Bugar

Sesak Napas karena Asam Lambung Naik? Begini Cara Mengatasinya!

Sesak Napas karena Asam Lambung Naik? Begini Cara Mengatasinya!

MOMSMONEY.ID - Sesak napas menjadi salah satu gejala tidak nyaman yang timbul akibat asam lambung naik.  Kondisi ini terjadi ketika asam lambung mengiritasi lapisan saluran pernapasan. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya peradangan dan jalan napas menyempit. Lalu, bagaimana cara mengatasi sesak napas karena asam lambung naik?

Dikutip dari Alodokter, begini cara mengatasi sesak napas karena asam lambung naik:

1. Bernapas melalui bibir

Cara ini melibatkan inhalasi melalui hidung selama dua hitungan dengan mulut tetap tertutup. Selanjutnya, kerucutkan bibir Anda seperti saat bersiul. Barulah setelahnya hembuskan napas melalui mulut selama empat hitungan.

Tujuan dari cara ini adalah untuk memperlambat pernapasan Anda agar tidak terlalu cepat serta membantu mengeluarkan udara dari paru-paru agar udara segar dapat masuk.

Baca Juga: Redakan Asam Lambung Naik Dengan 10 Cara Jitu Ini

2. Posisi duduk agak condong ke depan

Duduk dengan posisi dada agak condong ke depan dapat membantu meredakan sesak napas. Anda bisa duduk di sebuah kursi, dengan kaki diletakkan di lantai.

Arahkan dada Anda agak condong ke depan dan letakkan siku Anda di atas lutut atau pegang dagu dengan tangan. Usahakan bagian otot leher dan bahu Anda tetap santai.

Posisi ini berguna untuk membentuk lebih banyak ruang pada rongga dada, yang pada akhirnya memudahkan Anda bernapas dengan lebih leluasa.

3. Berdiri dengan menopang punggung

Cara ini berguna untuk merilekskan jalur napas dan mengurangi sesak napas. Cobalah untuk berdiri di  dekat dinding dan sandarkan pinggul Anda pada dinding.

Posisikan kaki Anda selebar bahu, letakkan tangan di paha. Kemudian arahkan tubuh condong ke depan dan ayunkan lengan Anda ke depan.

Baca Juga: 8 Sayuran yang Baik Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

4. Pernapasan diafragma

Sesak napas akibat asam lambung dapat teratasi dengan pernapasan diafragma. Caranya adalah dengan duduk posisi lutut ditekuk dan pastikan bahu, kepala, dan leher Anda rileks.

Posisikan tangan Anda di perut. Setelah itu, tarik napas pelan-pelan melalui hidung, dan rasakan perut Anda mengembang. Lalu hembuskan napas melalui mulut. Ulangi latihan ini selama sekitar lima menit hingga pernapasan Anda terasa lebih mudah.

5. Mengarahkan kipas angin ke wajah

Memasang kipas angin yang diarahkan ke wajah Anda dapat membantu meredakan sesak napas. Nyalakan kipas angin dan arahkan ke arah wajah Anda hingga napas yang tadinya terasa sesak menjadi lebih lega. Udara sejuk dari kipas angin dapat membantu Anda mengatur napas Anda dengan lebih baik.

Baca Juga: Sehat dan Enak, Inilah Lauk Pauk untuk Penderita Asam Lambung yang Bisa Dicoba

6. Posisi tidur yang nyaman

Terdapat dua posisi tidur yang dapat Anda coba:

  • Berbaring miring dengan meletakkan bantal di antara kepala dan kaki Anda. Pastikan punggung Anda tetap lurus.
  • Berbaring telentang, letakkan bantal di bawah kepala dan di bawah lutut Anda.
  • Kedua posisi ini dapat membuat tubuh dan jalur napas Anda lebih rileks, memudahkan Anda bernapas.

Nah, itulah cara mengatasi sesak napas karena asam lambung naik yang bisa Anda coba. Mengatasi sesak napas karena asam lambung naik membutuhkan kombinasi perubahan gaya hidup, pola makan yang tepat, dan penggunaan obat-obatan jika diperlukan. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News