Bugar

8 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Miss V, Coba Konsumsi Ini!

8 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Miss V, Coba Konsumsi Ini!

MOMSMONEY.ID - Kesehatan area genital wanita atau Miss V adalah aspek penting dari kesehatan reproduksi yang sering terabaikan. Selain menjaga kebersihan, konsumsi makanan tertentu juga bisa berkontribusi dalam mempertahankan kesehatan Miss V. Apa saja makanan yang baik untuk kesehatan Miss V?

MomsMoney merangkum daftar makanan yang baik untuk kesehatan Miss V, bersumber dari Healthline. Simak selengkapnya!

1. Cranberry

Jus cranberry murni dan kapsul ekstrak cranberry yang pekat kaya akan antioksidan dan asam, yang efektif dalam mencegah bakteri menempel pada dinding kandung kemih.

Riset menunjukkan bahwa konsumsi cranberry 100% bisa sangat bermanfaat dalam mencegah infeksi saluran kemih yang berulang.

Hindari jus cranberry yang manis karena kandungan gula tinggi bisa memperburuk kondisi. Sebagai alternatif, gunakan jus dalam smoothie atau konsumsi pil cranberry.

Baca Juga: Ketahui Berbagai Penyebab Kanker Serviks pada Wanita Berikut

2. Ubi Jalar

Ubi jalar kaya akan beta karoten dan vitamin A yang membantu menjaga selaput lendir sehat, termasuk jaringan vagina. Kekurangan vitamin A dan nutrisi lain seperti vitamin C, D, E, kalsium, dan folat bisa meningkatkan risiko vaginosis bakteri (BV) dan infeksi vagina lainnya.

Ubi jalar juga kaya akan serat yang bisa membantu stabilkan kadar insulin pada penderita sindrom ovarium polikistik (PCOS).

3. Probiotik

Konsumsi makanan kaya probiotik dengan strain Lactobacillus tertentu dapat menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya dan meningkatkan kesehatan vagina secara keseluruhan. Probiotik terbukti mengurangi gejala BV dan mencegah infeksi berulang.

4. Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 meningkatkan sirkulasi dan aliran darah, yang bisa meningkatkan libido. Riset menunjukkan omega-3 juga dapat membantu meredakan nyeri menstruasi. Sumber omega-3 termasuk ikan berminyak, biji rami, dan kenari.

Baca Juga: Wanita Wajib Tahu Cara Mencegah Kanker Serviks Berikut Ini

5. Buah-buahan Berantioksidan Tinggi

Buah-buahan seperti delima, blueberry, raspberry, stroberi, apel, dan goji berry tinggi antioksidan yang dapat meningkatkan aliran darah dan mengurangi stres  oksidatif, yang penting untuk libido dan kesuburan.

6. Kedelai

Kedelai mengandung fitoestrogen yang bisa membantu mengatasi vagina kering, terutama pada wanita dengan kadar estrogen yang rendah. Konsumsi produk kedelai seperti edamame, tahu, tempe, dan miso untuk manfaat ini.

7. Alpukat

Kaya akan lemak sehat, vitamin B6, dan kalium, alpukat mendukung libido dan pelumasan alami. Alpukat juga berpotensi meningkatkan keberhasilan IVF dan membantu mengatasi vagina kering.

Baca Juga: Benarkah Kebanyakan Makan Telur Bisa Menyebabkan Bisul di Tubuh? Cek Faktanya di Sini

8. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran seperti kangkung, sawi hijau, bayam, dan lobak, kaya akan antioksidan dan meningkatkan sirkulasi darah, yang penting untuk kesehatan vagina. Nutrisi ini juga membantu memperbaiki vagina kering dan meningkatkan libido.

Nah, itulah daftar makanan yang baik untuk kesehatan Miss V. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News