Bugar

Ada Alpukat hingga Pisang, Inilah 11 Buah yang Baik untuk Asam Lambung

Ada Alpukat hingga Pisang, Inilah 11 Buah yang Baik untuk Asam Lambung

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa buah yang baik untuk asam lambung. Cek ada apa saja, yuk!

Menderita gangguan asam lambung bisa sangat mengganggu. Sensasi terbakar di dada dan rasa tidak nyaman setelah makan tentu membuat siapa saja berpikir dua kali sebelum mengonsumsi makanan tertentu. Namun, tidak semua makanan harus dihindari.

Buah-buahan justru dapat membantu menenangkan gejala asam lambung. Menyadur dari laman Dokter Sehat, berikut adalah 11 buah yang baik untuk asam lambung:

1. Alpukat

Alpukat

Alpukat aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung karena mengandung lemak sehat yang tidak meningkatkan kadar asam lambung.

Baca Juga: Simak 8 Makanan untuk Menambah Trombosit Secara Alami Berikut Ini

2. Pepaya

Buah yang berwarna oranye ini mengandung enzim papain yang membantu pencernaan dan mengurangi nyeri ulu hati yang terkait dengan GERD. Pepaya juga memiliki manfaat lain seperti mencegah diabetes dan penyakit jantung.

3. Beri

Meski cenderung asam, buah beri seperti strawberry, blackberry, dan raspberry tidak meningkatkan produksi asam lambung. Kaya akan antioksidan, buah beri sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan.

Baca Juga: Bagus untuk Otak Anda, Intip 10 Manfaat Konsumsi Apel untuk Kesehatan yuk

4. Pisang

makan pisang setiap hari

Buah pisang memiliki pH yang cukup rendah, sekitar 5, yang membuatnya ramah bagi penderita asam lambung. Selain itu, pisang mudah dicerna dan kaya nutrisi, yang menjadikannya pilihan tepat baik dikonsumsi langsung atau dijadikan jus.

5. Melon

Buah berwarna hijau ini tidak meningkatkan kadar asam lambung, melainkan membantu menurunkannya. Kandungan magnesium dalam melon merupakan mineral penting yang sering digunakan dalam obat-obat asam lambung. Dengan pH hanya 6.1, melon sangat baik untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Pilihan Lauk Pauk untuk Penderita Asam Urat dan Kolesterol yang Dapat Anda Coba

6. Apel

Apel, kaya akan magnesium serta vitamin dan mineral penting lainnya seperti Vitamin A, B-12, C, D, kalsium, dan zat besi, adalah pilihan yang disarankan untuk penderita GERD karena dapat membantu mengurangi asam lambung.

7. Kelapa

air kelapa muda

Kelapa memiliki tingkat keasaman yang rendah dan konsumsinya memberikan berbagai manfaat kesehatan, termasuk mendukung fungsi otak dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: Mengulik 7 Khasiat Daun Jeruk untuk Kesehatan, Bisa Mengusir Stres lo

8. Kurma

Dengan pH yang rendah, kurma tidak meningkatkan produksi asam lambung dan ideal untuk dikonsumsi saat berbuka puasa karena kemampuannya mengembalikan energi.

9. Persik

Dengan pH yang rendah dan kaya akan magnesium, persik juga merupakan sumber nutrisi penting seperti Vitamin A, B6, B12, C, kalsium, dan zat besi, menjadikannya buah yang baik untuk penderita asam lambung.

Baca Juga: 13 Makanan untuk Melancarkan Peredaran Darah yang Terbaik, Bisa Dicoba!

10. Semangka

Semangka

Semangka memiliki kandungan air yang tinggi yang bisa membantu menetralkan asam lambung, sekaligus menjaga hidrasi tubuh.

11. Lemon

Meskipun asam, air lemon yang dicampur dengan madu dapat membantu menurunkan dan menetralkan asam lambung. Campuran ini menghasilkan efek basa yang bermanfaat bagi penderita asam lambung.

Nah, itulah beberapa buah yang baik untuk asam lambung yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News