Bugar

Redakan Asam Lambung Naik Dengan 10 Cara Jitu Ini

Redakan Asam Lambung Naik Dengan 10 Cara Jitu Ini

MOMSMONEY.ID - Gejalanya yang membuat tidak nyaman, membuat penderita asam lambung terasa tersiksa. Tak jarang, hal ini dapat mengganggu aktivitas harian. Untungnya, ada sejumlah cara meredakan asam lambung naik dengan cepat yang bisa Anda coba.

Merangkum dari laman Health Harvard dan Healthline, berikut adalah cara meredakan asam lambung naik dengan cepat:

1. Mengubah posisi tidur Anda

Jika Anda sering mengalami asam lambung naik saat tidur, coba ubah posisi tidur dengan meninggikan bagian kepala tempat tidur. Hal ini dapat membantu mencegah asam lambung naik ke kerongkongan saat Anda tidur.

Baca Juga: 8 Sayuran yang Baik Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

2. Makanlah dengan porsi kecil

Makan dalam porsi besar dapat meningkatkan tekanan pada perut dan memicu naiknya asam lambung. Cobalah untuk makan dalam porsi kecil namun lebih sering.

3. Mengunyah makanan dengan baik

Mengunyah makanan dengan baik dapat membantu proses pencernaan dan mengurangi kemungkinan naiknya asam lambung.

Baca Juga: Apakah Penderita Asam Lambung Boleh Makan Mie Instan? Ini Kata Dokter

4. Jangan berbaring setelah makan

Usahakan untuk tidak berbaring atau tidur setidaknya 2-3 jam setelah makan. Posisi berbaring dapat memudahkan asam lambung naik ke kerongkongan.

5. Gunakan pakaian yang longgar di badan

Pakaian yang ketat, terutama di sekitar perut, dapat meningkatkan tekanan pada perut dan memicu naiknya asam lambung.

Baca Juga: Jahe Bisa Mengobati Asam Lambung? Cek Faktanya Berikut

6. Manajemen stres yang baik

Stres dapat memperburuk gejala asam lambung naik. Cobalah untuk mengatur stres dengan teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau pernapasan dalam.

7. Cobalah minum air hangat

Salah satu cara meredakan asam lambung naik adalah dengan meminum air hangat secara perlahan. Ini bisa membantu menetralisir asam lambung yang naik dan memberikan rasa nyaman pada tenggorokan dan lambung. Lanjutkan minum air hangat secara berkala setiap beberapa menit.

Baca Juga: Inilah Minuman yang Bagus untuk Asam Lambung Anda, Sudah Coba?

8. Mengonsumsi obat asam lambung resep dokter

Jika Anda pernah mengalami serangan GERD sebelumnya dan memiliki stok obat, segera minumlah obat tersebut untuk meredakan gejala. Namun, jika Anda membutuhkan rekomendasi obat, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

9. Menggunakan soda kue

Soda kue atau natrium bikarbonat dapat menjadi solusi cepat untuk menetralkan asam lambung. Campurkan 1/2 sendok teh soda kue ke dalam segelas air hangat dan minum larutannya.

Namun, ingat bahwa konsumsi soda kue yang berlebihan bisa menyebabkan efek samping, jadi gunakan dengan bijak dan tidak terlalu sering.

Baca Juga: Jus Alpukat Punya Khasiat untuk Asam Lambung lo, Simak Penjelasannya di Sini

10. Minum air jahe

Jahe adalah tanaman herbal yang dapat meredakan gangguan pencernaan, termasuk asam lambung. Rebus jahe dan minumlah airnya. Anda juga bisa menambahkan lemon atau madu untuk rasa dan efek anti-inflamasi tambahan.

Demikianlah ulasan mengenai cara meredakan asam lambung naik dengan cepat. Dalam upaya meredakan asam lambung naik, dibutuhkan perubahan gaya hidup hingga pengobatan medis jika perli. Cara-cara di atas jika diterapkan dapat membantu mengurangi gejala asam lambung naik. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News