Keluarga

Apakah Boleh Mencuci Baju Bayi di Mesin Cuci?

Apakah Boleh Mencuci Baju Bayi di Mesin Cuci?

MOMSMONEY.ID - Artikel ini berusaha menjawab keresahan Moms apakah boleh mencuci baju bayi dengan mesin cuci. 

Banyak orang takut mencuci baju bayi dengan mesin cuci karena beragam alasan. Mulai dari alasan mitos seperti bayi akan pusing jika mencuci baju dengan mesin cuci. Hingga alasa seperti baju bayi akan mudah rusak dan pakaian tidak benar-benar bersih. 

Baca Juga: Resep Ayam Krispi Saus Lemon Madu, Kelezatannya Mirip dengan Resto Ayam Terkenal

Melansir Aqua Elektronik, pada dasarnya tidak ada perbedaan signifikan antara baju bayi dan baju orang dewasa dari segi bahan. Oleh karena itu tidak masalah mencuci baju bayi deNgan mesin cuci asal bukan yang terbuat dari sutra atau dijahit tangan. 

Melansir Kompas, mencuci baju bayi dengan mesin cuci tidak akan membahayakan pakaian bayi selama baju bukan terbuat dari sutra. Namun yang mempengaruhi adalah jenis deterjen yang digunakan. Beberapa detergen menggunakan bahan kimia yang keras dan bisa berbahaya untuk kulit bayi. 

Lalu, bagaimana cara aman mencuci baju bayi di mesin cuci? 
Mencuci baju bayi dengan mesin cuci sangat aman bila dilakukan dengan prosedur yang tepat. 

Baca Juga: Rekomendasi Menu Diet Cepat Kurus dalam Seminggu, Sehat dan Kaya Nutrisi

Saat mencuci baju bayi dengan mesin cuci, pisahkan baju yang terkena muntahan atau kotoran karena akan memicu mikroorganisme dan penyakit. Sebaiknya bersihkan lebih dahulu secara manual. 

Rendam baju bayi bernoda tersebut dengan air hangat yang dicampur dengan sedikit detergen khusus bayi. Air hangat bisa membantu mengangkat kotoran. Sedangkan air panas bisa merusak pakaian bayi. 

Kemudian, beberapa ahli merekomendasikan menggunakan detergen cair dari pada bubuk karena lebih mudah larut dan dibilas. 

Baca Juga: Makanan Favorit Banyak Orang, Berapa Jumlah Kalori Seporsi Mie Ayam?

Gunakan detergen secukupnya, pastikan membilas pakaian bayi dua kali atau hingga tidak ada detergen yang mengendap. Segera keringkan jangan dibiarkan basah berjam-jam karena bisa menumbuhkan jamur atau lumut.

Terakhir, pisahkan baju bayi  dengan baju orang dewasa untuk mencegah penularan penyakit. Lihat juga petunjuk pencucian pada baju bayi. Beberapa baju bayi tidak disarankan dicuci dengan mesin cuci. 

Selanjutnya: Jasa Marga (JSMR) Terbitkan Obligasi Rp 932,35 Miliar Untuk Modal Kerja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News