Bugar

Benarkah Kebanyakan Makan Telur Bisa Menyebabkan Bisul di Tubuh? Cek Faktanya di Sini

Benarkah Kebanyakan Makan Telur Bisa Menyebabkan Bisul di Tubuh? Cek Faktanya di Sini

MOMSMONEY.ID - Sebagian orang bertanya-tanya tentang fakta sebenarnya, benarkah kebanyakan makan telur bisa menyebabkan bisul di tubuh?

Telur jadi salah satu makanan yang sering dikonsumsi banyak orang. Namun, tak sedikit yang mengatakan, makan telur terlalu banyak bisa sebabkan bisul.

Ini membuat sebagian orang bertanya-tanya tentang fakta sebenarnya. Lantas, benarkah kebanyakan makan telur bisa menyebabkan bisul?

Sampai detik ini, belum ada penelitian yang menyebutkan, telur bisa sebabkan bisul. Oleh karena itu, bisa dikatakan, anggapan telur bisa menyebabkan bisul adalah mitos belaka.

Baca Juga: 12 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Kulit, Ada Cokelat Hitam dan Alpukat

Dikutip dari Alodokter, bisul disebabkan oleh infeksi bakteri di kulit atau adanya folikel rambut yang tertusuk. Bisul juga dapat terjadi akibat infeksi pada kulit yang memiliki luka terbuka atau dari gigitan serangga.

Selain itu, beberapa faktor lain yang bisa memicu bisul antara lain:

  • Kontak langsung dengan individu yang memiliki bisul
  • Kurang menjaga kebersihan tubuh
  • Sistem imunitas yang lemah
  • Kelebihan berat badan atau obesitas
  • Kondisi kulit tertentu seperti eksim atau jerawat
  • Kebiasaan mencukur bulu atau rambut
  • Alergi terhadap telur

Baca Juga: Ragam Makanan Tradisional Indonesia yang Menyehatkan, Pecel Salah Satunya

Meskipun telur tidak menyebabkan bisul, alergi telur memang bisa terjadi pada beberapa orang. Alergi ini bisa menyebabkan masalah kulit seperti gatal, bentol, dan ruam.

Jika alergi menyebabkan gatal yang berlebihan, kulit yang digaruk bisa terinfeksi dan berpotensi menimbulkan bisul. Telur sering menjadi alergen umum, terutama pada anak-anak, meski banyak kasus yang membaik seiring bertambahnya usia atau melalui pengobatan yang tepat.

Jadi, benarkah kebanyakan makan telur bisa menyebabkan bisul? Kesimpulannya, telur tidak menyebabkan bisul dan aman untuk dikonsumsi bagi mereka yang tidak memiliki alergi telur.

Bagi Anda yang alergi telur, konsumsi telur mungkin perlu dibatasi atau dihindari untuk mencegah keluhan kulit seperti gatal atau munculnya bisul. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News