Bugar

17 Buah Tinggi Serat yang Bagus untuk Diet Menurunkan Berat Badan, Cek yuk

17 Buah Tinggi Serat yang Bagus untuk Diet Menurunkan Berat Badan, Cek yuk

MOMSMONEY.ID - Ini daftar buah tinggi serat yang bagus untuk diet menurunkan berat badan. Jangan dilewatkan, ya.

Serat adalah komponen penting dalam diet, terutama jika Anda ingin menurunkan berat badan secara sehat. Makanan tinggi serat membantu meningkatkan rasa kenyang, mengurangi keinginan makan berlebihan, dan mendukung pencernaan yang sehat.

Buah tinggi serat merupakan pilihan yang baik untuk dikonsumsi dalam program diet karena selain lezat, juga rendah kalori dan kaya akan nutrisi.

Bersumber dari laman Very Well Fit, inilah buah tinggi serat yang bagus untuk diet menurunkan berat badan:

1. Markisa

Selain rendah kalori, markisa mengandung 24 gram serat dalam satu cangkir. Ini menjadikannya salah satu buah dengan kandungan serat tertinggi.

Baca Juga: Daftar Buah Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan, Ada 10 Pilihan!

2. Jambu biji

Jambu biji mengandung 9 gram serat per cangkir. Jambu biji adalah buah berserat tinggi yang sangat baik untuk diet. Selain serat, jambu biji juga kaya akan folat, kalium, serta vitamin A dan C.

3. Raspberry

Raspberry merupakan buah yang sangat tinggi serat, dengan 8 gram serat per cangkir. Selain serat, raspberry juga mengandung antioksidan seperti antosianin yang baik untuk kesehatan jantung dan dapat membantu mengurangi risiko kanker.

4. Blackberry

Seperti raspberry, blackberry juga mengandung 8 gram serat per cangkir. Buah ini juga merupakan sumber vitamin C dan K yang baik. Blackberry dapat dinikmati segar atau beku dan cocok untuk salad atau smoothie.

5. Pir

Pir mengandung sekitar 6 gram serat dalam satu buah berukuran sedang. Pir adalah buah yang serbaguna dan cocok digunakan dalam berbagai hidangan seperti salad, muffin, atau sebagai tambahan di oatmeal.

Baca Juga: 11 Manfaat Minum Teh bagi Kesehatan Anda, Salah Satunya Kurangi Stres

6. Alpukat

Alpukat kaya akan serat (5 gram per setengah buah), juga mengandung lemak sehat yang baik untuk jantung. Buah alpukat juga mengandung lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan mata.

7. Kiwi

Kiwi adalah buah kecil yang mengandung sekitar 5 gram serat per cangkir irisan. Kiwi juga kaya akan kalium dan vitamin C, yang baik untuk kesehatan pencernaan dan sistem kekebalan tubuh.

8. Blueberry

Satu cangkir blueberry mengandung sekitar 4 gram serat. Meski tidak setinggi raspberry atau blackberry, blueberry tetap merupakan sumber serat yang baik dan kaya akan antioksidan yang mendukung kesehatan jantung dan otak.

9. Jeruk

Jeruk dikenal karena kandungan vitamin C-nya, tetapi juga mengandung sekitar 3 gram serat dalam satu buah sedang. Jeruk adalah camilan yang mudah dibawa dan baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

10. Jeruk Bali

Jeruk bali mengandung sekitar 3 gram serat per porsi satu cangkir. Selain itu, jeruk bali kaya akan vitamin C dan rendah kalori.

Baca Juga: Bisakah Jalan Kaki Menurunkan Gula Darah dalam Tubuh? Bongkar Faktanya di Sini

11. Delima

Buah delima mengandung hampir 4 gram serat per setengah cangkir bijinya. Delima juga kaya akan antioksidan dan sangat baik untuk kesehatan jantung.

12. Tangerin

Buah tangerin atau mandarin mengandung sekitar 3 gram serat per cangkir. Buah ini kaya vitamin C dan A, serta rendah kalori.

13. Stroberi

Stroberi mengandung sekitar 3 gram serat per cangkir. Buah ini juga kaya akan vitamin C, kalium, dan antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit.

14. Pisang

Pisang terkenal dengan kandungan kaliumnya, tetapi juga mengandung 3 gram serat per buah. Pisang sangat mudah dicerna dan cocok untuk camilan cepat bagi mereka yang aktif secara fisik.

Baca Juga: Nasi Jagung untuk Diet Menurunkan Berat Badan, Intip Juga Khasiat Lainnya

15. Aprikot

Satu cangkir aprikot segar menyediakan sekitar 3 gram serat. Aprikot juga kaya akan vitamin A dan C, serta potasium yang baik untuk kesehatan kulit dan mata.

16. Ceri

Ceri segar mengandung 3 gram serat per cangkir. Buah ini juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi stres oksidatif, meningkatkan kualitas tidur, dan mendukung pemulihan otot.

17. Mangga

Satu cangkir mangga mengandung hampir 3 gram serat dan 100% dari kebutuhan vitamin C harian. Mangga juga rendah kalori dan memiliki sifat anti-inflamasi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Itulah beberapa buah tinggi serat yang bagus untuk diet menurunkan berat badan. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Ini Cara Menghindari Penipuan dalam Transaksi Online

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News