Bugar

Simak 8 Makanan untuk Menambah Trombosit Secara Alami Berikut Ini

Simak 8 Makanan untuk Menambah Trombosit Secara Alami Berikut Ini

MOMSMONEY.ID - Trombosit atau platelet adalah komponen darah yang berperan penting dalam proses pembekuan darah. Jumlah trombosit yang rendah dalam tubuh bisa menyebabkan kondisi seperti trombositopenia, yang dapat memicu pendarahan yang berlebihan dan memperlambat proses penyembuhan luka. Ada sejumlah makanan untuk menambah trombosit secara alami. Apa saja?

Merangkum dari laman Very Well Health dan Halodoc, berikut adalah beberapa makanan untuk menambah trombosit secara alami:

1. Pepaya

Buah pepaya dan ekstrak daunnya telah lama dikenal sebagai obat alami untuk meningkatkan jumlah trombosit. Pepaya kaya akan enzim yang mendorong aktivitas enzim penting dalam produksi trombosit di sumsum tulang.

Dalam penelitian terkontrol, ekstrak daun pepaya terbukti meningkatkan jumlah trombosit pada pasien demam berdarah.

Baca Juga: 7 Daftar Buah Tinggi Serat untuk Melancarkan BAB, Cek Ada Apa Saja

2. Bayam dan Sayuran Berdaun Hijau Lainnya

Bayam adalah sumber folat yang sangat baik, yang tidak hanya penting untuk produksi trombosit, tetapi juga untuk sel darah merah dan sel darah putih.

Sayuran lain yang kaya folat termasuk kangkung, sawi hijau, kacang polong, dan asparagus. Suplementasi folat juga terbukti dapat mengurangi risiko stroke, terutama di kalangan orang dengan tekanan darah tinggi dan jumlah trombosit rendah.

3. Kiwi

Kiwi kaya akan vitamin C, nutrisi penting yang mendukung fungsi trombosit normal dan meningkatkan kepadatan trombosit dalam darah. Buah-buahan lain yang tinggi vitamin C seperti stroberi dan jeruk juga bagus untuk meningkatkan jumlah trombosit.

Baca Juga: Bagus untuk Otak Anda, Intip 10 Manfaat Konsumsi Apel untuk Kesehatan yuk

4. Cokelat Hitam

Cokelat hitam merupakan sumber zat besi yang baik, yang penting untuk pembentukan megakariosit di sumsum tulang—sel besar yang pecah menjadi trombosit. Selain cokelat hitam, sumber zat besi lainnya termasuk tiram, lentil, dan tahu.

5. Gandum Utuh

Gandum utuh adalah sumber nutrisi yang kaya, termasuk serat, mineral, dan vitamin yang dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh. Kandungan ini menjadikan gandum utuh pilihan yang baik untuk mendukung produksi trombosit yang sehat.

Baca Juga: 7 Khasiat Pare untuk Kesehatan, Bisa Menurunkan Kolesterol lo

6. Kurma

Kurma juga efektif untuk meningkatkan jumlah trombosit. Kandungan mineral, vitamin, dan fitonutrien di dalam kurma berkontribusi pada peningkatan produksi trombosit, ditambah lagi kandungan vitamin K-nya yang mendukung fungsi trombosit.

7. Jambu Biji

Jambu biji mengandung zat aktif yang disebut trombopoietin, yang dapat merangsang produksi trombosit di dalam tubuh. Buah ini sangat dianjurkan untuk mereka yang ingin meningkatkan jumlah trombosit secara alami.

Baca Juga: Perkuat Imun hingga Cegah Kanker, Intip 12 Manfaat Sawo untuk Kesehatan yuk!

8. Buah Delima

Buah delima kaya akan zat besi, mineral dan vitamin yang membantu meningkatkan jumlah trombosit dan sel darah merah. Konsumsi buah delima secara rutin dapat mendukung kesehatan darah secara keseluruhan.

Demikianlah daftar makanan untuk menambah trombosit secara alami yang dapat Anda coba konsumsi. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News