Bugar

Apa Itu Flu Perut yang Menyebabkan Oprah Winfrey Dilarikan ke Rumah Sakit?

Apa Itu Flu Perut yang Menyebabkan Oprah Winfrey Dilarikan ke Rumah Sakit?

MOMSMONEY.ID - Oprah Winfrey sempat dilarikan ke rumah sakit lantaran menderita flu perut. Apa itu flu perut ini?

Presenter CBS Gayle King yang menyampaikan pertama kali bahwa Oprah tidak bisa hadir mengumumkan buku pilihan pada Oprah's Book Club lantaran menderita flu perut. Oprah perlu mendapatkan injeksi IV drip lantaran mengalami dehidrasi. 

Akun resmi Instagram Oprah akhirnya mengumumkan, Oprah sudah mendapat penanganan akan dehidrasinya. "Oprah sudah lebih baik. Kita berharap pemulihan segera," tulis jurubicara untuk Oprah di akunnya. 

Apa itu flu perut?

Flu perut merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan viral gastroenteritis. Namun, flu ini tak berhubungan atau tak menyerupai dengan penyakit ifluenza yang menyerang saluran pernapasan atas maupun tenggorokan. 

Mengutip Onlymyhealth.com, istilah “gastro” mengacu pada lambung, “masuk” ke usus kecil, dan “itis” untuk peradangan. Sehingga, flu perut ini menjelaskan adanya virus yang menyerang saluran cerna lambung dan usus dan menyebabkan peradangan. 

Mengutip Mayoclinic, seseorang bisa terkena flu perut karena mengkonsumsi makanan atau minuman yang kemungkinan terinfeksi oleh penderita flu perut ini juga. 

Jika tubuh sedang fit, biasanya seseorang bisa melewati infeksi virus ini tanpa masalah berarti. Namun, beda lagi jika virus ini menginfeksi bayi, anak-anak, lansia, atau orang yang mengalami masalah dengan autoimun. 

Gejala flu perut

Sejatinya, tidak ada obat yang efektif mengatasi penyebaran virus gastroenteritis ini. Pencegahan adalah kuncinya. Hindari makanan atau minuman yang diduga terkena kontak penderita, serta seringlah mencuci tangan. 

Beberapa gejala dari flu perut ini antara lain: diare, mual dan muntah, kehilangan nafsu makan, nyeri perut, terkadang diikuti sakit kepala dan otot, serta demam ringan. 

Berdasarkan gejalanya, virus ini bisa bertahan sekitar 1-3 hari setelah terinfeksi. Gejala yang terjadi dimulai dari ringan hingga berat. Gejala juga bisa bertahan selama 14 hari. 

Kapan pergi ke dokter?

Anda harus segera pergi ke dokter jika mengalami hal ini:
- Tidak bisa menelan cairan selama 24 jam
- muntah darah
- muntah dan diare lebih dari dua hari
- dehidrasi, dengan gejala haus berat, mulut kering, urin berwarna kuning gelap, urin berkurang atau tidak ada urin sama sekali, serta pusing. 
- mengalami sakit perut parah
- demam tinggi
- melihat darah pada feses

Untuk bayi dan anak-anak, gejala yang perlu penangangan serius:
- mengalami demam lebih dari 38,9 derajat celsius
- terlihat lesu dan capai
- terlihat mengalami tidak nyaman dan nyeri
- mengalami diare dengan darah
- terlihat dehidrasi, ditandai dengan mulut kering, urin berkurang atau tidak ada sama sekali, urin berwarna gelap, serta menangis tanpa air mata. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News