Keluarga

5 Cara Membakar Lemak Tubuh Tanpa Olahraga, Efektif!

5 Cara Membakar Lemak Tubuh Tanpa Olahraga, Efektif!

MOMSMONEY.ID - Inilah 5 cara membakar lemak tubuh tanpa olahraga yang bisa Anda coba.

Lemak tubuh berlebih tidak hanya meningkatkan berat badan, tapi juga bisa mendatangkan berbagai penyakit mematikan.

Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi Anda untuk menerapkan gaya hidup sehat seperti olahraga secara teratur agar lemak tubuh tetap terkendali.

Bagi Anda yang tidak sempat berolahraga, ada beberapa cara yang patut Anda jajal untuk membakar lemak tubuh berlebih.

Selengkapnya, berikut 5 cara membakar lemak tubuh tanpa olahraga sebagaimana dilansir dari Metrolina Medical Associates.

Baca Juga: Resmi! Ini Jadwal Seleksi CPNS 2024 Mulai dari Pendaftaran hingga Pelaksanaan Tes

1. Batasi konsumsi gula

Cara membakar lemak tubuh tanpa olahraga yang pertama yaitu membatasi konsumsi gula.

Konsumsi gula berlebih dapat mendorong penyimpanan lemak, terutama di sekitar perut. Gula juga dapat mengakibatkan masalah kesehatan serius seperti diabetes, penyakit jantung, penyakit hati berlemak, dan kadar testosteron yang rendah.

Untuk mengurangi asupan gula, gantilah minuman manis seperti soda dan jus dengan air putih, teh tanpa gula, atau kopi hitam. Hindari juga camilan manis seperti permen dan kue dengan buah-buahan segar. Buah menyediakan serat dan nutrisi penting yang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

2. Konsumsi lebih banyak serat dan protein

Cara membakar lemak tubuh tanpa olahraga yang kedua yaitu mengonsumsi lebih banyak serat dan protein.

Protein dan serat sangat penting untuk menjaga berat badan tetap ideal. Keduanya mampu mendukung pencernaan yang baik dan membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Punya kalori yang lebih sedikit, konsumsi serat dan protein yang cukup bisa mengurangi godaan untuk ngemil makanan yang tidak sehat.

Protein umumnya ditemukan dalam daging, ikan, dan telur. Sedangkan serat banyak ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran. Dengan menambahkan lebih banyak protein dan serat ke dalam makanan Anda, itu dapat membantu menghilangkan lemak sekaligus mempertahankan massa otot selama prosesnya.

3. Konsumsi makanan dan minuman pembakar lemak

Cara membakar lemak tubuh tanpa olahraga yang ketiga yaitu mengonsumsi makanan dan minuman pembakar lemak.

Meskipun tidak ada ramuan ajaib untuk menurunkan berat badan, namun makanan dan minuman tertentu dapat mendorong metabolisme ke arah yang lebih baik. Makanan dan minuman ini meliputi sebagai berikut:

  • Teh hijau. Teh hijau kaya akan epigallocatechin-3-gallate (EGCG), antioksidan yang meningkatkan pembakaran lemak terutama di area perut. Teh hijau juga berfungsi sebagai alternatif kafein yang lebih sehat daripada kopi.
  • Ikan berlemak seperti sarden dan salmon. Kaya akan asam lemak omega-3, yang meningkatkan pembakaran lemak secara keseluruhan dan berperan krusial dalam produksi testosteron.
  • Cuka apel. Cuka apel mengandung asam asetat, yang memiliki khasiat pembakar lemak untuk membantu pembakaran lemak secara menyeluruh.
  • Minyak zaitun. Merupakan sumber asam lemak tak jenuh tunggal yang dikaitkan dengan peningkatan laju metabolisme dan pembakaran lemak bila dikonsumsi sebagai bagian dari diet sehat.
  • Telur. Selain mengenyangkan, konsumsi telur juga bisa membantu pembakaran kalori selama proses pencernaan.
  • Cabai rawit. Cabai rawit mengandung capsaicin yang dapat meningkatkan pembakaran kalori.

Baca Juga: Tinggi Gula, Ini 5 Buah yang Sebaiknya Dihindari saat Diet

4. Tidur yang cukup

Cara membakar lemak tubuh tanpa olahraga yang keempat yaitu tidur yang cukup.

Tidur kurang dari 7 jam akan memicu tubuh melepaskan hormon stres (kortisol). Kortisol akan memberi sinyal pada tubuh untuk menyimpan energi dan menyimpan lemak untuk digunakan nanti saat terjaga.

Kurang tidur juga bisa meningkatkan keinginan untuk makan, karena mengurangi rasa kenyang dan meningkatkan hormon lapar (ghrelin).

5. Coba obat penurun berat badan yang aman

Cara membakar lemak tubuh tanpa olahraga yang kelima yaitu mencoba obat penurun berat badan yang aman.

Bagi sebagian orang, perubahan pola makan dan gaya hidup saja mungkin tidak cukup untuk membakar lemak tubuh. Dalam kasus ini, obat penurun berat badan yang diresepkan dokter seperti semaglutide dan tirzepatide dapat menjadi alat yang ampuh untuk mengurangi lemak khususnya di area perut.

Obat-obatan ini bekerja dengan mengatur hormon yang mengendalikan nafsu makan dan gula darah serta mengurangi asupan kalori. Namun, penting untuk mengonsumsinya dengan resep dokter.

Demikian 5 cara membakar lemak tubuh tanpa olahraga. Tertarik untuk mencobanya, Moms?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News