Bugar

7 Sayuran Berdaun Hijau Paling Sehat yang Baik untuk Tubuh Anda, Apa Saja?

7 Sayuran Berdaun Hijau Paling Sehat yang Baik untuk Tubuh Anda, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Mengonsumsi sayuran berdaun hijau merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan Anda. Kaya akan vitamin, mineral, dan serat, sayuran berdaun hijau dapat membantu melawan penyakit kronis seperti obesitas, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2. Apa saja rekomendasi sayuran berdaun hijau paling sehat?

Bersumber dari Healthline, berikut telah Momsmoney rangkumkan 7 sayuran berdaun hijau paling sehat dan bagus untuk tubuh Anda:

1. Kale

Kale adalah salah satu sayuran berdaun hijau yang paling padat nutrisi. Satu cangkir kale menyediakan 68% dari kebutuhan harian vitamin K, serta jumlah yang signifikan dari vitamin A dan C.

Kale juga mengandung antioksidan seperti lutein dan beta-karoten yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit akibat stres oksidatif. Kale bisa dikonsumsi dengan berbagai cara, baik itu mentah, dimasak, atau ditambahkan ke dalam smoothie.

Baca Juga: Pisang Apa yang Bagus untuk Asam Lambung? Simak Tips Memilihnya!

2. Bayam

Bayam adalah sayuran serbaguna yang kaya akan vitamin K, A, dan mangan. Bayam juga merupakan sumber folat yang baik, yang penting untuk produksi sel darah merah dan pencegahan cacat tabung saraf pada kehamilan.

3. Kubis

Kubis kaya akan glukosinolat yang dapat memberikan sifat pelindung terhadap kanker. Kubis juga bisa difermentasi menjadi sauerkraut, yang menawarkan manfaat kesehatan tambahan seperti mengurangi peradangan dan mendukung kesehatan pencernaan.

Baca Juga: Ketahui Nutrisi dan 9 Manfaat Konsumsi Pisang untuk Kesehatan Tubuh

4. Daun Bit

Sering diabaikan, daun bit sebenarnya kaya akan vitamin K, A, dan C. Daun bit juga mengandung antioksidan seperti zeaxanthin dan lutein yang dapat membantu melindungi mata.

5. Selada Air

Selada air adalah tanaman air yang telah digunakan dalam pengobatan herbal selama berabad-abad. Satu cangkir selada air mentah menyediakan sejumlah besar vitamin K, serta vitamin C dan A.

Baca Juga: 12 Makanan Paling Padat Nutrisi, Bagus untuk Kesehatan

6. Bok Choy

Bok choy kaya akan vitamin C, A, K, dan folat. Ini menjadikannya tambahan yang bagus untuk sup dan tumisan.

7. Daun Lobak

Daun lobak lebih kaya nutrisi dibandingkan lobaknya sendiri. Daun ini kkaya akan kalsium, vitamin C, folat, vitamin A, dan K, dan sering digunakan sebagai pengganti kangkung atau bayam dalam berbagai resep.

Demikianlah rekomendasi sayuran berdaun hijau paling sehat yang baik untuk tubuh Anda. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News