Keluarga

Ada Ikan, Ini 5 Makanan Penyebab Rambut Rontok yang Harus Anda Tahu

Ada Ikan, Ini 5 Makanan Penyebab Rambut Rontok yang Harus Anda Tahu

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 5 makanan penyebab rambut rontok di sini, yuk.

Rambut rontok merupakan salah satu masalah rambut yang dialami banyak orang. Ada berbagai hal yang bisa menyebabkan rambut rontok, termasuk makanan.

Meskipun makanan memberikan nutrisi penting agar tubuh berfungsi dengan baik, namun beberapa makanan dapat merusak kesehatan rambut.

Lalu, apa saja makanan yang dapat menyebabkan rambut rontok? Melansir SkinKraft, berikut 5 makanan penyebab rambut rontok yang harus Anda tahu.

Baca Juga: 5 Cara Membakar Lemak Tubuh Tanpa Olahraga, Efektif!

1. Makanan tinggi gula

Makanan penyebab rambut rontok yang pertama adalah makanan tinggi gula.

Para peneliti menemukan bahwa makanan yang mengandung gula sederhana dapat meningkatkan produksi sebum. Sebum sendiri adalah zat yang dikeluarkan dari kelenjar minyak yang menempel pada folikel rambut.

Meskipun sekresi sebum membantu mempertahankan kelembaban rambut, sekresi sebum yang berlebihan bisa menyebabkan rambut rontok.

Selain itu, makanan manis juga dapat menyebabkan sirkulasi darah yang buruk. Adapun sirkulasi darah yang buruk bisa membuat folikel rambut kehilangan nutrisi yang dibutuhkan untuk membuat rambut kuat.

Kandungan gula yang tinggi juga dapat menyebabkan pankreas mengeluarkan lebih banyak insulin, yang berdampak negatif pada pembuluh darah kulit kepala sehingga menyebabkan rambut rontok.

2. Ikan bermerkuri

Makanan penyebab rambut rontok yang kedua adalah ikan bermerkuri.

Ikan merupakan sumber protein yang sangat baik. Kandungan omega-3 pada ikan dapat meningkatkan kesehatan rambut. Namun, ada ikan tertentu yang mengandung merkuri tingkat tinggi.

Mengonsumsi ikan bermerkuri tinggi dapat berdampak buruk bagi kesehatan rambut serta menyebabkan rambut rontok.

Sebuah laporan menunjukkan, dua wanita mengalami kerontokan rambut tingkat tinggi karena makan ikan yang mengandung banyak merkuri. Dan, rambut rontok berkurang secara signifikan setelah mereka mengurangi konsumsi ikan kaya merkuri.

Penelitian menyebutkan bahwa merkuri bereaksi dengan sisa mineral lain di dalam tubuh, terutama zinc. Jika Anda mengonsumsi ikan dengan kandungan merkuri yang terlalu banyak, tubuh Anda akan kekurangan zinc.

Karena zinc sangat penting dalam pertumbuhan rambut, maka kekurangan zinc akan menyebabkan rambut rontok dan masalah rambut terkait.

3. Junk food

Makanan penyebab rambut rontok yang ketiga adalah junk food.

Folikel rambut menempel pada kelenjar sebum kecil yang mengeluarkan minyak. Minyak ini penting untuk menjaga kelembaban alami rambut.

Saat Anda makan junk food berminyak secara berlebihan, kelenjar sebum juga cenderung menjadi berminyak dan menutupi rambut dengan lapisan minyak ekstra. Hal ini membuat rambut sulit tumbuh secara alami.

Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa junk food berdampak negatif pada kesehatan rambut karena mengaktifkan kelenjar sebum secara berlebihan.

Baca Juga: Tinggi Gula, Ini 5 Buah yang Sebaiknya Dihindari saat Diet

4. Putih telur mentah

Makanan penyebab rambut rontok yang keempat adalah putih telur mentah.

Telur kaya akan protein dan biotin. Kedua komponen ini penting untuk kesehatan rambut yang baik.

Biotin adalah komponen utama keratin rambut, yang merupakan bahan penyusun rambut. Saat tubuh kekurangan biotin, itu dapat menyebabkan rambut rontok.

Namun, jika putih telur dikonsumsi mentah, tubuh mungkin akan mengalami kekurangan biotin. Selain biotin, putih telur mentah juga mengandung zat yang disebut avidin yang mengurangi penyerapan biotin di usus.

5. Produk susu

Makanan penyebab rambut rontok yang kelima adalah produk susu.

Produk susu selalu dianggap sebagai makanan bergizi untuk menjaga kesehatan rambut. Tapi, tahukah Anda bahwa produk susu mengandung sejumlah lemak yang meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh?

Ketika Anda mengalami kadar testosteron yang tinggi dalam tubuh, hal itu dapat menyebabkan rambut rontok. Produk susu juga cenderung meningkatkan masalah rambut rontok jika Anda rentan terhadap eksim, psoriasis, atau ketombe.

Jadi, konsumsilah produk susu secukupnya dan konsultasikan dengan ahlinya jika Anda masih mengalami masalah rambut rontok.

Demikian 5 makanan penyebab rambut rontok yang harus Anda tahu. Jangan lupa dicatat, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News