yang lebih baik bagi penderita asam lambung.

Baca Juga: Apa Saja Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula untuk Kesehatan? Ini Dia 8 Manfaatnya

Jadi, apakah kopi menyebabkan asam lambung sebenarnya? Iya, kopi dapat menyebabkan asam lambung naik karena kandungan kafein di dalamnya. Kafein merupakan salah satu zat yang harus dihindari karena dapat memicu dan memperparah gejala asam lambung. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Mitsubishi Fuso Lakukan Perubahan Minor pada Varian Fighter-X, Tampil Lebih Tangguh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News