Bugar

8 Teh Paling Baik untuk Kesehatan Tubuh, Cek Ada Apa Saja!

8 Teh Paling Baik untuk Kesehatan Tubuh, Cek Ada Apa Saja!

MOMSMONEY.ID - Wajib coba! Ini rekomendasi teh paling baik untuk kesehatan tubuh Anda. Apa saja ya?

Teh telah menjadi minuman favorit banyak orang di seluruh dunia sejak dulu. Selain rasanya yang enak, berbagai jenis teh juga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa.

Kaya akan antioksidan dan senyawa alami lainnya dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bersumber dari laman Everyday Health, inilah beberapa rekomendasi teh paling baik untuk kesehatan tubuh:

1. Teh Hijau

Teh hijau mengandung banyak polifenol, terutama katekin seperti epigallocatechin-3-gallate (EGCG). Polifenol ini dapat membantu mengurangi peradangan, mencegah penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Sebuah studi menunjukkan bahwa EGCG dalam teh hijau dapat membantu melarutkan plak protein yang dapat menyebabkan aterosklerosis, suatu kondisi yang meningkatkan risiko stroke.

Baca Juga: 11 Manfaat Minum Teh bagi Kesehatan Anda, Salah Satunya Kurangi Stres

2. Teh Hitam

Selain meningkatkan fungsi kognitif, teh hitam diketahui dapat membantu mencegah peradangan, penyakit jantung, dan diabetes.

Teh hitam kaya akan flavonoid yang bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung. Minum teh hitam secara rutin juga dikaitkan dengan penurunan risiko gangguan kognitif seperti demensia pada orang tua.

3. Teh Oolong

Teh oolong memiliki konsentrasi polifenol yang tinggi, yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Minum teh oolong lebih dari 2,5 cangkir sehari dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat).

Beberapa studi juga menunjukkan bahwa teh oolong bisa membantu mengontrol berat badan dan mengurangi risiko obesitas.

Baca Juga: Daftar Buah Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan, Ada 10 Pilihan!

4. Teh Chamomile

Teh chamomile dikenal sebagai teh yang menenangkan dan sering diminum sebelum tidur karena tidak mengandung kafein. Teh ini juga dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dan membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

Selain itu, chamomile juga membantu meredakan gejala menstruasi dan kecemasan, serta dapat membantu tidur lebih nyenyak.

5. Teh Jahe

Teh jahe terkenal akan kemampuannya meredakan mual, baik pada ibu hamil maupun pasien yang menjalani kemoterapi. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang bermanfaat dalam mengatasi masalah pencernaan.

Teh jahe juga mengandung gingerol, senyawa yang membantu melindungi tubuh dari penyakit seperti diabetes dan kanker.

Baca Juga: 17 Buah Tinggi Serat yang Bagus untuk Diet Menurunkan Berat Badan, Cek yuk

6. Teh Peppermint

Teh peppermint mengandung mentol, senyawa yang dapat membantu mengendurkan otot-otot usus, sehingga bermanfaat untuk meredakan kembung dan masalah pencernaan lainnya.

Karena tidak mengandung kafein, teh peppermint juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk diminum sebelum tidur.

7. Teh Kembang Sepatu

Teh kembang sepatu memiliki rasa asam yang segar dan bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Penelitian menunjukkan bahwa minum teh kembang sepatu dua kali sehari bisa efektif dalam mengelola hipertensi.

Teh ini juga dapat menurunkan kolesterol dan kadar gula darah, serta membantu mengontrol berat badan.

Baca Juga: Apa yang Dirasakan Jika Gula Darah Tinggi dalam Tubuh? Ini 11 Gejalanya

8. Teh Adas

Teh adas dikenal dapat membantu pencernaan dan meredakan kram perut. Selain itu, adas juga dapat membantu mengurangi gejala menopause tanpa efek samping yang serius.

Teh ini sering digunakan sebagai solusi alami untuk masalah pencernaan dan gangguan pencernaan lainnya.

Nah, itulah rekomendasi teh paling baik untuk kesehatan tubuh. Manakah yang ingin Anda coba?

Selanjutnya: Seven & I Akan Mulai Jual Saham Mayoritasnya di Supermarket pada Akhir Tahun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News