Bugar

Wanita Wajib Tahu Cara Mencegah Kanker Serviks Berikut Ini

Wanita Wajib Tahu Cara Mencegah Kanker Serviks Berikut Ini

MOMSMONEY.ID - Berdasarkan data WHO, kanker serviks menjadi penyebab kematian kedua terbanyak akibat kanker pada wanita secara global. Dengan mengetahui cara mencegah kanker serviks, risiko terkena kanker ini dapat diminimalisir.

Berikut ini adalah beberapa cara mencegah kanker serviks yang perlu diketahui oleh setiap wanita, menyadur dari laman Alodokter:

1. Melakukan pemeriksaan pap smear secara rutin

Pap smear adalah metode skrining utama untuk mendeteksi sel-sel prakanker di leher rahim.

Sebagai langkah pencegahan utama, American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) menyarankan agar wanita mulai menjalani pap smear pada usia 21 tahun, terlepas dari aktivitas seksual mereka.

Wanita usia 21-30 tahun disarankan untuk melakukan pap smear setiap tiga tahun. Bagi wanita yang berusia di atas 30 tahun, disarankan untuk melakukan tes ini bersamaan dengan tes HPV setiap lima tahun sekali.

Baca Juga: Efektif Turunkan BB, Inilah 10 Tips Diet Tanpa Olahraga yang Bisa Anda Praktikkan

2. Tes DNA HPV

Tes DNA HPV efektif untuk mendeteksi keberadaan virus HPV yang berpotensi menyebabkan kanker serviks. Tes ini bisa dilakukan bersamaan dengan pap smear terutama bagi wanita berusia 30 tahun ke atas, atau sebagai tindak lanjut jika hasil pap smear menunjukkan adanya kelainan.

Tes DNA HPV dapat membantu dalam mendeteksi infeksi HPV sebelum gejala kanker serviks muncul.

3. Vaksinasi HPV

Vaksin HPV sangat dianjurkan untuk wanita dan pria usia 9-26 tahun untuk mencegah infeksi HPV. Vaksin ini paling efektif jika diberikan sebelum seseorang aktif secara seksual.

Meskipun telah aktif seksual, vaksinasi masih disarankan. Sebelum vaksinasi, wanita yang telah aktif secara seksual harus melakukan pap smear untuk memastikan tidak adanya sel abnormal.

Baca Juga: Daftar Snack Sehat untuk Diet yang Layak Dicoba, Ada 17 Pilihan lo

4. Menjaga kebersihan vagina

Menjaga kebersihan area genital sangat penting, terutama selama menstruasi dan saat mengalami keputihan, untuk mengurangi risiko infeksi yang bisa berkembang menjadi kanker.

Penggunaan produk antiseptik khusus wanita yang mengandung povidone iodine dapat membantu menjaga kebersihan vagina.

5. Praktik seks yang aman

Penggunaan kondom dan pengurangan jumlah pasangan seksual dapat mengurangi risiko terinfeksi HPV. Virus ini dapat menular melalui berbagai bentuk kontak seksual, termasuk penggunaan sex toys dan kontak kulit ke kulit di area genital.

Baca Juga: Benarkah Kebanyakan Makan Telur Bisa Menyebabkan Bisul di Tubuh? Cek Faktanya di Sini

6. Menghindari merokok

Merokok dapat meningkatkan risiko kanker serviks karena merusak sistem imun yang melawan virus HPV. Menghentikan kebiasaan merokok adalah langkah penting dalam pencegahan kanker serviks.

Nah, itulah sejumlah cara mencegah kanker serviks yang penting untuk diketahui oleh setiap wanita. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News